6 Tips Merawat Rambut yang Rusak Parah Karena Paparan Polusi

18 September 2019, at 13:00
0
0
6 Tips Merawat Rambut yang Rusak Parah Karena Paparan Polusi

Kualitas udara yang buruk akibat polusi memang bisa berdampak pada kecantikan kulit. Tapi lebih dari itu, rambut pun juga bisa rusak lho.

Ciri-ciri rambut yang rusak karena polusi umumnya akan terasa sangat kering, kasar seperti jerami, dan rapuh. Kalau kamu juga mengalami hal ini, artinya akan membutuhkan perawatan ekstra supaya rambutmu tetap sehat.

Untuk itu, Qupas akan memberimu tips merawat rambut rusak agar kembali sehat dan terhindar dari bahaya polusi.

1. Pakai heat protection

memakai heat protection
unileverservices.com

Heat protection umumnya dipakai untuk melindungi rambut dari panas alat styling. Tapi, ada juga lho produk yang dilengkapi dengan penangkal sinar UV.

Karena itulah, kamu bisa memanfaatkan heat protection untuk melindungi rambut supaya protein di dalamnya tetap terjaga dan nggak rusak akibat panasnya sinar matahari juga polusi. 

2. Pilih shampo dan kondisioner khusus rambut rusak

shampo untuk rambut rusak
instagram.com/pantene

Perawatan rambut rusak parah karena polusi tentunya harus dengan shampo khusus. Pilihlah produk yang mengandung keratin karena akan membantu memperbaiki kerusakan juga merawatnya supaya kembali sehat.

Selain itu, untuk menjaga kelembabannya, pemakaian kondisioner juga nggak boleh ditawar. Karena shampo khusus rambut rusak belum mampu merawat rambut setelah keramas.

Sedangkan kondisioner bisa menjaga kadar air dan mengembalikan kelembaban yang dibutuhkan oleh rambut.

3. Jangan lewatkan penggunaan masker rambut

memakai masker rambut alami
seoulmamas.com

Cara merawat rambut rusak selanjutnya adalah dengan menggunakan produk hair mask terbaik, minimal seminggu sekali. Kalau mau, kamu pun bisa membuat masker rambut dari bahan alami dengan kombinasi bahan berikut:

  • Alpukat, minyak kelapa, madu
  • Pisang, madu, yoghurt
  • Madu, telur, cuka apel

Atau kalau mau lebih praktis, kamu juga bisa memakai hair oil. Seperti argan oil, olive oil, avocado oil, coconut oil, dan sebagainya.

Baca juga: Simpel, 7 Masker Rambut dari Bahan Alami Ini Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah

4. Atur frekuensi keramas dan penggunaan alat styling

memakai alat styling rambut
instagram.com/pantene

Keramas memang salah satu hal wajib yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut. Tapi jangan dilakukan terlalu sering ya, karena kelembaban rambutmu bisa terkuras dan teksturnya malah jadi kering serta rapuh.

Selain itu, atur juga frekuensi penggunaan alat styling rambut. Kalau bisa, jangan memakai hair dryer, catokan, curling iron setiap hari.

5. Lindungi rambut

melindungi rambut dengan topi
hachettebookgroup.com

Meski sudah melindungi rambut dengan heat protectant, penggunaan aksesoris seperti topi, syal, atau hair band juga penting. Terlebih lagi kalau kamu beraktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama.

Perlu diingat juga bagi pengendara roda dua, usahakan rambutmu tetap terikat. Karena rambut yang terurai bebas akan lebih mudah terkena dampak polusi.

6. Lakukan hair trimming secara rutin

memotong rambut
shopify.com

Tips yang terakhir ini juga nggak kalah penting. Ujung rambut adalah bagian yang paling sedikit mendapatkan nutrisi sehingga mudah kering dan bercabang.

Untuk itu, hair trimming secara rutin bisa mengurangi beban rambut dan membuat bagian rambut lainnya lebih sehat.

Itulah beberapa cara merawat rambut rusak agar kembali sehat dan terhindar dari bahaya polusi. Nggak susah kan?

0 Comment