Qupas Family

6 Tips Merawat Bayi Baru Lahir di Tengah Pandemi, Yuk Berikan yang Terbaik untuk Buah Hati!

26 May 2020, at 05:21
6 Tips Merawat Bayi Baru Lahir di Tengah Pandemi, Yuk Berikan yang Terbaik untuk Buah Hati!

Melahirkan di tengah pandemi virus corona memang menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua baru. Bagaimana nggak, rumah sakit dan dunia luar yang biasanya terasa aman saat ini terkesan lebih menyeramkan.

Banyaknya perubahan yang terjadi selama pandemi mungkin membuat orang tua merasa lebih khawatir akan kesehatan si kecil. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini beberapa tips merawat bayi baru lahir di tengah pandemi yang bisa kamu lakukan.

1. Selalu Konsultasi dengan Dokter

Merawat Bayi Baru Lahir (Foto: medinaction.com)
medinaction.com

Pertama-tama, orang tua tetap perlu berkonsultasi dengan dokter secara rutin terkait perkembangan bayi. Karena pergi ke rumah sakit bersama buah hati terlalu menakutkan, kamu bisa melakukannya secara virtual.

Orang tua dapat mengajukan berbagai pertanyaan seputar buah hati melalui panggilan video. Apabila terjadi masalah kesehatan pada si kecil, dokter akan menjadwalkan kunjungan ke klinik atau rumah sakit.

2. Pastikan Bayi Selalu Mendapatkan Vaksin

Tips Merawat Bayi (Foto: 123rf.com)
123rf.com

Selain berkonsultasi dengan dokter, orang tua juga perlu memastikan anak selalu mendapatkan vaksin sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Pandemi virus corona sebaiknya nggak menghambat pemberian imunisasi pada buah hati karena hal tersebut sangat penting.

Akan tetapi, apabila bayi memiliki kondisi-kondisi tertentu seperti masalah kesehatan, lahir prematur, dan lain sebagainya, orang tua bisa berkonsultasi dengan dokter terkait jadwal imunisasi yang tepat.

3. Pastikan Kebutuhan Bayi Terpenuhi

​​​​​​​Kebutuhan Bayi (Foto: romper.com)
romper.com

Meskipun pandemi, orang tua perlu memastikan kebutuhan bayi terpenuhi. Barang-barang seperti tisu, popok, dan susu formula apabila ibu nggak bisa memberi ASI merupakan hal yang harus tersedia.

Untuk menguruangi frekuensi keluar rumah, orang tua bisa membeli secara online atau dengan jumlah tertentu untuk persediaan selama dua minggu. Walau demikian, nggak perlu menimbun barang terlalu banyak ya!

Baca juga: Melahirkan Saat Pandemi Virus Corona? 4 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan!

4. Minta Bantuan Keluarga

Tips Merawat Bayi di Tengah Pandemi (Foto: depositphotos.com)
depositphotos.com

Mengasuh bayi bukanlah hal yang mudah, apalagi di saat pandemi seperti ini. Pada kondisi tersebut, jangan ragu untuk meminta bantuan keluarga ya! Mereka adalah orang yang terpercaya dan bisa dipastikan kebersihannya.

Selain itu, keluarga yang lebih tua juga biasanya sudah berpengalaman sehingga dapat membuatmu menjadi lebih tenang.

5. Jaga Bayi Tetap Aman Saat Keluar Rumah

Merawat Bayi di Tengah Pandemi (Foto: parents.com)
parents.com

Rumah menjadi tempat yang paling aman dalam keadaan seperti ini. Akan tetapi, mungkin ada beberapa kondisi yang membuat orang tua serta bayi perlu pergi ke luar.

Apabila hal tersebut terjadi, pastikan si kecil terlindungi. Hindari kontak dengan orang lain dan jaga jarak aman ya!

6. Jaga Kesehatan Mental

Kesehatan Mental Orang Tua (Foto: news.sanfordhealth.org)
news.sanfordhealth.org

Merawat bayi baru lahir di tengah pandemi Covid-19 pasti menguras banyak tenaga dan membuat orang tua rentang stres.

Akan tetapi, menjaga kesehatan mental juga termasuk dalam salah satu tips sukses mengasuh buah hati lho! Pasalnya, suasana hati orang tua akan berpengaruh pada kondisi si kecil. Maka dari itu, hindari stres dan mintalah bantuan pada profesional apabila hal tersebut terjadi.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa tips merawat bayi yang baru lahir di tengah pandemi. Semangat ya!