7 Cara Alami untuk Mengecilkan Pori-pori, Wajah jadi Halus Mulus

02 May 2019, at 13:00
0
0
7 Cara Alami untuk Mengecilkan Pori-pori, Wajah jadi Halus Mulus

Pori-pori pada dasarnya adalah folikel rambut yang terbuka. Kondisi ini sering kali dipermasalahkan kalau tampilannya terlihat membuka lebar.

Selain skincare, kamu bisa lho mengecilkan pori-pori dengan bahan alami. Tentunya budget yang dibutuhkan pun nggak banyak.

Untuk itu, Qupas akan kasih tahu cara alami untuk mengecilkan pori-pori supaya wajahmu kembali halus mulus. Simak langsung yuk!

1. Cuka Apel

cara mengecilkan pori-pori dengan cuka apel
jillcarnahan.com

Kamu mungkin sering menemukan Alpha Hydroxy Acid atau AHA dalam produk makeup atau skincare. Kabar baiknya, senyawa yang mampu mempercepat proses regenerasi kulit ini juga dimiliki oleh cuka apel.

Dan tahukah kamu, kandungan ini juga efektif untuk memangkas tampilan pori-pori lho. Nggak perlu dicampur dengan bahan lainnya, cukup oleskan langsung dan wajah bakal terlihat mulus, juga sangat halus saat disentuh.

2. Es Batu

cara mengecilkan pori-pori wajah dengan es batu
lifealth.com

Cara alami yang paling umum dilakukan untuk mengecilkan pori-pori adalah dengan kompres es batu. Suhu dinginnya akan membuat pori menutup dengan cepat.

Cara mengecilkan pori-pori wajah dengan es batu pun mudah, yaitu tinggal bungkus bongkahan es dengan handuk lalu aplikasikan ke area yang bermasalah selama 15 menit sampai tampilannya hilang.

3. Susu

cara mengecilkan pori-pori wajah dengan cepat
farmvilledirect.com

Susu murni memiliki kandungan protein, fosfor, kalsium, kasein, vitamin, dan mineral, yang dikenal bagus untuk merawat kecantikan kulit. Salah satunya untuk menghilangkan pori-pori lebar.

Cara memanfaatkannya pun nggak kalah mudah. Cukup oleskan susu secara merata ke area muka menggunakan bantuan kapas.

4. Putih Telur

cara alami mengecilkan pori-pori dengan putih telur dan lemon
firstcrycdn.com

Cara alami untuk mengecilkan pori-pori selanjutnya adalah dengan membuat masker dari campuran putih telur dan lemon.

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam lemon dikenal memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Dengan membuat masker dari campuran lemon dengan putih telur, dipercaya bisa mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori.

Langkahnya adalah kocok putih telur dengan campuran lemon. Lalu oleskan pada wajah dan tunggu hingga mengering, setelah itu baru bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga: Manfaat Ajaib Putih Telur Bagi Kecantikan yang Mungkin Jarang Kamu Dengar

5. Pare

cara mengecilkan pori-pori
usda.gov and organicauthority.com

Selain dimasak, manfaat pare untuk wajah ternyata luar biasa. Kamu pun bisa kombinasikan sayuran ini dengan tomat dan jeruk nipis untuk meringkas tampilan pori-pori dan membuat kulit cerah bercahaya.

Caranya, campurkan ketiga bahan tersebut dan haluskan menggunakan blender. Setelah itu, aplikasikan masker pare ke seluruh wajah dan leher dan biarkan semalaman.

Keesokan paginya, bilas muka dengan air hangat. Kamu bisa lakukan ritual ini setiap hari untuk dapatkan wajah mulus dengan cepat.

6. Kentang

cara menghilangkan pori-pori dengan kentang
cutco.com

Manfaat kentang untuk kecantikan juga terhitung banyak. Untuk mengecilkan pori-pori, kamu bisa memanfaatkannya sebagai pengganti toner wajah.

Cara membuatnya, campurkan parutan kentang dan mentimun dengan takaran yang sama ke dalam botol spray. Setelah itu, tambahkan air dan toner kentang siap digunakan.

7. Pepaya

cara mnegecilkan pori-pori
shopify.com

Yang terakhir adalah cara mengecilkan pori-pori dengan pepaya. Buha ini dikenal punya kandungan enzim papain yang mampu membantu regenerasi kulit.

Selain itu, kandungan vitamin di dalamnya juga bagus untuk menutrisi wajah, mengangkat sel-sel kulit mati, sekaligus meringkas tampilan pori-pori.

Baca juga: 6 Kebiasaan Sederhana untuk Wajah Bebas Pori Menganga Lebar

Caranya, haluskan pepaya dan aplikasikan sebagai masker selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air sampai bersih.

Nah, itulah beberapa cara alami untuk mengecilkan pori-pori wajah dengan cepat. Selamat mencoba di rumah!

0 Comment