7 Bahan Makanan yang Tetap Awet Tanpa Perlu Disimpan dalam Kulkas, Anak Kost Wajib Tahu!

11 July 2019, at 05:00
0
0
7 Bahan Makanan yang Tetap Awet Tanpa Perlu Disimpan dalam Kulkas, Anak Kost Wajib Tahu!

Sering kali, setelah berbelanja ke pasar atau supermarket pastinya kamu akan memasukkan bahan-bahan makanan ke dalam kulkas. Hal itu untuk menjaga kesegaran dan kenikmatan saat dimasak.

Tapi tahukah kamu kalau ada sederet bahan makanan yang nggak perlu disimpan dalam kulkas namun tetap awet?

Simak deh, tujuh bahan makanan berikut ini. Anak kosan wajib tahu nih!

1. Bawang Bombai

bawang bombay
shopify.com

Bahan makanan yang pertama adalah bawang bombay. Tahu nggak sih, kalau cara terbaik menyimpan jenis umbi lapis ini adalah dimasukkan ke dalam kantong kertas?

Barulah setelah itu disimpan dalam tempat yang sejuk. Kalau dimasukkan ke dalam kulkas justru bisa menghilangkan cita rasa dan aroma sedap bawang bombay lho.

2. Acar

acar
resepkoki.id

Kalau lagi makan martabak atau mie pangsit, nggak akan rasanya lengkap kalau nggak ada acar. Nah, makanan pelengkap ini memang dibuat melalui proses pengawetan.

Jadi, nggak heran kalau acar bisa tahan lama walau nggak dimasukkan ke dalam lemari es.

3. Selai Buah atau Kacang

selai kacang
loseyourweightagain.com

Buat sobat Qupas yang sering banget menikmati roti di pagi hari, pasti di dapur rumah atau kosan tersedia selai buah dan kacang.

Seperti yang diketahui, selai memiliki kadar zat pengawet yang cukup tinggi lho. Jadi nggak perlu ribet-ribet untuk menyimpannya dalam lemari es.

Baca juga : Biar Hemat, 8 Bahan Makanan Ini Harus Kamu Beli dalam Jumlah Banyak

4. Kentang

kentang
googleapis.com

Sama dengan cara penyimpanan bawang bombay, kentang juga bisa tetap awet walau disimpan dalam kantong kertas.

Yang penting, jangan simpan kentang di ruangan yang lembab ya!

5. Madu

menyimpan madu
bcbstwelltuned.com

Suhu dingin pada kulkas justru akan membuat tekstur madu menjadi berubah dan mengeras. Kalau sudah begitu, madu harus dipanaskan sebelum digunakan.

Agar madu tetap mencair dan enak saat dinikmati, sebaiknya simpan dalam ruangan terbuka yang kering. Tapi tetap hindari sinar matahari langsung ya!

6. Kecap

kecap indonesia
medium.com

Menyimpan kecap di dalam kulkas hanya akan mengubah teksturnya menjadi kental dan sulit dituang. Ada baiknya untuk menyimpan kecap ke dalam suhu ruangan yang berkisar 28-30 derajat celsius.

Untuk kamu yang suka membeli kecap bentuk sachet, harusnya dimasukkan ke dalam botol yang tertutup rapat. Biar lebih awet!

7. Buah Alpukat

buah alpukat
kinstacdn.com

Pasti kamu sudah tahu dong, kalau menyimpan buah alpukat dalam kulkas bisa mengubah tekstur lembut buah ini?

Sebaiknya simpan dalam laci buah maksimal 3 hari saja. Untuk menghindari terjadinya oksidasi, kamu bisa menaburi air perasan jeruk nipis.

Nah, itulah tujuh bahan makanan yang bisa tetap awet tanpa dimasukkan ke dalam kulkas. Jadi semakin banyak tahu mengetahu mengenai cara menyimpan bahan makanan yang benar.

0 Comment