6 Wisata Probolinggo dengan Nuansa Alam Memukau

28 September 2018, pada 03:43
0
0
6 Wisata Probolinggo dengan Nuansa Alam Memukau

Beragam wisata Probolinggo tersaji untuk memanjakanmu. Mulai dari area pegunungan hingga pantai pun ada di salah satu Kabupaten di Jawa Timur ini.

Panorama alamnya pun tentu memikat. Selain itu kamu juga bisa melakukan beragam kegiatan menarik saat berada di beberapa objek wisata Kota Santri di Jawa Timur ini.

Penasaran dimana saja lokasinya? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Gunung Bromo

6 Wisata Probolinggo dengan Nuansa Alam Memukau
instagram.com/jordkh

Nama Gunung Bromo memang sudah tersohor baik di kalangan turis lokal maupun mancanegara. Kamu juga pasti juga tahu kan?

Di sini kamu bisa menyaksikan panorama alam yang begitu indah. Mulai dari kawah, area perbukitan dengan hamparan rumput hijau serta area padang pasir ada di Gunung Bromo.

Menariknya lagi, kawasan wisata ini juga didapuk menjadi kawasan yang punya spot terbaik untuk menyaksikan indahnya matahari terbit. Ada pula area yang akan membuatmu seperti di atas awan.

Jangan kaget kalau nanti akan berbarengan dengan turis-turis asing yang juga hendak menuju permata Indonesia ini. 

6 Wisata Probolinggo dengan Nuansa Alam Memukau
instagram.com/indrawidjaya

Ada beberapa rute untuk menuju Bromo, salah satunya dari Probolinggo. Kamu bisa menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi.

Kalau menggunakan angkutan umum, rute dimulai dari Terminal Bayu Angga menuju ke Desa Sukapura-Ngadisari-Cemoro Lawang. Dari pemberhentian akhir, perjalanan ke objek wisata sudah dekat dan hanya berjarak 2,5 kilometer.

Di Cemoro Lawang sendiri tersedia banyak penginapan dengan harga mulai dari empat puluh ribu hingga 500 ribu rupiah. Semuanya tergantung fasilitas yang ditawarkan.

Kalau ingin berkeliling ke objek wisata di Bromo, pengunjung kebanyakan menggunakan jasa sewa jeep. Harganya pun sekitar 400 sampai 600 ribuan rupiah.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan jasa ojek kalau ingin lebih menghemat biaya. Sudah siap bertualang?

2. Air Terjun Madakaripura

6 Wisata Probolinggo dengan Nuansa Alam Memukau
instagram.com/eye.of.ty

Masih di kawasan Bromo, ada Air Terjun Madakaripura yang sayang untuk kamu lewatkan. Apalagi keindahannya sungguh memikat.

Letaknya di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Lumbang. Kamu pun bisa menggunakan rute dari jalur Probolinggo-Bromo dan menuju ke Tongas.

Sesampainya di pertigaan Sukapura, ambil arah ke kanan hingga tiba di Pasar Lumbang. Dari sini, ikuti saja petunjuk jalan yang akan membawamu ke Air Terjun Madakaripura.

6 Wisata Probolinggo dengan Nuansa Alam Memukau
instagram.com/azizrizqi97

Untuk bisa masuk ke area wisata, kamu hanya perlu menyediakan budget senilai sebelas ribu rupiah. Kamu juga perlu menyediakan biaya untuk parkir kendaraan.

Tentu saja tarifnya tetap terjangkau. Selain itu kamu juga akan dikenai biaya tambahan kalau ingin menyewa guide, sewa jas hujan atau payung.

Dijamin puas liburan ke sini. Apalagi kamu bisa melihat indahnya air terjun dengan ketinggian 200 meter ini dari pukul 08.00-19.00 WIB.

3. Danau Taman Hidup

6 Wisata Probolinggo dengan Nuansa Alam Memukau
instagram.com/hilmy_yahya

Wisata Probolinggo yang nggak kalah memukau adalah Danau Taman Hidup. Tapi untuk bisa mencapainya diperlukan perjuangan keras.

Pasalnya kamu harus mendaki Gunung Argopuro yang dikenal punya jalur menandang dan nggak mudah dilalui. Bahkan bagi pendaki profesional sekalipun.

Tapi setelah melalui pendakian yang panjang dan lama, danau dengan pemandangan memukau akan kamu temukan. Tentu saja kamu juga bisa mendirikan tenda di sini.

Begitu tiba di area danau, suasana sunyi dan tenang akan kamu rasakan. Panorama pegunungan, dermaga ikonik hingga hamparan ilalang yang cantik akan kamu saksikan.

6 Wisata Probolinggo dengan Nuansa Alam Memukau
instagram.com/anggate_____

Wisata ini memang buka selama 24 jam tapi sebaiknya nggak datang pada malam hari karena lebih berisiko.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah untuk nggak berkata kasar atau teriak di area ini. Konon hal ini akan membuat Dewi Rengganis, sang penunggu Gunung Argopuro murka.

