7 Cara Mencegah Kulit Biar Nggak Dehidrasi Selama Bulan Puasa

08 May 2019, at 18:00
1
0
7 Cara Mencegah Kulit Biar Nggak Dehidrasi Selama Bulan Puasa

Saat berpuasa, kesempatan untuk menghidrasi tubuh jadi berkurang. Salah satu akibatnya, kulit jadi cepat kering bahkan dehidrasi.

Tapi jangan panik dulu, Qupas sudah punya 7 cara mencegah kulit biar nggak dehidrasi selama kamu berpuasa. Yuk langsung simak tips nya berikut ini!

1. Pakai hydrating skincare

mencegah kulit dehidrasi dengan hydrating skincare
instagram.com/neutrogena

Selama bulan puasa, kamu butuh produk yang punya fungsi lebih dari sekedar melembabkan. Tapi mampu menghidrasi kulit secara maksimal.

Hydrating skincare sangat penting karena memiliki fungsi untuk menghidrasi alias meningkatkan kadar air di dalam kulit. Biasanya, kandungannya terdiri dari aloe vera, propylene glycol, glycerin, dan hyaluronic acid.

2. Jangan lupa bawa facemist

cegah kulit dehidrasi dengan face mist
instagram.com/3ce_official

Face mist adalah produk yang paling ampuh dan praktis untuk melembabkan kulit. Untuk itu, keberadaannya tentu nggak boleh absen saat bulan puasa.

Kamu pun bisa menemukan produk face mist lokal maupun impor dengan mudah. Pastikan saja pilih yang memiliki kandungan hydrating.

3. Cuci muka dengan air hangat

cegah kulit dehidrasi dengan cuci muka pakai air hangat
allure.com

Ketika mencuci muka, baiknya hindari air yang terlalu dingin atau panas. Karena keduanya bisa menghilangkan minyak alami pada wajah dan membuat kulit jadi terlalu kering.

Baiknya pakai air hangat karena bisa membersihkan kotoran hingga tuntas bahkan yang menyumbat pori-pori sekalipun. Selain itu, jangan mencuci muka terlalu sering, cukup dua kali sehari dan pakai produk yang paling sesuai dengan jenis kulitmu.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Kiat Merawat Wajah yang Tepat untuk Kulit Kering

4. Pakai sheet mask

cegaj kulit dehidrasi dengan sheet mask
instagram.com/neutrogena

Selama bulan puasa, pemakaian sheet mask di malam hari bisa jadi cara jitu untuk mencegah kulit dehidrasi. Efek dari konsentrasi bahan aktifnya yang tinggi, bahkan bisa kamu rasakan selama berhari-hari.

Selain lembab, wajahmu akan lebih lembut dan segar seketika. Supaya hasilnya memuaskan, gunakan sebanyak 2-3 kali seminggu dan pilihlah sheet mask terbaik yang mengandung buah-buahan atau aloe vera.

5. Coba face oil

cegah kulit dehidrasi dengan face oil
instagram.com/haple.id

Face oil termasuk salah satu skincare yang paling banyak dicari wanita dalam dua tahun terakhir. Terbuat dari bahan alami dengan konsentrasi tinggi, khasiatnya pun beragam sesuai dengan bahan utamanya.

Kabar baiknya, saat ini face oil lokal pun nggak kalah eksis dari produk impor lho. Untuk mencegah kulit dehidrasi, avocado oil bisa jadi salah satu pilihan yang tepat.

6. Konsumsi antioksidan dan omega 3

cara mengatasi kulit dehidrasi
purelyinspired.com

Selain perawatan dengan skincare, kamu tentunya juga harus mencegah kulit dehidrasi dari dalam. Yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan omega 3 saat berbuka dan sahur.

Blueberry, tomat, wortel, dan kacang-kacangan adalah makanan yang kaya akan antioksidan dan mampu meninimalisir kerusakan sel agar kulit terlihat lebih sehat dan segar.

Sedangkan untuk makanan yang mengandung asam lemak omega 3 bisa kamu dapatkan dari ikan tuna, salmon, telur ayam, daging sapi, serta beberapa sayuran hijau seperti bayam dan kangkung.

7. Hindari kafein

hindari kafein untuk mencegah kulit dehidrasi
firstcrycdn.com

Es teh memang nikmat untuk berbuka puasa. Tapi tahukah kamu, kafein dalam teh juga kopi bersifat diuretik dan bisa mengurangi kadar air pada tubuh.

Jadi, usahakan jangan terlalu sering berbuka ataupun sahur dengan minum teh. Kalau kulitmu sudah terasa kering, baiknya memilih minuman lainnya yang menyehatkan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kulit dehidrasi selama bulan puasa. Selamat mencoba!

0 Comment