6 Wisata di Bali Timur dengan Nuansa Asri nan Sepi

24 September 2018, pada 02:18
0
0
6 Wisata di Bali Timur dengan Nuansa Asri nan Sepi

Bicara soal objek wisata di Bali memang nggak akan pernah habisnya. Tapi, kebanyakan orang mungkin akan lebih mengenal pantai-pantainya saja. Memang wisata air di pulau ini menawarkan panorama alam yang memukau. Bahkan, nyaris di seluruh kabupaten di Bali punya area pantai. Tapi, tahukah kamu ada daerah yang nggak memiliki wilayah laut?

Nah, tepatnya di Bangli, salah satu kabupaten di Bali bagian timur, kamu nggak akan menemukan objek wisata pantai. Meski begitu, ada beberapa tempat yang menawarkan panorama memukau dan tentunya cocok untuk dijadikan destinasi liburan. Penasaran apa saja namanya? Yuk, simak ulasan Qupas berikut ini!

Baca juga: 10 Air Terjun di Bali Utara dengan Pesona Menakjubkan, Tarif Masuknya Nggak Bikin Kantong Jebol

1. Air Terjun Tukad Cepung Bali

6 Wisata di Bali Timur dengan Nuansa Asri nan Sepi
instagram.com/amor_tour

Kesejukan akan kamu rasakan saat berkunjung ke objek wisata yang terletak di Dusun Penida Kelod, Tembuku ini. Berjarak 39 kilometer dari Denpasar, lokasinya memang tersembunyi dan akses untuk menju ke sini juga sedikit sulit. Namun, kamu nggak akan menyesal saat melihat keindahan air terjun yang unik karena letaknya dikelilingi tebing menyerupai gua ini.

Menariknya lagi, kamu juga akan disambut oleh beberapa pemuda yang akan melakukan upacara Mesirat dengan memberi percikan air suci sebelum memasuki lokasi wisata. Tujuannya untuk ritual pembersihan diri. Selanjutnya, mereka akan memandumu untuk masuk ke area wisata.

6 Wisata di Bali Timur dengan Nuansa Asri nan Sepi
instagram.com/jo_sida

Untuk bisa masuk ke Air Terjun Tukad Cepung, kamu nggak akan dipungut biaya. Tapi, kamu hanya perlu menyediakan dana sukarela yang digunakan untuk mengelola objek wisata ini. Tertarik untuk berkunjung? Dijamin liburanmu akan lebih seru.

Jangan lupa review di sini, Air Terjun Tukad Cepung Bali

2. Air Terjun Tibumana Bali

6 Wisata di Bali Timur dengan Nuansa Asri nan Sepi
instagram.com/rachelsidauruk

Air Terjun Tibumana terletak di Banjar Bangun Lemah Kawan, Desa Apuan, Kecamatan Susut. Kamu pun hanya akan menempuh sekira 60 menit perjalanan kalau berangkat dari Denpasar. Sebelum mencapai lokasi air terjun, ada pura yang akan kamu jumpai dan digunakan sebagai parkir kendaraan bermotor. Tepat di samping pura, ada jalan yang akan mengarankanmu ke area wisata.

6 Wisata di Bali Timur dengan Nuansa Asri nan Sepi
instagram.com/orknico

Cukup menyediakan budget sebesar lima ribu rupiah, kamu sudah bisa menikmati panorama indah dari air terjun yang memiliki 2 aliran berdampingan ini. Sangat terjangkau, kan? Apalagi, kamu akan menikmati pemandangan cantik dan hawa sejuk karena adanya banyak pepohonan yang tumbuh. Tapi ingat, selalu jaga kebersihan saat berkunjung ke sini, ya!

Jangan lupa review di sini, Air Terjun Tibumana Bali

3. Danau Batur Bali

6 Wisata di Bali Timur dengan Nuansa Asri nan Sepi
.instagram.com/arnaudvillin

Danau Batur Bali bisa menjadi pilihan saat kamu liburan ke wilayah Kintamani. Beralamatkan di Desa Penelokan Utara, lokasinya berjarak 65 kilometer dai Kota Denpasar. Akses menuju danau ini pun sangat mudah karena kamu bisa menggunakan beragam alat transportasi darat.

Ada di lereng Gunung Batur, kamu akan melihat betapa indahnya panorama alam yang disuguhkansaat berkunjung ke danau ini. Apalagi, tetaknya yang berada di ketinggian 1050 meter di atas permukaan laut ini membuat hawa di sekitar sangat menyejukkan. Menariknya lagi, area perairan yang termasuk danau kaldera aktif ini senantiasa mengalami perubahan warna, lho. Pasalnya, ada kandungan belerang di dalamnya.

6 Wisata di Bali Timur dengan Nuansa Asri nan Sepi
instagram.com/nirlawati

Sambil menikmati keindahan Danau Batur, kamu juga bisa berendam Batur Natural Hot Spring dengan tarif masuk sebesar enam puluh ribu rupiah. Kalaupun enggan berenang, bisa pula hnaya santai di tempat ini dengan tarif lebih murah, yakni senilai lima belas ribu rupiah per orang. Jadi, tertarik untuk berkunjung ke Objek wisata di Bali Timur ini?

