7 Aturan Menghukum Anak yang Perlu Diperhatikan, Jangan Asal Ya Bunda!

19 November 2019, at 17:00
0
0
7 Aturan Menghukum Anak yang Perlu Diperhatikan, Jangan Asal Ya Bunda!

Menuntun anak menjadi pribadi yang baik merupakan tugas bagi semua orang tua. Begitu pula saat anak melakukan kesalahan, biasanya orang tua akan hukuman atau memberikan pembelajaran agar si kecil nggak mengulanginya.

Namun sebelum melakukannya, ada baiknya orang tua mengetahui 7 aturan menghukum anak berikut ini. Ternyata nggak boleh asal lho!

1. Mendengarkan Penjelasan Anak dan Memberitahu Kesalahannya

menghukum anak dengan bijak
verywellfamily.com

Sebelum memberikan hukuman kepada anak, ada baiknya orang tua mendengarkan penjelasan dari si kecil mengapa ia melakukan kesalahan tersebut. Hal ini penting dilakukan agar orang tua bisa menjelaskan apa yang salah dan dapat memberikan hukuman yang tepat.

Kurang bijak juga rasanya apabila kamu langsung menghukum buah hati tanpa membiarkannya mengetahui kesalahannya terlebih dahulu.

2. Jangan Lakukan Saat Emosi Memuncak

menghukum anak
popsugar.com

Aturan menghukum anak selanjutnya adalah dilarang melakukannya saat emosi sedang memuncak. Pasalnya, kondisi tersebut akan membuatmu nggak bisa berpikir jernih dan akan memberikan hukuman yang nggak sesuai.

Hal tersebut bisa saja berdampak pada psikologis anak dan membawa dampak buruk hingga dewasa lho. Selain itu, kamu pun akan menyesal telah menghukumnya saat emosi sudah mereda.

3. Hindari Menghukum di Depan Umum

hukuman untuk anak
flipboard.com

Hukuman yang tepat dan bijak dilakukan bukan dengan cara mempermalukan, merendahkan, atau bahkan membuat harga diri anak terhina.

Oleh sebab itu, hindari menghukum anak di depan umum karena akan timbul perasaan negatif yang justru nggak baik untuk perkembangannya.

Baca Juga: Panduan Mendidik Anak Menjadi Pribadi yang Baik Versi Harvard University

4. Beri Hukuman yang Sesuai dengan Kesalahannya

hukuman anak
stock.adobe.com

Aturan menghukum anak dengan bijak selanjutnya adalah dengan memberikan hukuman yang proporsional alias sesuai dengan kesalahan yang telah dilakukan.

Jangan memberikan hukuman yang terlalu sulit untuk kesalahan yang kecil, dan begitu pula sebaliknya. Selain itu, orang tua juga perlu mempertimbangkan usia buah hati sebelum menentukan hukuman.

5. Jangan Gunakan Kekerasan

aturan menghukum anak
blog.parentlane.com

Kebanyakan orang menganggap bahwa memberikan hukuman berupa bentakan dan kekerasan fisik lainnya akan efektif membuat anak jera. Padahal, hal tersebut hanya akan membuat si kecil menghindar dan berdampak buruk bagi mentalnya.

Dalam mendidik anak, orang tua memang harus tegas. Namun ingat ya, tegas bukan berarti keras.

6. Hukuman yang Mendidik

cara menghukum anak
chicagotribune.com

Selain nggak boleh menggunakan kekerasan, orang tua juga sebaiknya memberikan hukuman yang bersifat positif dan mendidik.

Kamu bisa mencoba meminta si kecil untuk menghafal perkalian, membersihkan sendiri tempat tidurnya, dan kegiatan bermanfaat lain sebagai hukuman. Kegiatan-kegiatan tersebut secara nggak langsung akan membuat sang anak menemukan nilai-nilai positif di dalamnya.

7. Memberikan Penjelasan dan Pujian

cara tepat menghukum anak
nacac.org

Setelah memahami apa yang membuatnya salah dan dihukum, anak juga harus diberikan penjelasan bahwa hal tersebut dilakukan untuk membentuknya menjadi pribadi yang lebih baik.

Selain itu, orang tua juga perlu memberikan pujian atau apresiasi setelah si kecil berhasil menjalani hukuman dan mengambil hikmah dari hal tesebut.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa aturan menghukum anak yang perlu kamu ketahui. Nggak boleh asal saja ya!

0 Comment