6 Tips Liburan Aman dan Nyaman Buat Ibu Hamil Saat Babymoon

04 August 2019, at 11:00
0
0
6 Tips Liburan Aman dan Nyaman Buat Ibu Hamil Saat Babymoon

Tren pergi berlibur bersama pasangan saat sedang hamil atau lebih sering disebut dengan istilah babymoon memang bukan merupakan hal baru.

Kegiatan tersebut memang menarik dan diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental calon orang tua.

Akan tetapi, meskipun menyenangkan melakukan perjalanan atau berpergian dapat menyebabkan kelelahan dan berbagai masalah kesehatan lainnya pada ibu hamil lho.

Baca Juga: 10 Objek Wisata yang Pas Untuk Babymoon Romantis dengan Pasangan

Oleh sebab itu, berikut ini tips babymoon aman dan nyaman bersama pasangan yang dapat kamu terapkan.

1. Persiapkan Rencana Liburan dengan Matang

persiapkan rencana
pexels.com/@rawpixel

Melakukan perencanaan perjalanan merupakan hal wajib yang harus dilakukan sebelum menuju suatu objek wisata dalam keadaan hamil. Detail seperti destinasi yang akan dikunjungi, kegiatan apa saja yang harus dilakukan, dan lain sebagainya harus diatur sebelumnya.

Cobalah untuk membuat rencana liburan yang membuatmu nyaman sedetail mungkin beserta kemungkinan-kemungkinan terburuk dan solusi yang dapat dilakukan apabila terjadi hal-hal yang nggak diinginkan.

2. Pertimbangkan Waktu

pertimbangkan waktu
pexels.com/@daria

Selain mempersiapkan rencana liburan dengan matang, kamu juga perlu memilih waktu yang tepat. Hindari untuk melakukan perjalanan wisata pada trimester pertama dan ketiga. Pasalnya, pada saat itu usia kandungan sedang rentan sehingga risiko terjadi kecelakaan lebih tinggi.

Sebaliknya, akan lebih aman apabila kamu memilih bulan keempat sampai keenam kehamilan untuk pergi babymoon bersama suami.

3. Sering Beristirahat

sering beristirahat
netmums.com

Pemilihan waktu yang tepat juga bukan satu-satunya kunci liburan yang nyaman dan aman bagi ibu hamil lho. Kamu tetap harus sering-sering beristirahat dan nggak memaksakan diri apabila sudah mulai lelah.

Bagaimana pun, stamina atau kekuatan yang dimiliki oleh ibu hamil jelas berbeda dengan orang lain, sehingga pilihlah objek wisata yang santai dan medannya nggak berat.

Baca Juga: Inspirasi Babymoon ala Rachel Vennya di Bali, Mau Coba?

4. Membawa Barang Seperlunya

membawa barang seperlunya
hellosehat.com

Tips liburan aman bagi ibu hamil lainnya adalah nggak membawa barang terlalu berlebihan atau seperlunya saja.

Sebaiknya nggak perlu menggunakan barang-barang seperti high heels dan gantilah dengan alas kaki yang lebih nyaman. Begitu pula dengan pakaian, tas, dan lain sebagainya.

5. Jangan Menahan Buang Air

jangan menahan buang air
allthingshair.com

Ibu hamil biasanya mengalami peningkatan intenitas buang air, akan tetapi saat sedang liburan hal tersebut akan sangat menyebalkan.

Meskipun demikian, jangan pernah menahannya karena hal tersebut dapat berpengaruh pada kesehatanmu. Usahakan untuk membawa semacam cairan antiseptik dalam perjalanan wisata tersebut untuk membersihkan dudukan toilet sebelum kamu gunakan.

6. Membawa Persediaan Makanan

persediaan makanan
medicalnewstoday.com

Tips liburan lainnya yang dapat kamu terapkan adalah membawa persediaan makanan. Sudah bukan rahasia apabila ibu hamil mengalami banyak perubahan hormon sehingga terkadang sensitif dengan bau dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, penting untuk mempersiapkan persediaan makanan dengan baik agar kamu nggak kelaparan dan kehausan saat liburan.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa tips babymoon nyaman yang dapat kamu terapkan. Kesehatan aman liburan pun menyenangkan!

0 Comment