6 Wisata Dekat UGM yang Bisa Menjadi Alternatif Liburan Singkat Mahasiswa

31 October 2019, at 17:00
0
0
6 Wisata Dekat UGM yang Bisa Menjadi Alternatif Liburan Singkat Mahasiswa

Menjalani pendidikan di perguruan tinggi alias menjadi mahasiswa memang terkadang melelahkan. Tugas yang menumpuk dan nggak ada habisnya terkadang membuatmu stres dan ingin liburan saja.

Namun, jadwal perkuliahan yang cukup padat biasanya menghalau keinginan tersebut. Buat kamu yang kuliah di Universitas Gajah Mada (UGM), berikut ini beberapa objek wisata yang bisa kamu kunjungi sebagai alternatif liburan singkat yang menyenangkan.

1. Tugu Pal Putih Jogja

tugu jogja
instagram.com/gilangaarsana

Berjarak 2 kilometer dari UGM, Tugu Pal Putih Jogja dapat ditempuh dalam waktu 6 menit saja lho! Menikmati malam sambil menyaksikan keramaian kota Jogja di angkringan setelah lelah seharian mengerjakan tugas pasti menyenangkan.

Objek wisata yang lebih sering disebut sebagai Tugu Jogja ini sangat ikonik dan merupakan salah satu spot foto kesukaan wisatawan.

Alamat Tugu Jogja: Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Malioboro

malioboro
instagram.com/yuliawijayantii

Kalau ingin menghabiskan waktu bersama teman-teman sambil wisata kuliner atau belanja barang-barang murah, kamu bisa meluangkan waktu untuk jalan-jalan di Malioboro.

Dari UGM, kamu hanya membutuhkan waktu 9 menit perjalanan dengan kendaraan. Saat menyusuri Jalan Malioboro, kamu dan teman-teman akan menemukan banyak spot instagenik yang menawan.

Alamat Malioboro: Jl. Malioboro, Sosromenduran, Kecamatan Gedong Tengen, Daerah Istimewa Yogyakarta

3. Museum Affandi

museum affandi
instagram.com/advinadvina

Di sela-sela waktu kuliah atau di hari libur, kamu juga bisa menghabiskan waktu di Museum Affandi. Nggak cuma bisa menikmati berbagai karya seni hasil tangan salah satu maestro seni lukis Indoneisia yaitu Affandi, kamu juga bisa banyak belajar di sini.

Lagian, jarak objek wisata Jogja yang satu ini hanya 2,2 kilometer saja kok dari UGM. Kamu bahkan hanya membutuhkan waktu 6 menit untuk menuju ke sana kalau jalanan lancar.

Alamat Museum Affandi: Jl. Laksda Adisucipto No.167, Papringan, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: Senin-Sabtu mulai pukul 09.00-16.00 WIB

Tiket Masuk Museum Affandi: Rp25 ribu

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Jogja dengan Spot Foto dan Panorama yang Memukau

4. Kebun Binatang Gembira Loka

gembira loka zoo
instagram.com/ikaputriyulfi_

Akhir pekanmu membosankan? Kamu bisa mengajak teman-teman pergi ke Kebun Binatang Gembira Loka yang jaraknya juga nggak jauh dari UGM, hanya 6 kilometer atau 16 menit perjalanan saja.

Wisata di Jogja ini akan memberikan sensasi liburan singkat yang menyenangkan bersama dengan hewan-hewan dan berbagai atraksi yang ada di dalamnya. Tiket masuknya pun cocok untuk kantong mahasiswa!

Alamat Kebun Binatang Gembira Loka: Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 07.30-17.30 WIB

Tiket Masuk Kebun Binatang Gembira Loka: Rp30 ribu

5. Keraton Yogyakarta

keraton jogja
instagram.com/nina_wati_nsz

Di dekat Tugu Jogja dan Jalan Malioboro, kamu bisa menemukan Keraton Yogyakarta yang merupakan tempat tinggal Sultan Hamengkubuwono X selaku Raja Daerah Istimewa Yogyakarta. Cukup dekat dengan UGM kan?

Objek wisata bersejarah ini memungkinkanmu untuk menikmati secara langsung gedung dan pusaka keraton, atau bahkan berinteraksi dengan para Abdi Dalem yang ada di sana.

Alamat Keraton Yogyakarta: Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 08.00-14.00 WIB, kecuali hari Jumat pukul 08.00-12.00 WIB

Tiket Masuk Keraton Yogyakarta: Rp1 ribu

6. Warungboto

warungboto
instagram.com/agnessbrni

Kamu bisa menuju ke objek wisata yang sedang naik daun ini dengan menempuh perjalanan sekitar 18 menit dari UGM. Warungboto memang saat ini menjadi salah satu destinasi yang banyak diminati.

Memiliki berbagai spot foto instagenik, objek wisata ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang sudah bosan pergi ke Tamansari.

Alamat Warungboto: Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 06.00-16.00 WIB

Tiket Masuk Warungboto: Rp3 ribu

Nah, itu dia Sobat Qupas 6 objek wisata Jogja yang letaknya berdekatan dengan UGM atau Universitas Gajah Mada. Bisa menjadi alternatif bagi kamu si mahasiswa!

0 Comment