6 Wisata Kulon Progo Tema Perbukitan, Bikin Kamu Seperti di Atas Awan

05 October 2018, at 06:44
0
0
6 Wisata Kulon Progo Tema Perbukitan, Bikin Kamu Seperti di Atas Awan

Wisata Kulon Progo bisa dikatakan tengah naik daun. Apalagi mulai bermunculan destinasi liburan baru di salah satu kabupaten di Jogja ini.

Selain Waduk Sermo yang memang sudah cukup populer, ternyata masih banyak objek wisata di Kulon Progo yang sayang untuk kamu lewatkan.

Apalagi selain bisa menikmati panorama alam yang memukau, spot foto keren juga akan kamu temukan. Zaman sekarang siapa sih yang nggak hobi selfie?

Siap-siap, karena kali ini Sahabat Qupas akan melihat betapa cantiknya wisata di Kulon Progo bertema bukit. Yuk intip!

1. Puncak Suroloyo

puncak suroloyo kulon progo
instagram.com/larissadening

Begitu mendengar namanya, tentu kamu kana berpikir keberadaan tempat ini di dataran tinggi. Yap, Puncak Suroloyo memang merupakan bukit tertinggi yang ada di kawasan Bukit Manoreh.

Saat di atas puncak, kamu pun bisa melihat kemegahan Candi Borobudur. Bahkan lima gunung tertinggi di sekitarnya, seperti sindoro, Merapi, Merbabu, Ungaran dan Sumbing bisa kamu saksikan dari Puncak Suroloyo.

Lokasi wisata ini pun ada di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh dan berjarak sekitar 39,4 kilometer dari Kabupaten Kulon Progo. Nggak sulit kok untuk bisa sampai ke objek wisata ini.

Rute yang bisa kamu ambil adalah melalui rute Jembatan Progo-Perempatan Dekso-Samigaluh. Dari sini, objek wisata bukit ini berarti sudah dekat.

pemandangan dari puncak suroloyo kulon progo
instagram.com/_danieltran_

Sesampainya di pintu gerbang, kamu perlu membayar tiket masuk senilai lima ribu rupiah saja. Tapi dari tempat ini, perjalananmu untuk mencapai puncak masih cukup panjang.

Sebaiknya pahami dulu peta yang ada di pintu masuk supaya nggak tersesat menuju ke destinasi. Selain itu, pastikan juga kendaraanmu dalam kondisi prima.

Sebab jalur menuju ke area Puncak Suroloyo terbilang cukup sulit. Apalagi ada tanjakan dan tikungan tajam.

Meski begitu, dijamin nggak akan menyesal deh saat liburan ke Puncak Suroloyo. Apalagi kamu bisa menikmati panorama alamnya selama 24 jam.

2. Bukit Pule Payung

pule payung wisata kulon progo
instagram.com/fandiryan

Ingin berkunjung ke objek wisata baru dengan spot foto keren di Kulon Progo? Bukit Pule Payung adalah jawabannya.

Lokasinya ada di Dusun Suropati, Hargotirto, Kokap. Objek wisata ini pun berada di jalur Perbukitan Manoreh.

Akses menuju ke Bukit Pule Payung juga nggak terlalu sulit. Apalagi letaknya berdekatan dengan objek wisata populer Kalibiru.

Jadi kamu bisa mencari petunjuk jalan yang mengarahkan ke Kalibiru. Sekitar 500 meter dari wisata ini, kamu bisa sampai ke Bukit Pule Payung.

Kamu pun nggak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa masuk ke objek wisata ini. Sebab harga tiketnya hanya sebesar lima ribu rupiah per orang.

Tapi kamu harus menyediakan biaya tambahan kalau ingin hunting foto di beberapa spot menarik di sini yang meliputi:

  • Spot foto lolipop dengan biaya sepuluh ribu rupiah
  • Spot foto jembatan surga dengan biaya sepuluh ribu rupiah
  • Spot foto angkasa dengan tarif sepuluh ribu rupiah
  • Spot foto wolu dengan harga sebesar sepuluh ribu rupiah

pule payung kulon progo
instagram.com/emasputih90

Selain spot foto, ada pula kegiatan menarik yang tersedia di sini seperti sepeda langit dengan biaya dua puluh lima ribu rupiah.

Ada juga wahana flying fox yang bisa dinikmati setelah kamu membayar senilai tiga puluh ribu rupiah.

Menariknya lagi, kamu juga akan mendapatkan 3 foto gratis dari pihak pengelola setelah mencoba wahana sepeda langit maupun flying fox.

Dijamin puas dan nggak menyesal deh kalau liburan ke sini. Apalagi dari pukul 08.00-16.00 WIB, kamu bisa bebas main di Bukit Pule Payung.

3. Bukit Isis

bukit isis kulon progo
instagram.com/kinaryo_palupi

Salah satu wisata Kulon Progo yang sayang untuk kamu lewatkan adalah Bukit Isis. Selain bisa menikmati panorama perbukitan yang cantik, spot foto keren tentu akan kamu dapatkan.

Lokasinya ada di Desa Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh. Dari pusat Kota Kulon Progo, jaraknya sekitar 29,2 kilometer dan memerlukan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 10 menit.

