Qupas Travel

7 Air Terjun di Bali Bagian Utara, Alternatif Wisata Selain Pantai di Pulau Dewata

21 February 2020, at 04:00
1
7 Air Terjun di Bali Bagian Utara, Alternatif Wisata Selain Pantai di Pulau Dewata

Air terjun di Bali mungkin nggak sepopuler wisata pantainya. Meski begitu, bukan berarti destinasi tersebut nggak punya keistimewaan.

Seperti halnya wisata air terjun di Bali bagian utara berikut ini. Banyak diantaranya ternyata sudah populer di kalangan traveler mancanegara, lho.

Nah, biar nggak makin penasaran, simak deh deretan wisata Bali yang menawan berikut!

1. Air Terjun Aling-aling

Aling-aling Waterfall (Foto: instagram.com/alfonstaekema)
instagram.com/alfonstaekema

Bukan sekadar melihat pemandangan air terjun saja. Berada di sini, kamu juga bisa melakukan kegiatan seru lain seperti berenang, cliff jumping, hingga waterfall sliding.

Sebenarnya tiket masuk Air Terjun Aling-aling cuma Rp10 ribu. Tapi kalau kamu ingin melakukan berbagai aktivitas seru, bisa menyewa jasa guide yang bakal menjamin keselamatanmu. Tarifnya mulai Rp125 ribuan.

Akses menuju wisata air terjun di Bali ini nggak susah kok. Setelah sampai di area parkir kendaraan, kamu perlu jalan kaki selama kurang lebih 20 menitan.

Lokasi Air Terjun Aling-aling : Sambangan, Sukasada, Kabupaten Buleleng

Tiket masuk Air Terjun Aling-aling : Rp10 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Air Terjun Sekumpul

Sekumpul Waterfall (Foto: instagram.com/ahmad_anjarwicaksono)
instagram.com/ahmad_anjarwicaksono

Berada di tengah hutan Buleleng, wisata di Bali ini cukup unik. Karena begitu sampai di lokasi, kamu bisa melihat dua aliran air terjun yang jatuh dari ketinggian sekitar 100 meter.

Dikenal pula dengan nama Sevent Point Waterfall, sebenarnya memang terdapat 7 air terjun. Tapi hanya ada 2 yang jaraknya berdekatan dengan jalan utama.

Untuk menuju air terjun di Buleleng ini pun kamu perlu melewati jalanan licin dan harus menyeberangi sungai. Jadi tetap hati-hati ya!

Lokasi Air Terjun Sekumpul : Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng

Tiket masuk Air Terjun Sekumpul : mulai Rp10 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Air Terjun Fiji

Fiji Waterfall (Foto: instagram.com/daria_dobro_)
instagram.com/daria_dobro_

Wisata di Buleleng ini juga dikenal dengan nama Triple Waterfall. Sesuai namanya, Air Terjun Fiji memang memiliki 3 aliran yang jatuh dari tebing.

Selama perjalanan, pemandangan sawah terasering bakal memanjakan matamu. Sesampainya di area parkir, petualanganmu dimulai. Ratusan anak tangga yang kondisinya cukup curam pun harus kamu lewati agar sampai di lokasi.

Lokasi Air Terjun Fiji : Banjar Nyuh, Desa Lemukih, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng

Tiket masuk Air Terjun Fiji : Rp10 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

4. Air Terjun Tembok Barak

Tembok Barak Waterfall (Foto: instagram.com/wapwah)
instagram.com/wapwah

Air terjun di Bali bagian utara selanjutnya adalah Tembok Barak yang cukup unik. Dikelilingi dengan tebing berwarna kemerahan, membuat wisata ini makin cantik. Terlebih lagi dengan debit air sedang, kolam alami di bawah alirannya, dan panorama di sekitar.

Bisa dibilang destinasi di Bali ini cocok buat para petualang. Sebab, kamu perlu berjalan sekitar 700 meter untuk menuju lokasi. Kemudian jalan sempit dengan tebing curam di sampingnya juga akan kamu lewati.

Lokasi Air Terjun Tembok Barak : Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng

Tiket masuk Air Terjun Tembok Barak : Rp10 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Romantis dan Elegan, 7 Air Terjun di Bali Ini Cocok untuk Foto Prewedding

5. Air Terjun Wana Ayu

Wana Ayu Waterfall (Foto: instagram.com/mega_wahyuningsih_)
instagram.com/mega_wahyuningsih_

Wisata satu ini termasuk jarang dikunjungi karena debit airnya nggak pasti. Maksudnya, saat musim penghujan atau beberapa bulan setelah musim hujan, alirannya akan deras. Sebaliknya, debit akan menecil saat musim kemarau.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke wisata ini selepas musim penghujan, karena debit airnya masih mengalir deras. Bahkan saat seperti inilah Wana Ayu disebut-sebut mirip dengan Air Terjun Nung Nung di Desa Petang.

Lokasi Air Terjun Wana Ayu : Desa Padangbulia, Kecamatan Sukasada kabupaten Buleleng

Tiket masuk Air Terjun Wana Ayu : Rp10 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

6. Air Terjun Melanting

Melanting Waterfall (Foto: instagram.com/siskafitriyadewi12)
instagram.com/siskafitriyadewi12

Berada di tempat wisata Bali satu ini, kamu bakal dimanjakan dengan panorama air terjun setinggi kurang lebih 20 meter mengalir cukup deras. Belum lagi pemandangan hijau di sekitarnya yang semakin memanjakan mata.

Akses masuk ke lokasi air terjun bisa dibilang cukup unik. Dengan jalan kaki, kamu akan melewati perkebunan cengkeh dan kopi.

Lokasi Air Terjun Melanting : Jl. Air Terjun Melanting, Gobleg, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng

Tiket masuk Air Terjun Melanting : Rp10 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

7. Air Terjun Munduk

Munduk Waterfall (Foto: instagram.com/leattlefa)
instagram.com/leattlefa

Terletak di ketinggian antara 800 sampai 900 mdpl, membuat kawasan Air Terjun Munduk menjadi sangat sejuk. Belum lagi keberadaan pepohonan hijau di sekitarnya yang semakin membuat kita betah. Hamparan kebun cengkeh dan kopi pun akan memanjakan matamu.

Bukan cuma bisa melihat keindahannya saja. Bermain di air terjun Bali dengan tinggi sekitar 15 meter dengan kolam alami di bawahnya pun bisa kamu lakukan.

Bahkan karena airnya disebut-sebut mengandung belerang atau sulfur, sehingga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan berkhasiat untuk peremajaan kulit bagi mereka yang mandi di sini.

Lokasi Air Terjun Munduk : Jl Raya No.Desa, Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng

Tiket masuk Air Terjun Munduk : Rp20 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Nah, itu dia deretan air terjun di Bali bagian utara yang bisa jadi alternatif liburan selain pantai. Kamu pernah mampir ke salah satunya?