Akibatnya kabut akan turun hingga turun hujan badai. Jadi tetap jaga tingkah laku saat berkunjung ke sini, ya!

Baca juga: Pantai Klayar dan 10 Destinasi Wisata Lain di Pacitan Ini Nggak Ada Duanya Lho!

4. Gili Ketapang

6 Wisata Probolinggo dengan Nuansa Alam Memukau
instagram.com/d_rifal

Gili Ketapang masuk dalam Kecamatan Sumberasih. Lokasinya pun hanya berjarak sekitar 8 kilometer dari pantai utara Probolinggo.

Ternyata juga nggak terlalu jauh kok dari pelabuhan. Hanya memerlukan waktu selama 30 menit saja untuk menyeberang dari Pelabuhan Ujung Tembaga menggunakan perahu motor.

Di Gili Ketapang, panorama pantai dengan hamparan pasir putih serta laut nan jernih akan tersaji di hadapanmu. Bagi pecinta snorkeling juga bisa melihat ikan dan terumbu karang yang menghiasi alam bawah laut di sini.

6 Wisata Probolinggo dengan Nuansa Alam Memukau
instagram.com/giliketapang

Menariknya lagi, nggak ada tiket masuk untuk bisa masuk area wisata. Tapi siapkan saja dana untuk penyeberangan dari Ujung Tembaga.

Biayanya pun sangat terjangkau yakni senilai sepuluh ribu rupiah saja. Perlu diingat, kapal mulai beroperasi mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Kalau kamu nggak pengen ribet, ada juga paket wisata Gili Ketapang dengan biaya delapan puluh lima ribu rupiah.

Biaya ini pun sudah termasuk fasiltias penyebrangan PP, snorkeling, foto underwater, guide dan makan siang. Murah banget ya?

5. Kebun Teh Andung Biru

6 Wisata Probolinggo dengan Nuansa Alam Memukau
instagram.com/sundahri

Kebun Teh Andung Biru terletak di Kecamatan Tiris. Wisata yang berada di ketinggian 912 mdpl ini tentu menyuguhkan hawa sejuk.

Panorama alam cantik di balik Gunung Argopuro juga akan tersaji di hadapanmu. Tentu saja ada hamparan tanaman teh seluas 300 hektar yang memanjakan indera penglihatan.

Menariknya lagi, kamu juga bisa melihat keindahan sunrise maupun sunset di sini. Jadi jangan sampai ketinggalan kamera untuk bisa mengabadikannya.

Akses menuju area wisata kebun ini pun nggak terlalu sulit meski ada medan yang menanjak. Dari pusat Kecamatan Triris jaraknya hanya sekitar 12 kilometer.

6 Wisata Probolinggo dengan Nuansa Alam Memukau
instagram.com/hardiansyah08

Dari sini perjalanan bisa memakan waktu sekira 45 menit dengan medan berkelok dan naik turun. Meski begitu kamu nggak akan menyesal datang ke sini mengingat suguhan alamnya begitu memikat.

Karena masih belum menjadi wisata resmi, kemungkinan kamu nggak perlu menyediakan budget untuk tiket masuk. Meski begitu bukan berarti bisa seenaknya ya! Tetap harus menjaga kebersihan dan tidak boleh memetik sembarangan.

Apalagi wilayah wisata ini di bawah pengelolaan PT Perkebunan Nusantara XII yang sebenarnya memang kebun betulan, bukan dibuat untuk tujuan wisata.

6. Pantai Bentar

6 Wisata Probolinggo dengan Nuansa Alam Memukau
instagram.com/dennys_rbp

Pantai Bentar berlokasi di Jalur Pantura, Mayangan, Karang Anyar, Curahsawo, Gending. Letaknya pun ada di perbatasan Selat Madura yang berhubungan langsung dengan Laut Jawa.

Panorama pantai hingga pepohonan nan rimbun ada di area ini. Bahkan ada pula jembatan kayu panjang fenomenal juga tersedia. Kawasan inilah yang menjadi area hunting foto favorit wisatawan, terlebih lagi untuk menikmati sunset.

6 Wisata Probolinggo dengan Nuansa Alam Memukau
instagram.com/xtedisetiawan

Untuk bisa masuk ke area wisata ini, kamu perlu menyediakan budget sepuluh ribu (dewasa) dan lima ribu rupiah (anak-anak). Apalagi kamu bisa puas menikmati suasana pantai yang buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB ini. Jadi kapan nih liburan ke sini?

Jika ke Probolinggo jangan hanya lewat tapi mampir juga untuk piknik. Ternyata pilihannya banyak mulai dari pegunungan hingga pantai ada di sini. Kamu juga bisa menemukan tempat camping di beberapa spot wisatanya. Menarik bukan?

Apalagi banyak pengalaman yang bisa didapatkan dari wisata Jawa Timur ini.

0 Komentar