6 Tips Sederhana Biar Badanmu Nggak Tambah Gemuk Saat Bulan Puasa

05 May 2019, at 13:00
0
0
6 Tips Sederhana Biar Badanmu Nggak Tambah Gemuk Saat Bulan Puasa

Selama bulan puasa, asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh seharusnya lebih terkendali. Tapi, banyak yang justru bertambah gemuk. Kok bisa?

Tentu bisa, ini dipengaruhi oleh pola makan yang kamu jalani baik saat sahur ataupun berbuka. Nah, nggak mau kan lebaran nanti tubuhmu justru kelihatan gendut?

Untuk itu, Qupas akan bagikan 6 tips supaya berat badanmu nggak melonjak naik saat bulan puasa. Yuk simak deh!

1. Kendalikan konsumsi gula

hindari konsumsi gula berlebih saat puasa
resepkoki.id

'Berbukalah dengan yang manis', ya asupan yang mengandung gula memang sangat nikmat untuk mengembalikan energi dengan cepat. Tapi, jangan sampai lupa diri juga kalau nggak mau berat badanmu naik.

Usahakan konsumsi gula alami yang berasal dari buah-buahan, seperti melon dan kurma. Sifat manis keduanya sangat aman untuk tubuh setelah berpuasa seharian penuh.

Baca juga: 5 Cara Membuat Infused Water yang Nggak Ribet, Badan Jadi Langsing

Pastikan untuk mengurangi konsumsi gula pasir, sirup, dan gula merah. Karena pada dasarnya bahan pemanis ini termasuk karbohidrat sederhana yang bisa membuatmu cepat merasa lapar dan ingin makan terus.

2. Kurangi minum air es

kurangi konsumsi es saat puasa
culinaryhill.com

Minuman yang ditambahkan es, juga termasuk sajian wajib berbuka puasa yang patut kamu waspadai. Karena air yang terlalu dingin bisa mengganggu penyerapan nutrisi makanan dalam tubuh.

Lebih baik, minum air putih atau air kelapa murni tanpa tambahan es. Apalagi air kelapa bisa mengganti cairan elektrolit yang hilang selama berpuasa.

3. Jangan langsung makan berat

jangan langsung makan berat saat berbuka
freestockphotos.biz

Saat adzan berkumandang, sebagian orang langsung ingin menyerbu semua santapan yang ada di meja, termasuk nasi. Baiknya, hindari juga kebiasaan ini.

Konsumsi makanan manis yang menyehatkan terlebih dulu sebagai pengganjal lapar, baru setelah 30 menit kamu bisa melahap nasi beserta lauk dan sayurnya. Cara ini akan memberi kesempatan bagi lambung untuk beradaptasi dan membuat pencernaan tetap sehat.

Baca juga: 5 Cara Menurunkan Berat Badan yang Efektif Meski Kamu Banyak Makan

4. Jangan makan terlalu cepat

jangan makan terlalu cepat saat berbuka
donacholita.com.au

Meski kamu sudah kelaparan, tetap usahakan untuk makan pelan-pelan. Karena ternyata, makan dengan cepat bisa mengganggu kestablian kadar gula darah dan membuatmu selalu merasa lapar.

Dengan mengunyah makanan secara perlahan, tubuh akan mempunyai waktu untuk menyerap glukosa dan kalori yang diperlukan secara maksimal.

5. Perbanyak konsumsi makanan berserat

perbanyak konsumsi makanan berserat
thespruce.com

Baik saat sahur ataupun berbuka, pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan berserat. Selain membuatmu kenyang lebih lama, serat juga baik untuk melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Satu yang harus diingat pula, kontrol makan makanan asin dan berlemak seperti gorengan. Alasannya cukup jelas, keduanya bisa memicu kenaikan berat badan dan meningkatkan rasa haus yang pastinya malah menyulitkanmu saat berpuasa.

6. Jangan malas beraktivitas

berolahraga saat bulan puasa
freestockphotos.biz

Selama bulan puasa, banyak yang kemudian mengurangi aktivitas fisiknya dengan tujuan menghemat energi. Ini nggak sepenuhnya salah, tapi kamu masih bisa lho menjalani hari seperti biasanya.

Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Olahraga ringan seperti jalan-jalan pagi bisa kamu lakukan untuk membakar kalori supaya berat badan tetap terkendali.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan di bulan ramadhan supaya berat badan tetap ideal dan nggak kelihatan gendut di hari lebaran. Selamat berpuasa!

0 Comment