7 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami, Semua Bahannya Dijual di Pasar

17 August 2018, at 08:00
0
0
7 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami, Semua Bahannya Dijual di Pasar

Cara menghilangkan komedo secara alami bisa banget kamu lakukan di rumah. Nggak perlu keluarkan banyak biaya, cukup gunakan beberapa cara sederhana menggunakan bahan-bahan alami yang dijual di pasaran pun bisa. Selain dapatkan kulit cantik berseri, kandungan bahan alaminya tentu nggak menyebabkan resiko berbahaya.

Siapa sih yang nggak pengen punya kulit cantik mulus bebas komedo? Apalagi, komedo bisa membuat penampilanmu kurang maksimal. Bahkan, ada pula yang sangat terganggu dengan masalah kulit yang biasanya ada di sekitar hidung hingga dagu ini.

Nah, dengan beberapa bahan alami yang tentu bisa kamu dapatkan di pasar ini bisa kok usir komedo di wajah. Penasaran, kan? Yuk, simak beberapa bahan alami berikut yang Qupas rekomendasikan buat kamu.

Baca juga: Biar Nggak Dikira Zombie, Begini Cara Punya Pipi Merona Alami

1. Menggunakan Jeruk Nipis

jeruk-nipis-qupas-1
vebma.com

Cara pertama untuk mengusir komedo adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis ini yang bisa membantu menghilangkan komedomu, baik dari dalam maupun dari luar. Nah, karena kandungan itu pula lah yang membuat jeruk nipis digunakan oleh banyak produsen sebagai bahan baku kosmetik.

jeruk-nipis-qupas-2
adorebeauty.com.au

Cukup menggunakan air perasaran jeruk nipis, komedomu bisa menghilang, lho. Oleskan saja perasan jeruk nipis itu pada daerah wajah, terutama area yang berkomedo. Lakukan pemijatan secara lembut pada area yang berkomedo. Tujuannya, untuk memudahkan komedo terangkat dari pori-pori. 

Setelah mengaplikasikan jeruk nipis pada wajah, diamkan saja selama 15 sampai 20 menit. Selanjutnya, kamu bisa membilas air perasan jeruk nipis yang sudah mengering itu menggunakan air hangat. Selamat mencoba!

2. Menggunakan Gel Lidah Buaya

lidah-buaya-qupas-1
alluringsoul.com

Sudah jadi rahasia umum kalau lidah buaya punya banyak manfaat bagi tubuh, termasuk wajahmu. Ternyata, lidah buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo di wajahmu, lho. Buat kamu yang nggak percaya diri karena komedo, tentu cara ini bisa kamu coba.

lidah-buaya-qupas-2
hayatouki.com

Caranya mudah, cukup mengupas lidah buaya dan ambil daging buahnya. Daging buah lidah buaya ini yang bisa digunakan untuk dipaplikasikan dengna cara mengoleskannya pada wajah. Jangan lupa, pijatan di wajah terutama di area yang berkomedo juga sangat penting. Setelah mendiamkannya selama 25-30 menit, bilas wajah menggunakan air hangat. Gampang, kan?

3. Menggunakan Bubuk Kayu Manis

bubuk-kayu-manis-qupas-1
healthyrahe.com

Cara menghilangkan komedo secara alami bisa juga dengan menggunakan kayu manis, lho. Nggak hanya bermanfaat di dapur atau kesehatan, ternyata kayu manis ini juga bisa buat kulitmu mulus. Kamu pun nggak perlu jauh- jauh untuk mencarinya karena kayu manis pasti dijual di pasar.

Untuk prakteknya, kamu bisa siapkan satu sampai dua sendok makan bubuk kayu manis dan air perasan lemon atau jeruk nipis. Campurkan semua bahan itu, lalu tambahkan pula dengan madu hingga menjadi seperti pasta. Kalau sudah, kamu bisa aplikasikan pasca kayu manis pada bagian yang berkomedo. Tunggu sekitar 20 menit, maka sebagian besar komedomu langsung terangkat.

bubuk-kayu-manis-qupas-2
beautynesia.id

Kalau mau hasilnya maksimal, tentu kamu harus melakukannya secara rutin, sahabat Qupas. Penggunaan pasta tiga sampai empat kali dalam seminggu bisa banget usir komedomu. Tenang saja, penggunaan pasta bubuk kayu manis ini bisa kok dipakai pada setiap jenis kulit, baik berminyak, normal ataupun kering.

