Qupas Beauty

7 Aturan Perawatan di Salon Selama New Normal, Catat Sebelum Berangkat!

26 June 2020, at 06:23
7 Aturan Perawatan di Salon Selama New Normal, Catat Sebelum Berangkat!

Merebaknya penularan virus Corona sempat membuat salon dan tempat perawatan kecantikan lainnya ditutup. Nah, menuju era new normal, berbagai fasilitas tersebut sudah diizinkan untuk dibuka kembali.

Protokol pencegahan virus untuk perawatan di salon pun telah disusun supaya laju penyebaran COVID-19 bisa ditekan. Buat kamu yang berencana keluar rumah dan memanjakan diri di pusat kecantikan, wajib simak informasi berikut ini sampai habis.

Sebab, Qupas akan mengulas 7 aturan perawatan di salon selama new normal supaya kamu bisa merawat diri tapi tetap terhindar dari virus Corona.

1. Pelanggan harus melakukan reservasi

Melakukan Reservasi Salon (Foto: timeout.com)
timeout.com

Dikutip dari klikdokter.com, berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, salon dan barbershop sudah bisa dibuka kembali mulai 15 Juni 2020 kemarin. Namun, kapasitasnya hanya 50% dan ini sudah mencakup pemilik usaha, pekerja, juga pelanggan.

Mengingat adanya pembatasan orang di dalam ruangan ini, pelanggan diwajibkan untuk melakukan reservasi terlebih dulu sebelum datang ke salon.

2. Konsultasi secara virtual

Konsultasi Secara Online (Foto: rapunzelofsweden.com)
rapunzelofsweden.com

Setelah melakukan reservasi, pelanggan juga diharapkan bisa konsultasi secara virtual. Jadi setelah tiba di salon, hairdresser sudah tahu apa yang diinginkan oleh pengunjung.

Cara ini bisa mengurangi kontak langsung serta durasi perawatan di salon.

3. Waktu perawatan maksimal 2 jam

Facial Wajah di Salon Kecantikan (Foto: telegraph.co.uk)
telegraph.co.uk

Dilansir dari detik.com, waktu treatment di salon juga dibatasi. Di masa new normal, pelanggan hanya bisa melakukan perawatan maksimal 120 menit.

Bila ingin melakukan bermacam-macam perawatan di salon dan membutuhkan waktu lebih dari dua jam, disarankan untuk dua kali visit atau kunjungan.

Baca juga: Hair Care Routine untuk Rambut Indah Berkilau dan Bebas dari Ketombe

4. Salon hanya melayani perawatan rambut

Jenis Perawatan Rambut di Salon (Foto: refinery29.com)
refinery29.com

Selain treatment rambut, ada juga berbagai jenis perawatan wajah dan kuku di salon. Sayangnya, fasilitas tersebut belum bisa dinikmati pelanggan untuk sementara waktu.

Maka dari itu, kamu mungkin bisa menyiasatinya dengan melakukan manikur dan pedikur sendiri di rumah. Caranya juga nggak susah kok.

5. Wajib memakai alat pelindung

Macam-macam Perawatan di Salon (Foto: bostonglobe.com)
bostonglobe.com

Untuk menjaga kesehatan bersama, karyawan yang melakukan pelayanan wajib memakai alat pelindung diri seperti masker dan face shield atau goggle mask.

Sebagai pelanggan, kamu tentunya juga wajib memakai alat pelindung. Selain itu, jangan lupa juga rajin cuci tangan dengan sabun di air mengalir selama 20 detik.

Kalau perlu, langsung mandi dan ganti baju seusai pulang melakukan berbagai jenis perawatan rambut di salon.

6. Penerapan jaga jarak

Perawatan Rambut di Salon (Foto: thereporter.com)
thereporter.com

Selain membatasi kapasitas ruangan, salon juga wajib menerapkan jaga jarak. Yaitu dengan cara memasang partisi, pembatas, dan memastikan jarak antar kursi servis minimal satu meter.

Nah, sebagai pengunjung, kamu bisa menjaga diri dengan cara memastikan untuk meminimalisir kontak fisik dengan orang-orang di sekitar.

7. Salon wajib melakukan sterilisasi

Perawatan di Salon Saat Era New Normal (Foto: amazon.com)
amazon.com

Sterilisasi meja, kursi, dan lantai dengan disinfektan jadi hal wajib sebelum salon dibuka maupun setelah ditutup. Selain itu, alat pendukung servis seperti handuk, cape, dan masih banyak lainnya, harus dicuci setelah satu kali pemakaian.

Begitu pula dengan gunting, sisir, jepit rambut, hair dryer, dan mesin EDC yang harus disterilisasi dengan produk pembersih atau alkohol 70%.

Baca juga: 5 Tren Kecantikan yang Bakal Booming Saat New Normal Mulai Berlaku

Nah, itulah beberapa aturan yang harus dipatuhi saat melakukan perawatan kecantikan di salon. Sebagai pengunjung yang cerdas, pastikan untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat ya!