Qupas Beauty

7 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, Nggak Butuh Catok Lagi Deh

16 December 2019, at 06:00
2
7 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, Nggak Butuh Catok Lagi Deh

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan rambut lurus dan rapi. Misalnya dengan prosedur rebonding dan smoothing di salon, ataupun catokan sendiri di rumah.

Meskipun hasilnya instan, ketiga prosedur tersebut menyimpan berbagai efek samping. Untungnya, ada cara meluruskan rambut lainnya yang lebih aman, yaitu dengan bahan alami.

Untuk itu, Qupas akan bagikan 7 cara meluruskan rambut secara alami yang bisa kamu coba di rumah. Simak yuk!

1. Susu Murni

susu murni
15minmom.com

Susu murni termasuk salah satu bahan alami yang dikenal bisa membuat kulit jadi lebih cerah. Selain itu, minuman yang baik untuk kesehatan ini juga efektif dalam meluruskan rambut lho.

Caranya, campurkan satu gelas susu murni dengan setengah cangkir air. Kemudian, oleskan larutan tersebut ke seluruh rambut hingga bagian kulit kepala.

Diamkan selama satu jam lalu sisir secara perlahan. Setelah itu, bilas dengan cara keramas memakai shampo hingga bersih. Lakukan perawatan ini seminggu sekali supaya hasilnya bisa cepat dilihat.

2. Santan dan Jeruk Nipis

santan kelapa
elavegan.com

Cara meluruskan rambut keriting tanpa rebonding ini sangat ekonomis. Kamu juga bisa mendapatkan bonus, karena rambutmu bakal terasa lebih lembut.

Siapkan saja satu gelas santan kelapa kemudian campur dengan dua sendok makan perasan jeruk nipis. Setelah itu, dinginkan dulu di dalam kulkas selama kurang lebih dua jam hingga mengental.

Kalau sudah, kamu bisa membalurkannya ke rambut secara merata kemudian bungkus dengan shower cap sampai kering. Sebagai langkah terakhir, bilas rambutmu dengan air.

3. Seledri

seledri
earth.com

Cara alami meluruskan rambut bergelombang selanjutnya adalah dengan seledri. Langkahnya pun mudah, kamu bisa haluskan sayuran ini memakai blender.

Kemudian oleskan seledri yang sudah menjadi pasta ke seluruh rambut hingga kulit kepala. Kalau sudah selesai, bungkus dengan shower cap dan biarkan semalaman.

Keesokan paginya, bilas dengan shampo sampai bersih.

Baca juga: Supaya Rambutmu Makin Indah, Ini 6 Cara Detox Kulit Kepala yang Mudah Dilakukan di Rumah

4. Pisang dan Madu

pisang dan madu
wellplated.com

Punya pisang dan madu di rumah? Manfaatkan saja keduanya sebagai bahan untuk membuat masker rambut alami.

Caranya, campurkan pisang yang sudah haluskan dengan madu lalu aplikasikan ke rambut sebagai masker. Diamkan selama satu jam kemudian bilas sampai bersih.

5. Pepaya

pepaya
toiimg.com

Pepaya punya kandungan mineral yang sangat efektif untuk meluruskan rambut. Kalau tertarik mencoba metode ini, kamu tinggal haluskan buahnya lalu beri tambahan sedikit madu.

Kemudian oleskan masker pepaya ke seluruh rambut dan diamkan selama satu jam. Kalau sudah, bilas dengan shampo hingga bersih.

6. Minyak Zaitun dan Telur

minyak zaitun
cloudinary.com

Selain dikenal bisa melembutkan rambut, minyak zaitun juga efektif untuk meluruskan rambut. Caranya, kamu tinggal mengombinasikan satu sendok makan olive oil dengan dua butir telur yang sudah dikocok.

Setelah itu, oleskan ke seluruh rambut dan diamkan selama dua jam. Kalau sudah, bersihkan dengan cara keramas seperti biasanya. Lakukan perawatan ini minimal seminggu sekali supaya hasilnya bisa cepat terlihat.

7. Lidah Buaya

lidah buaya
ayurvedagyan.com

Selain jadi sumber nutrisi yang baik bagi rambut, lidah buaya juga banyak dipilih sebagai cara meluruskan rambut pria ataupun wanita. Apalagi, cara penggunaannya sangat mudah.

Kamu tinggal ambil gel lidah buaya lalu rebus sampai mencair. Tunggu hingga dingin, kemudian oleskan ke rambut dan kulit kepala.

Diamkan cairan lidah buaya tersebut selama satu jam sampai benar-benar meresap. Setelah itu, kamu bisa membilasnya dengan shampo hingga bersih.

Baca juga: Asap Rokok dan 4 Hal Sepele yang Bikin Rambut Beruban di Usia Muda

Nah, itulah 7 cara meluruskan rambut secara alami yang bisa langsung kamu coba di rumah. Selain minim efek samping, bahan-bahan tersebut juga bikin rambutmu makin sehat lho.