6 Wisata Mistis yang Instagenik di Jogja Ini Siap Uji Nyalimu

05 July 2019, at 11:00
1
0
6 Wisata Mistis yang Instagenik di Jogja Ini Siap Uji Nyalimu

Jogja memang merupakan salah satu kota wisata di Indonesia yang membuat banyak orang selalu ingin mengunjunginya. Mulai dari alam yang indah, kebudayaan yang menawan, hingga kuliner khas yang ngangenin semua ada di Kota Gudeg tersebut.

Nggak hanya itu, beberapa tempat wisata di Jogja juga memiliki latar belakang cerita yang menyeramkan dan penuh misteri lho. Anehnya, hal tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang suka uji nyali.

Berikut ini beberapa tempat wisata Jogja dengan suasana mistis namun tetap fotogenik yang perlu kamu kunjungi.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Jogja dengan Panorama yang Memukau

1. Benteng Vredeburg

benteng vredeburg
instagram.com/vistagrdevy

Salah satu tempat wisata mistis namun isntagenik di Jogja adalah Benteng Vredeburg. Terletak nggak jauh dari Pasar Bringharjo dan Malioboro, benteng ini menyimpan bermacam-macam misteri di dalamnya.

Mulai dari penampakan Noni Belanda berkaki kuda, hantu pasukan Belanda, hingga suara teriakan kencang seringkali menghantui pengunjung bangunan yang berdiri sejak tahun 1760 ini.

Meskipun demikian, benteng yang kokoh dengan arsitektur klasik tersebut tetap menawan dan membuatnya menjadi salah satu primadona wisata Jogja karena sangat instagenik.

Lokasi Benteng Vredeburg: Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta

Jam Buka: Selasa-Minggu pukul 07.30-16.00 WIB

Tiket Masuk Benteng Vredeburg: Rp5.000,00 (bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Keraton Yogyakarta

keraton yogyakarta
instagram.com/marnulife

Belum lengkap rasanya perjalanan ke Jogjamu apabila nggak mampir ke Keraton Yogyakarta. Bangunan yang telah ada sejak ratusan tahun lalu tersebut merupakan salah satu ikon Jogja yang juga masih menjadi tempat kediaman raja dan keluarganya hingga saat ini.

Bangunan yang tua, dipenuhi dengan barang-barang antik, dan digunakan untuk melakukan berbagai ritual kerajaan tentu saja menyimpan banyak misteri yang berbau mistis.

keraton jogja
instagram.com/hajjnch

Bahkan menurut beberapa cerita, bangunan tersebut nggak hanya dijaga oleh orang-orang biasa. Melainkan juga makhluk-makhluk gaib nggak kasat mata. Itulah mengapa para pengunjung selalu diminta untuk menjaga sikap dan lisannya.

Meskipun demikian, kesan mistis yang kental di Keraton Yogyakarta nggak bisa menutupi keindahan bangunan tua tersebut.

Lokasi Keraton Yogyakarta: Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta

Jam Buka: Sabtu-Kamis pukul 08.00-14.00 WIB dan Jumat pukul 08.00-12.00 WIB

Tiket Masuk Keraton Yogyakarta: Rp5.000,00 (bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Panggung Krapyak

panggung krapyak
instagram.com/rohman.dwinur

Panggung Krapyak atau Kandang Menjangan adalah bangunan berbentuk persegi yang terbuat dari beton. Dulu tempat ini digunakan untuk beristirahat atau berlindung oleh keluarga atau kerabat keraton saat berburu.

Destinasi wisata ini juga merupakan salah satu tempat mistis yang instagenik di Jogja. Pasalnya, nggak sembarangan orang bisa masuk dan harus mendapatkan izin dari juru kunci terlebih dahulu. Kalau nekat, katanya kamu akan mengalami hal yang menyeramkan!

Lokasi Panggung Krapyak: Jalan Kh. Ali Maksum, Panggungharjo, Sewon, Krapyak Kulon, Panggungharjo, Sewon

Jam Buka: 24 jam

Tiket Masuk Panggung Krapyak: Gratis

Baca Juga: Pantai Watu Kodok, Tempat Asyik Buat Camping di Gunung Kidul

4. Pantai Parangkusumo

pantai parangkusumo
instagram.com/ifaaaaaaaah

Seperti yang telah diketahui oleh semua orang, Jogja memiliki banyak sekali wisata pantai yang menawan. Salah satunya adalah pantai Parangkusumo terkenal romantis namun juga mistis secara bersamaan.

Bagaimana nggak, tempat tersebut dipercaya sebagai gerbang masuk istana kerajaan Ratu Pantai Selatan atau biasa disebut Nyi Roro Kidul sekaligus tempat pertemuannya dengan Senopati.

Meskipun diselimuti dengan cerita mistis, namun pantai yang identik dengan padang pasirnya ini sangat asyik dan instagenik untuk dikunjungi.

Lokasi Pantai Parangkusumo: Jl. Pantai Parangkusumo, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul

Jam Buka: Setiap hari mulai jam 07.00-18.00 WIB

Tiket Masuk Pantai Parangkusumo: Gratis

5. Pesanggrahan Sarjanawiyata Tamansiswa

pesanggrahan sarjanawiyata tamansiswa
instagram.com/indoflashlight

Sekitar tahun 1953, bangunan ini dulunya merupakan rumah milik guru besar UGM yaitu Profesor Soedomo. Namun, kini kepemilikannya sudah berpindah ke Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Bangunan tua tersebut memiliki berbagai cerita mistis karena telah terbengkalai sejak erupsi Gunung Merapi pada tahun 1994 lalu. Mulai dari penampakan Noni Belanda beserta tangisannya yang mengerikan sering didengar.

Meski demikian, tempat ini tetap banyak dikunjunjungi karena membuat penasaran dan arsitekturnya yang estetik saat difoto.

Lokasi Pesanggrahan Sarjanawiyata Tamansiswa: Jl. Pramuka No.55, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman

Jam Buka: 24 jam

Tiket Masuk Pesanggrahan Sarjanawiyata Tamansiswa: Gratis

6. Alun-Alun Kidul

alun-alun kidul
instagram.com/faniaoctavianny

Kalau yang satu ini, kamu pasti sudah nggak asing lagi kan? Alun-alun yang memiliki dua beringin besar di tengahnya ini memang kental dengan suasana dan cerita mistis.

Kamu bahkan bisa mencoba melakukan tradisi yang terkenal yaitu berjalan melintas diantara dua beringin tersebut dengan mata tertutup.

Meskipun banyak cerita mistis yang beredar, bagaimana pun alun-alun kidul tetap menjadi tempat wisata andalan yang instagenik di Jogja.

Lokasi Alun-Alun Kidul: Jl. Alun Alun Kidul, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta

Jam Buka: 24 jam

Tiket Masuk Alun-Alun Kidul: Gratis

Nah, itu dia Sobat Qupas 6 tempat wisata dengan suasana mistis namun tetap instagenik yang menawan untuk dikunjungi. Sudah siap uji nyali?

0 Comment