7 Cara Mudah Membangun Kepercayaan Diri Anak Sejak Dini

09 August 2019, at 02:00
0
0
7 Cara Mudah Membangun Kepercayaan Diri Anak Sejak Dini

Membangun kepercayaan diri anak merupakan hal yang sangat penting, sehingga harus dilakukan sejak dini oleh orang tua.

Kepercayaan diri akan membantu anak dalam setiap tahap hidupnya untuk meraih kesuksesan. Selain itu, buah hati juga akan cenderung lebih mandiri apabila memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Untuk membangun sifat tersebut, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh orang tua seperti di bawah ini.

Baca Juga: Meskipun Sederhana, Hal Ini Jadi Pemicu Utama Anak Merasa Bahagia Lho Bunda

1. Izinkan Anak Mencoba

membiarkan anak mencoba
timewellspent.today

Salah satu hal yang bisa dilakukan orang tua untuk membangun rasa percaya diri anak adalah dengan membiarkan si kecil mencoba.

Beberapa orang tua mungkin merasa khawatir dan nggak mengizinkan anaknya untuk mencoba hal-hal baru. Padahal, hal tersebut sangat baik untuk perkembangannya. Mulailah dari hal-hal kecil seperti mengikat sepatu atau memakai kaos kaki sendiri.

2. Ajak Anak untuk Membuat Pilihan Sendiri

ajak anak membuat pilihan
verywellfamily.com

Kepercayaan diri pada anak juga dapat dibentuk sejak kecil apabila orang tua terbiasa mengajak anak untuk membuat pilihan sendiri dalam hal-hal sepele.

Misalnya, buah hati harus memiliki satu dari dua mainan yang ingin dibeli, atau makanan yang ingin dimakan, dan lain sebagainya. Jika terbiasa, anak akan lebih mudah dalam menentukan atau membuat pilihan yang lebih sulit kedepannya.

3. Berikan Tanggung Jawab

berikan tanggung jawab
rock-cafe.info

Selain mengizinkan mencoba dan mengajak anak membuat pilihan, orang tua juga dapat memberikan tanggung jawab kepada anak untuk beberapa pekerjaan rumah yang ringan.

Kegiatan seperti mencuci piring dan menyapu rumah secara nggak langsung dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah.

Baca Juga: Mengkritik Anak Berlebihan, Dampak Buruknya Serang Perkembangan Mental!

4. Apresiasi Kelebihannya

apresiasi kelebihan
parenttoolkit.com

Ada baiknya apabila orang tua nggak membandingkan anak dengan orang lain. Pasalnya, hal tersebut akan membuat si kecil merasa minder dan tertekan.

Setiap anak lahir dengan istimewa, membawa kelebihan dan kekurang masing-masing. Oleh sebab itu, berikanlah apresiasi dan dukungan pada bakatnya agar dapat terus berkembang.

5. Berikan Pujian yang Wajar

berikan pujian
istockphoto.com

Orang tua juga perlu memberikan pujian yang wajar dan nggak terlalu berlebihan pada anak. Lakukan hal tersebut dengan mengatakan hal-hal yang logis agar anak terbiasa dengan kenyataan yang ada.

Daripada mengatakan bahwa buah hati merupakan anak terpintar di dunia saat ia menjadi juara kelas, lebih baik mengatakan kebahagiaanmu atas prestasinya dan tekankan bahwa ia telah membuktikan kerja kerasnya membuahkan sesuatu yang manis.

6. Lakukan Aktivitas Bersama

lakukan kegiatan bersama
rainydaymum.co.uk

Meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas bersama anak juga bisa membentuk rasa percaya dirinya lho. Hal-hal kecil seperti jalan-jalan atau membuat kue bersama akan membuat si kecil lebih leluasa untuk bercerita.

Secara nggak langsung, anak akan terlatih menjadi terbuka dan hal tersebut bisa membuatnya lebih percaya diri.

7. Berikan Pengertian Bahwa Kegagalan Bukanlah Akhir

memberikan pengertian
istockphoto.com

Apabila anak mengalami kegagalan, entah dalam sebuah kompetisi atau lain sebagainya, jangan menyudutkannya! Orang tua harus memberikan pengertian bahwa hal tersebut bukanlah akhir dari segala hal.

Berikan motivasi dan dukungan bagi si kecil untuk mencoba lagi dan melakukan hal yang lebih baik sehingga kepercayaan dirinya semakin kuat.

Jadi Sobat Qupas, 7 hal di atas dapat kamu lakukan untuk membentuk kepercayaan diri pada buah hati sejak dini. Nggak terlalu sulit kan?

0 Comment