4. Menggunakan Bubuk Kunyit

bubuk-kunyit-qupas-1
yourbeautychronicles.com

Kunyit bisa jadi salah satu alternatif untuk usir komedomu, lho. Ternyata, kunyit punya sifat antimikroba yang menghilangkan bakteri yang melekat di pori-pori kulit. Nggak hanya itu, sifat anti-inflamasi dan kandungan antioksidan kunyit juga bisa membuat kulit wajahmu jadi bersih, terutama dari komedo yang membandel.

bubuk-kunyit-qupas-2
divalikes.com

Caranya mudah, cukup campurkan satu sendok makan bubuk kunyit, kemudian campurkan dengan dua sendok makan jus mint segar hingga menjadi pasta. Selanjutnya, kamu bisa oleskan pasta campuran kedua bahan itu pada bagian yang berkomedo dan biarkan selama 10-15 menit. Terakhir, bilas saja dengan air suam-suam kuku, maka kamu akan mendapatkan hasil yang menakjubkan.

Baca juga: 5 Toner Alami yang Bisa Mempercantik Wajahmu Tanpa Efek Samping

5. Menggunakan Buah Tomat

masker-tomat-qupas-1
wartawanita.com

Cara sederhana lain untuk menghilangkan komedo dari wajahmu adalah dengan menggunakan buah tomat. Kandungan vitamin C dalam buah tomat sangat bermanfaat untuk menutrisi kulit wajahmu. Sementara kandungan vitamin E sanggup untuk mengangkat sel kulit mati dan menutup pori-pori kuit sehingga produksi minyak bisa ditekan. Tentunya, komedomu juga bisa dicegah untuk muncul.

masker-tomat-qupas-2
news-journal.com

Buah tomat yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan minyak zaitun bisa adalah cara untuk mengusir dan mencegah komedo. Oleskan masker tomat dan tunggulah sampai mengering. Selanjutnya, pastikan kamu membilasnya dengan air bersih, ya!

6. Menggunakan Buah Stroberi

masker-stroberi-qupas-1
popshopamerica.com

Nggak hanya segar saat dikonsumsi, buah stroberi juga punya manfaat untuk mengatasi masalah kulit wajah, termasuk komedo. Sifat alkalinitas pada buah ini ternyata bisa membersihkan pori-pori yang tersumbat, termasuk penyebab komedo. Selain itu, buah stroberi juga merupakan bahan eksfoliasi yang baik untuk kulit, lho.

masker-stroberi-qupas-2
theviewmag.com

Cukup campurkan buah stroberi segar yang telah dihancurkan, setengah sendok teh madu dan setengah sendok teh air perasan jeruk nipis sampai jadi pasta kasar. Selanjutnya, aplikasikan campuran bahan-bahan itu pada wajah dan diamkan hingga 15-20 menit. Kalau sudah mengering, bilaslah menggunakan air dingin. Selamat mencoba!

7. Menggunakan Bubuk Kopi

kopi-qupas-1
vecer.mk

Kopi yang sudah populer di dunia tentu bisa didapatkan di banyak tempat, termasuk pasar. Nggak hanya enak untuk dikonsumsi, kopi ternyata bisa banget bikin ulitmu mulus, terutama dari komedo. Saat dicampur dengan gula, kopi ternyata bisa jadi scrub alami, lho. Nah, tentu hal ini bisa jadi cara untuk usir komedo dari wajahmu.

kopi-qupas-2
dconheels.com

Caranya gampang, cukup larutkan dua sendok makan kopi ke dalam air secukupnya smapai jadi pasta. Campurkan juga dengan gula agar hasilnya bisa maksimal. Selanjutnya, kamu bisa aplikasikan pasta campuran kedua bahan itu pada area yang berkomedo. Kalau sudah mengering, jangan lupa bilas dengan air bersih sambil memijatnya perlahan, ya!

Itu adalah beberapa cara menghilangkan komedo secara alami menggunakan bahan-bahan yang dijual di pasaran. Nggak perlu ribet dan tentunya lebih hemat, cara-cara ini recommended banget buat kamu yang malas perawatan di salon. So, jangan tunda lagi untuk dapatkan wajah cantikmu, ya!

0 Comment