7 Alasan yang Membuat Perempuan Harus Punya Penghasilan Meskipun Sudah Menikah

17 April 2019, at 01:00
0
0
7 Alasan yang Membuat Perempuan Harus Punya Penghasilan Meskipun Sudah Menikah

Pernikahan selalu mengubah hidup seseorang, baik laki-laki maupun perempuan. Ada hal-hal baru yang harus diprioritaskan.

Sebagai perempuan, kamu dituntut untuk mengurus suami dan rumah tangga. Apalagi kalau sudah ada anak, maka semakin banyak hal yang harus di nomor duakan.

Dengan kesibukan yang berat ini, beberapa wanita memilih untuk tetap di rumah sedangkan sebagian lainnya masih ingin bekerja. Kedunya merupakan pilihan yang sama sulit dan mulia.

Baca Juga: Jangan Bingung, Begini Etika Membayar Saat Kencan

Tetapi ada beberapa keuntungan yang menjadi alasan kenapa perempuan yang sudah menikah memilih untuk tetap bekerja.

1. Bisa Membantu Kebutuhan Keluarga

membantu kebutuhan keluarga
pexels.com/@pixabay

Secara konvensional, suami memiliki tanggung jawab dalam hal menafkahi dan memenuhi kebutuhan keluarga. Namun dewasa ini, posisi perempuan dan laki-laki sudah dianggap setara.

Istri bisa saling berbagi tugas rumah dengan suami sehingga menjadi lebih mudah. Begitu pula dengan perempuan yang mendapatkan penghasilan, bisa membantu kebutuhan rumah tangga dengan uang yang didapatkan.

2. Tetap Mandiri

tetap mandiri
pexels.com/@moose-photos-170195

Meskipun sudah menikah dan segala kebutuhan sudah dipenuhi oleh suami, nggak ada salahnya bagi perempuan untuk tetap memiliki pendapatan.

Hal ini dapat dilakukan agar perempuan tetap menjadi mandiri karena nggak ada yang tahu seperti apa keadaan rumah tanggamu nanti.

Saat terjadi hal-hal yang nggak diinginkan seperti kecelakaan, suami kehilangan pekerjaan, bisnisnya bangkrut, atau bahkan kematian, istri masih bisa menyelematkan perekonomian keluarga.

3. Memiliki Kebanggaan

memiliki kebanggaan
pexels.com/@olly

Ada kebanggaan tersendiri di dalam diri seorang perempuan yang bekerja dan memiliki pendapatan. Hal ini karena ia bisa membeli barang yang diinginkan tanpa perlu meminta kepada suami.

Kondisi tersebut membauat perempuan lebih bahagia karena nggak perlu sungkan menambah pengeluaran bulanan dari uang yang diberikan oleh pasangan.

Baca Juga: Menurut Penelitian, Berbagi Pekerjaan Ruman Tangga Bikin Hubungan Makin Bahagia!

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

meningkatkan rasa percaya diri
pexels.com/@moose-photos-170195

Secara nggak langsung, memiliki pekerjaan dan penghasilan akan meningkatkan rasa percaya seorang perempuan.

Hal ini karena ia bisa menjalankan dua tanggung jawab sekaligus. Meskipun begitu, hal ini nggak seharusnya mengurangi rasa hormatnya terhadap suami.

5. Nggak Merasa Bosan

nggak merasa bosan
pexels.com/@pixabay

Ibu rumah tangga biasanya akan lebih sering merasa bosan karena rutinitas yang itu-itu saja dan aktivitas yang banyak dilakukan di rumah.

Bekerja akan membuat seorang perempuan tetap produktif dan memiliki banyak teman untuk berdiskusi.

6. Kepuasan Batin

kepuasan batin
pexels.com/@rawpixel

Ada kepuasan tersendiri bagi seorang perempuan yang bekerja dan mendapatkan penghasilan, meskipun sebenarnya kebutuhannya sudah dipenuhi oleh suami.

Kepuasan seperti ini nggak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Bisa berkonstribusi lebih pada hubungan tentu membuat seseorang lebih bahagia.

7. Mempelajari Hal-hal Baru

mempelajari hal-hal baru
pexels.com/@olly

Nggak cuma itu, dengan bekerja berarti seorang perempuan telah mempelajari hal-hal baru atau paling nggak mendalami apa yang sudah mereka kuasai.

Hal ini akan bermanfaat untuk mengasuh dan memberikan contoh yang baik pada anak dan meningkatkan kemampuannya.

Baca Juga: Pengantin Baru, Begini Cara Menjalin Hubungan Baik dengan Mertua Supaya Hidupmu Nggak Banyak Drama

Jadi bagaimana Sobat Qupas, ternyata banyak ya keuntungan yang didapatkan oleh seorang istri yang bekerja.Nggak melulu materi, bisa membantu suami dan mendapatkan kepuasan batin merupakan keuntungan yang luar biasa.

0 Comment