Qupas Travel

6 Wisata Dalam Ruangan di Jogja, Penolong Saat Liburan di Musim Hujan

10 March 2020, at 08:00
6 Wisata Dalam Ruangan di Jogja, Penolong Saat Liburan di Musim Hujan

Sudah terlanjur liburan ke Jogja tapi hujan mendadak datang, siapa sih yang nggak sebal? Apalagi kamu sudah membayangkan jalan-jalan di sekitar Malioboro atau wisata-wisata di Kota Pelajar lainnya.

Nggak perlu galau, karena liburanmu masih bisa diselamatkan dengan mengunjungi sederet wisata dalam ruangan di Jogja berikut ini. Simak deh dimana saja lokasinya!

1. Museum Affandi

Museum Affandi (Foto: instagram.com/advinadvina)
instagram.com/advinadvina

Salah satu museum seni instagenik di Jogja ini pantang kamu lewatkan. Banyak karya pelukis legendaris Indonesia, Affandi di sini. Seperti lukisan pertamanya yang membawa Affandi tenar hingga ke dunia internasional.

Museum Affandi memiliki 4 ruang galeri lukis dengan tema berbeda. Misalnya seperti galeri sejarah hidup sang seniman, karya-karya fenomenalnya, galeri lukisan keluarga dekat, hingga galeri anak dan cucu Affandi.

Meski berda di dalam ruangan, dijamin kamu nggak akan bosan untuk menikmati segala karya seni di museum ini. Terlebih lagi wisata di Jogja ini juga dipadukan dengan panorama alam yang memesona.

Lokasi Museum Affandi : Jl. Laksda Adisucipto No.167, Papringan, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Jogja

Jam buka : 09.00-16.00 WIB (Senin-Sabtu); Minggu tutup

Tiket masuk Museum Affandi : Rp25 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg (Foto: instagram.com/rischaandry)
instagram.com/rischaandry

Cuma sekitar 850 meter dari Malioboro, museum di Jogja ini juga nggak boleh kamu lewatkan. Selain instagenik, Benteng Vredeburg menyimpan berbagai koleksi warisan Belanda yang bakal mengingatkanmu tentang sejarah Indonesia.

Di dalam bangunan yang dibangun sejak 1706 ini, kamu bisa melihat diorama tentang perjuangan rakyat Jogja dalam membela tanah air. Beberapa patung hingga koleksi digital pun dapat kamu lihat saat bekunjung ke wisata sejarah Kota Gudeg ini.

Kamu juga bisa menonton sejarah lengkap Museum Benteng Vredeburg Jogja melalui video berdurasi 15 menit di ruang pemutaran film, lho. Menarik, kan? 

Lokasi Benteng Vredeburg : Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Jogja

Jam buka : 07.30-16.00 WIB (Selasa-Kamis; Sabtu-Minggu); 07.30-16.30 WIB (Jumat); Senin tutup

Tiket masuk Benteng Vredeburg : Rp3 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu (Foto: instagram.com/garnetayup)
instagram.com/garnetayup

Wisata dalam ruangan di Jogja ini pun akan menjadi penyelamatmu saat liburan di musim hujan. Berada di kawasan Kaliurang yang terkenal sebagai destinasi kaum Indis di masa lampau, museum ini didirikan untuk mengenalkan serta melestarikan seni dan budaya Jawa. Khususnya di kawasan Jogja.

Beragam relik dan artefak dari keraton-keraton Jawa bisa kamu lihat saat liburan ke Museum Ullen Sentalu. Benda-benda yang unik pun ada di sini.

Hanya saja, selama berada di sini, pengunjung dilarang untuk menyentuh maupun merekam penjelasan tour guide. Selain itu, kamu juga nggak boleh mengambil foto, kecuali di bagian depan dan lapangan luas dengan relief saja.

Lokasi Museum Ullen Sentalu : Jalan Kaliurang KM 25, Kaliurang Barat, Kabupaten Sleman, Jogja

Jam buka : 08.30-16.00 WIB (Selasa-Jumat); 08.30-17.00 WIB (Sabtu-Minggu); Senin tutup

Tiket masuk Museum Ullen Sentalu : Rp20 ribu untuk anak-anak dan Rp40 ribu khusus dewasa (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: 5 Museum di Jogja yang Dekat dari Malioboro, Tinggal Jalan Kaki!

4. De Mata Trick Eye Museum

De Mata Trick Eye Museum (Foto: instagram.com/vandogustialhakim)
instagram.com/vandogustialhakim

Merupakan museum pertama di Indonesia yang mengusung tema foto menggunakan ilusi optik (trick eye), De Mata beda dari destinasi di Kota Gudeg lainnya.

Letaknya juga di pusat kota, museum di Jogja ini menyuguhkan lebih dari 100 instalasi dengan tema beragam. Mulai dari pemandangan, peristiwa, tokoh, hingga hal-hal realita di Jogja juga ada di sini.

Lokasi De Mata Trick Eye Museum : Jl. Veteran No.150-151, Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Jogja

Jam buka : Setiap hari pukul 10.00-18.00 WIB

Tiket masuk De Mata Trick Eye Museum : Rp30 ribu-Rp140 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

5. Taman Pintar

Taman Pintar Yogyakarta (Foto: instagram.com/argiannrl)
instagram.com/argiannrl

Sama seperti Benteng Vredeburg, Taman Pintar juga merupakan tempat wisata di Jogja yang dekat dari Maliboro. Kamu pun cuma perlu waktu kurang lebih 15 menit jalan kaki untuk menjangkaunya.

Destinasi ini cocok untuk kamu yang berencana liburan ke Jogja bersama keluarga. Berbagai wahana menarik, alat peraga, hingga diorama dari berbagai cabang ilmu pengetahuan ada di sini.

Eits, buat anak muda nggak perlu gengsi untuk mampir ke Taman Pintar Jogja. Karena desain ruangnya unik, kamu juga bisa menjadikannya sebagai latar foto.

Lokasi Taman Pintar : Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Jogja

Jam buka : 08.00-16.15 WIB (Selasa-Minggu); Senin tutup 

Tiket masuk Taman Pintar : Rp3 ribu-Rp45 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

6. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi (Foto: instagram.com/firta_kumalasari)
instagram.com/firta_kumalasari

Dahsyatnya letusan Gunung Merapi dari waktu ke waktu, terutama di tahun 2010 ditampilkan di Museum Gunung Api Merapi yang terletak di kawasan Hargobinangun.

Berada di wisata Jogja ini, kamu akan melihat berbagai barang sisa letusan gunung ini sejak tahun 2006. Foto-foto hingga ilustrasi tentang bencana tersebut pun bisa kamu lihat.

Bahkan saat waktu-waktu tertentu, kamu bisa menonton film pendek tentang Gunung Merapi yang memberi berkah sekaligus bencana.

Lokasi Museum Gunung Merapi : Jl. Kaliurang No.Km, Banteng, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Jogja

Jam buka : 08.00-15.30 (Selasa-Kamis dan Sabtu-Minggu); 08.00-14.30 WIB (Jumat); Senin tutup

Tiket masuk Museum Gunung Merapi : Rp5 ribu-Rp10 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Well, itulah sederet wisata dalam ruang Jogja yang akan menjadi penolongmu kalau kebetulan kamu liburan di musim hujan. Sudah pernah mampir ke salah satunya belum?