Jangan lupa review di sini, Danau Batur Bali

Baca juga: Pantai Pandawa dan 5 Pantai Lainnya di Bali Selatan, Biar nggak ke Kuta Melulu

4. Hidden Green Canyon (Tebing Hijau) Undisan Bali

6 Wisata di Bali Timur dengan Nuansa Asri nan Sepi
instagram.com/melalibalijegeg

Tebing Hijau alias Hidden Green Canyon terletak di Undisan Kelod, Kecamatan Tembuku. Sesuai dengan namanya, kawasan ini punya daya darik berupa area tebing yang dipenuhi lumut berwarna hijau. Letaknya pun cukup tersembunyi dan membutuhkan usaha keras untuk bisa mencapainya. Satu-satunya akses menuju objek wisata ini hanya tangga yang terbuat dari tanah serta bambu sebagai pembatas dan pegangan.

Jalanan memang cukup curam dan menantang. Kendati demikian, selama perjalanan, indera penglihatanmu akan dimanjakan dengan pemandangan alam, mulai dari hamparan sawah, hutan dan sungai. Di tengah perjalanan, kamu pun akan melewati sungai dengan aliran cukup deras. Jadi, tetap hati-hati, ya!

6 Wisata di Bali Timur dengan Nuansa Asri nan Sepi
instagram.com/putu_sonntag

Nah, untuk memasuki kawasan wisata ini, kamu nggak akan dipungut biaya alias gratis. Cocok banget untuk liburan hemat, kan? Meski begitu, sebaiknya tetap menjaga perilaku selama berada di Tebing Hijau, ya!

Jangan lupa review di sini, Hidden Green Canyon (Tebing Hijau) Undisan Bali

5. Pura Kehen

6 Wisata di Bali Timur dengan Nuansa Asri nan Sepi
instagram.com/nomaddelia_

Saat berkunjung ke Bali, nggak akan lengkap rasanya saat melewati objek wisata bertema budaya. Salah satu kawasan yang bisa jadi destinasi liburan adalah Pura Kehen. Lokasinya berada di Jalan Sriwijaya No.8, Desa Cempaga dan membutuhkan wkatu sekira 40 menitan dari Ubud.

Bangunan suci bagi Umat Hindu sekaligus objek wisata ini sering disebut sebagai miniatur Pura Besakih. Bangunan yang sudah berdiri sejak abad ke-11 Masehi ini punya delapan tingkat dan 38 anak tangga yang mengarah ke pintu halaman utama dengan arsitektur memukau. Ada pula pohon beringin besar yang berusia lebih dari 700 tahun yang membuat suasana di area ini sangat sejuk.

6 Wisata di Bali Timur dengan Nuansa Asri nan Sepi
instagram.com/camilla_fracasso

Buka mulai dari pukul 09.00 sampai 17.00 WITA, kamu pun hanya perlu menyediakan budget sekitar sepuluh ribu rupiah (dewasa) dan lima ribu rupiah (anak-anak). Sangat terjangkau, kan? Apalagi, kamu bisa menikmati panorama cantik dan merasakan kesejukan sekaligus mempelajari tentang budaya. Yuk, berkunjung ke objek wisata ini!

Jangan lupa review di sini, Pura Kehen Bali

6. Desa Penglipuran Bali

6 Wisata di Bali Timur dengan Nuansa Asri nan Sepi
oknusantara.com

Bali bagian timur juga punya pedesaan dengan suasana tradisional yang kental. Desa Penglipuran namanya. Tempat ini punya daya tarik tersendiri, khususnya pada arsitektur bangunan unuk dengan nuansa Bali asli. Bukan hanya itu, wilayah yang terletak di ketinggian 700 mdpl ini juga menawarkan suasana asri.

6 Wisata di Bali Timur dengan Nuansa Asri nan Sepi
instagram.com/novanirza

Untuk memasuki area pedesaan ini, kamu perlu menyediakan budget senilai sepuluh ribu rupiah (anak-anak) dan lima belas ribu rupiah (dewasa). Selain itu, biaya untuk parkir motor senilai lima ribu rupiah pun diperlukan. Pasalnya, kendaraan bermotor jenis apapun dilarang memasuki area ini. Nggak heran kalau udaranya masih bersih.

Jangan lupa review di sini, Desa Penglipuran Bali

Nah, itu dia beberapa objek wisata di Bali bagian timur yang bisa jadi pilihan sebagai destinasi liburanmu nanti. Selain menawarkan suasana asri dan tenang, tentu kamu juga bisa menemukan spot foto menarik di sini. Jadi, liburan ke Bali akan semakin meninggalkan kenangan yang nggak akan terlupakan. Siap berpetualang?

0 Komentar