6 Tips Diet untuk Penderita Maag yang Aman Buat Lambungmu

21 September 2018, at 06:32
0
0
6 Tips Diet untuk Penderita Maag yang Aman Buat Lambungmu

Diet merupakan salah satu cara menurunkan berat yang paling digemari dan menjadi favorit bagi kebanyakan orang saat ini. Hal tersebut dikarenakan metode yang satu ini cukup mudah dilakukan dan memiliki berbagai macam varian yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Namun, walau cukup populer dan telah terbukti, nyatanya tidak semua orang bisa melakukan diet. Pasalnya, ada beberapa kondisi yang membuat seseorang tidak bisa sembarangan mengatur pola makan, salah satunya adalah bagi penderita maag.

Yap, jika seseorang memiliki penyakit maag, tentu saja diet adalah sebuah kegiatan yang cukup berisiko bagi kesehatan, terutama lambung. Sehingga diet pun harus dilakukan secara benar dan tepat.

Nah, bagaimana cara diet yang benar dan tepat bagi penderita maag? Simak informasinya berikut ini.

Baca juga : Jangan Takut, Diet Militer nggak Segarang Namanya Kok!

1. Porsi Makan

diet maag
hellosehat.com

Hal pertama yang harus diperhatikan bagi penderita maag adalah porsi makanan yang dikonsumsi. Ketika kamu ingin diet, maka kamu harus memerhatikan porsinya. Jangan pernah telat makan, sebaiknya kamu makan beberapa kali sehari dengan porsi kecil. Cara ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan tanpa memberi efek serius bagi lambung.

2. Konsumsi Makanan Mudah Cerna

diet maag
ilmualams.com

Maag akan semakin parah ketika kamu mengonsumsi makanan yang sulit dicerna. Oleh karena itu, sebaiknya kamu benar-benar menyiapkan menu makanan yang lembut dan mudah dicerna, seperti bubur, jus, buah, sayuran, dan sebagainya.

3. Jangan Makan Pedas

makan pedas
beritagar.id

Ini adalah sebuah peringatan sekaligus ancaman yang harus diperhatikan oleh penderita maag. Ketika ingin diet, kamu harus benar-benar menghindari makanan pedas. Kalau kamu masih bandel dan mengonsumsi makanan pedas, maka kondisi lambungmu akan semakin parah dan sulit disembuhkan.

4. Olahraga

diet maag
pexels.com

Perlu diketahui, maag juga bisa disebabkan oleh naiknya asam lambung sehingga menimbulkan rasa nyeri. Nah, salah satu cara mengurangi asam lambung itu adalah dengan berolahraga. Sebab, nantinya asam yang berlebih itu akan dibuang bersama keringat menjadi uap. Tapi lakukan olahraga ringan saja, jangan terlalu berat karena ditakutkan bisa membuat tubuh kehabisan cadangan energi dan air.

5. Perhatikan Jam Tidur

diet maag
arvadachamber.org

Selanjutnya, kamu harus perhatikan jam tidurmu ketika melakukan diet. Sebab, sebagai penderita maag, lambungmu akan sangat sensitif dan mudah sekali lapar. Ketika kamu tidak menjaga jam tidur di malam hari, maka rasa lapar tidak bisa ditahan. Akibatnya, proses diet akan sia-sia karena harus makan di malam hari sebelum tidur.

6. Jauhi Asap Rokok

diet maag
jatik.com

Dan yang tidak kalah penting lagi adalah kamu harus menjauhi asap rokok, apalagi menghisapnya. Sebab, asap rokok yang mengandung segudang zat berbahaya itu bisa membuat sirkulasi oksigen pada tubuh terganggu. Akibatnya, peningkatan asam pada lambung pun terganggu pula. Sehingga rasa nyeri akan datang secara tiba-tiba sebab perutmu sedang kosong karena diet.

Nah, itulah beberapa tips diet untuk penderita maag yang bisa kamu lakukan agar lambung tetap aman. Selamat mencoba dan semoga sukses ya, dietnya!

0 Comment