Untuk bisa sampai ke Bukit Isis, kamu bisa mencari lokasi perempatan Kentheng Nanggulan terlebih dulu. Dari sini, ambil arah ke utara sampai menemukan titik lokasi wisata.

bukit isis wisata kulon progo
instagram.com/arif_josselalu

Objek wisata ini buka dari pukul 06.00-17.30 WIB. Jadi dijamin puas menyaksikan panorama alam Bukit Isis sekaligus hunting foto di sini.

Kalau beruntung, kamu bisa juga melihat pemandangan gunung dari Bukit Isis, seperti:

  • Gunung Sumbing
  • Gunung Sindoro
  • Gunung Merapi
  • Gunung Merapi

Jadi dijamin nggak akan bosan saat berkunjung ke objek wisata satu ini.

Baca juga: 6 Tempat Wisata di Jogja dengan Spot Foto dan Panorama yang Memukau

4. Kalibiru

kalibiru kulon progo
instagram.com/wisatakalibiru

Seperti diketahui, wisata Kalibiru ini memang sudah populer. Apalagi bukan hanya panorama alam saja yang bisa kamu dapatkan di sini.

Spot foto berupa panggung juga ada di objek wisata yang berada di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut ini.

Untuk bisa masuk ke objek wisata ini, kamu hanya perlu menyediakan budget senilai sepuluh ribu rupiah saja. Tapi ada biaya tambahan kalau kamu ingin berpose di beberapa spot foto yang meliputi:

  • Spot high rope game (HRG) (tiga puluh lima ribu)
  • Spot foto panggung (lima belas ribu rupiah)
  • Spot foto 1 (lima belas ribu rupiah)
  • Spot foto bundar/tampir (lima belas ribu rupiah)
  • Spot foto 2 (sepuluh ribu rupiah)
  • Spot foto 3 (sepuluh ribu rupiah)

kalibiru wisata kulon progo
instagram.com/astutyrima

Cukup terjangkau kan? Apalagi kamu juga bisa puas hunting foto dari pukul 06.00-17.00 WIB.

Akses untuk menuju ke Kalibiru pun nggak sulit. Jarak dari pusat Kota Kulon Progo pun sangat dekat, yakni sekitar 11,8 kilometer.

Jadi, kapan nih liburan ke Kalibiru?

5. Bukit Cendana

bukit cendana kulon progo
instagram.com/putribudhi

Bukit Cendana memang sekilas mirip dengna objek wisata Kalibiru. Selain bisa menikmati keindahan Bukit Sermo, di sini juga tersedia gardu pandang yang menjadi spot foto populer pengunjung.

Selain itu, udara sejuk disertai pemandangan pepohonan yang hijau akan kamu dapatkan di Bukit Cendana. Jadi dijamin betah saat berada di objek wisata ini.

Apalagi harga tiketnya relatif murah. Untuk saat ini, kamu pun perlu menyediakan budget senilai dua ribu lima ratus rupiah per orang dan dua ribu rupiah (parkir motor).

bukit cendana wisata kulon progo
instagram.com/bukitcendana

Sangat terjangkau kan? Terlebih lagi kamu bisa kapan saja berkunjung ke Bukit Cendana.

Lokasinya ada di Dusun Tegiri 2, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap. Jarak dari pusat Kota Kulon Progo pun hanya sekitar 12,6 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 27 menit.

Akses jalan ke Bukit Cendana pun sedikit sulit karena kamu akan menemui tanjakan tajam. Jadi sebaiknya pakai kendaraan bermotor dengan kondisi prima.

6. Puncak Widosari

puncak widosari kulon progo
instagram.com/nengshitoll_srly1201

Puncak Widosari bisa dikatakan menjadi salah satu wisata perbukitan populer di Kulon Progo. Apalagi bukan hanya panorama alam dan spot foto keren saja yang bisa kamu saksikan dari sini.

Ternyata Puncak Widosari juga punya nilai sejarah di masa silam. Konon Bukit Widosari pernah menjadi lokasi pertapaan Pangeran Diponegoro.

Berada di kawasan Perbukitan Manoreh dan di ketinggian sekitar 1.017 meter di atas permukaan laut, tentu saja hawa sejuk akan kamu rasakan di sini.

Saat berada di sini, kamu pun akan menjumpai sebongkah batu raksasa yang begitu unik. Bongkahan inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari Puncak Widosari.

puncak widosari wisata kulon progo
instagram.com/puriibie

Lokasinya ada di Tritis, Ngargosari, Tegalsari, Samigaluh. Dari pusat Kota Kulon Progo, jaraknya pun sekitar 30,1 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 13 menit.

Tiba di pintu masuk, kamu perlu menyediakan budget senilai tiga ribu rupiah per orang. Sangat terjangkau kan?

Terlebih lagi kamu bisa merasakan sensasi tracking karena kamu akan melewati sekitar 240 anak tangga. Meski lelah, semua itu akan terbayar setelah tiba di lokasi wisata.

Pemandangan indah serta beragam fasilitas termasuk wifi gratis akan menyambutmu. Dijamin nggak menyesal datang ke sini.

Itulah beberapa wisata Kulon Progo yang bisa jadi pilihan sebagai destinasi liburanmu nanti. Selain panorama alam dan spot foto cantik, pengalaman berharga hingga tantangan akan kamu dapatkan.

Bahkan tiket masuk ke objek wisata yang Qupas rekomendasikan tersebut super terjangkau. Dijamin liburanmu tetap hemat dan seru deh.

0 Comment