Qupas Family

6 Tips Mudah Potong Rambut Anak di Rumah, Hasilnya Nggak Mengecewakan!

25 May 2020, at 05:23
6 Tips Mudah Potong Rambut Anak di Rumah, Hasilnya Nggak Mengecewakan!

Anjuran untuk melakukan pembatasan fisik masih terus diberlakukan demi menghindari penularan virus corona. Aktivitas di luar rumah pun menjadi sangat terbatas.

Nggak cuma kerja dan sekolah, kegiatan rutin seperti potong rambut pun jadi terhambat. Rambut si kecil, terutama yang laki-laki, mungkin sudah terlalu panjang ya Bun sekarang?

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini beberapa tips potong rambut anak (balita sampai usia SD) di rumah yang bisa orang tua lakukan.

1. Lakukan Disaat yang Tepat

Potong Rambut Anak (Foto: 123rf.com)
123rf.com

Salah satu kunci sukses memotong rambut anak di rumah adalah dengan melakukannya disaat yang tepat. Walau terkesan berlebihan, nyatanya hal tersebut sangat berpengaruh lho!

Saat suasana hati anak sedang baik, maka kegiatan memotong rambut akan menjadi hal yang seru dan menyenangkan. Akan tetapi jika ia sedang lelah atau lapar, aktivitas tersebut bisa dibumbui banyak drama.

2. Persiapkan Alat-alatnya

​​​​​​​Potong Rambut Anak di Rumah (Foto: istockphoto.com)
istockphoto.com

Sebelu memotong rambut anak, jangan lupa untuk menyiapkan semua alat-alatnya seperti gunting, penjepit rambut, sisir, kain atau plastik untuk menutupi tubuh si kecil dan lain sebagainya.

Sesuikan alat dengan kebutuhan. Pertimbangkan beberapa model gunting atau alat cukur yang bisa mempermudah proses potong rambut.

3. Alihkan Perhatian Anak

​​​​​​​Tips Potong Rambut Anak (Foto: 123rf.com)
123rf.com

Untuk anak usia balita, memberikan distraksi atau pengalihan perhatian merupakan hal yang penting. Pasalnya, tingkat konsentrasi si kecil masih cenderung singkat sehingga akan sulit untuk duduk diam terlalu lama.

Selain itu, anak juga mungkin masih belum terbiasa dengan kegiatan mencukur atau memotong rambut. Maka, sebaiknya berikan distraksi seperti film favorit atau yang lainnya agar aktivitas tersebut lebih mudah dilakukan.

Baca juga: Melahirkan Saat Pandemi Virus Corona? 4 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan!

4. Ikuti Video Tutorial Memotong Rambut

​​​​​​​Tips Potong Rambut Anak di Rumah (Foto: 123rf.com)
123rf.com

Nggak cuma anak-anak, orang tua juga mungkin belum pernah mencukur atau memotong rambut anak sendiri di rumah.

Maka dari itu, menonton dan mengikuti video cara memotong rambut anak di Youtube dan lain sebagainya merupakan langkah yang tepat dilakukan.

5. Lembabkan Rambut Sebelum Dipotong

Potong Rambut di Rumah (Foto: shutterstock.com)
shutterstock.com

Tips memotong rambut anak di rumah yang lainnya adalah melembabkan rambut si kecil sebelum dipotong atau dicukur. Ingat, cukup lembabkan saja dan jangan terlalu basah ya!

Hal tersebut akan membatumu mempermudah proses pemotongan rambut lho!

6. Potong Sedikit Demi Sedikit

​​​​​​​Cara Potong Rambut Sendiri (Foto: rollercoaster.ie)
rollercoaster.ie

Mulailah dengan memotong ujung rambut. Lakukan secara perlahan dan sedikit demi sedikit untuk memperkecil kemungkinan terjadinya kesalahan.

Apabila suasana potong rambut sudah nggak kondusif, entah karena anak tantrum atau lain sebagainya, sebaiknya sudahi kegiatan tersebut dan lanjutkan saat suasana hati si kecil sudah normal kembali.

Well, itu dia Sobat Qupas beberapa tips potong rambut anak di rumah yang bisa kamu lakukan. Sudah siap mencoba?