Qupas Family

7 Fakta Anak Pertama Menurut Penelitian, Si Sulung Juga Begini Nggak Bunda?

31 January 2020, at 10:00
7 Fakta Anak Pertama Menurut Penelitian, Si Sulung Juga Begini Nggak Bunda?

Mengetahui karakter anak merupakan keinginan sebagian besar orang tua. Nggak hanya melalui zodiak dan golongan darah, sifat si kecil juga bisa diprediksi melalui urutan kelahirannya lho.

Sebuah studi ekstensif yang dilakukan oleh para ilmuawan di Inggris mengungkapkan hal tersebut. Menurut penelitian, berikut ini beberapa fakta anak pertama yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Dilahirkan untuk Belajar

Anak Pertama (Foto: 123rf.com)
123rf.com

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Research Personality pada tahun 2013, anak pertama disebut sebagai anak yang dilahirkan untuk belajar.

Para peneliti dari Ghent University menemukan bahwa anak pertama lebih ingin belajar dan menguasai banyak hal. Berbeda dari itu, anak kedua lebih ingin menang.

Selain itu, penelitian juga membuktikan bahwa anak pertama cenderung memiliki karir yang berorientasi akademik apabila dibandingkan dengan adiknya.

2. Terlahir Cerdas dan Sosok Pemimpin yang Baik

Fakta Anak Pertama (Foto: shutterstock.com)
shutterstock.com

Selain dilahirkan untuk belajar, fakta anak pertama yang lainnya adalah cenderung terlahir cerdas yang dibuktikan dengan IQ.

Selain itu, sebuah penelitian dari University of Georgia menemukan bahwa anak pertama biasanya cenderung memegang peran kepemimpinan.

3. Cenderung Bossy

Fakta Ilmiah Anak Pertama (Foto: njfamily.com)
njfamily.com

Tahu nggak sih, anak pertama yang berjenis kelamin perempuan cenderung bossy atau suka memerintah.

Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah riset yang dilakukan oleh Southern California Child Study Center. Mereka menemukan bahwa sikap memerintah menjadi lazim pada anak tertua, terutama perempuan.

Baca juga: 5 Cara Mendidik Anak Tunggal Supaya Mandiri dan Nggak Manja

4. Dididk Lebih Tegas

Fakta Tentang Anak Pertama (Foto: shutterstock.com)
shutterstock.com

Fakta anak pertama selanjutnya adalah mendapatkan didikan yang lebih tegas oleh orang tuanya. Hal tersebut ditemukan oleh para pakar dari Duke University dan Wasington University saat membahas tentang peraturan dan urutan kelahiran anak.

Anak pertama cenderung tunduk pada aturan ketat dan pengawasan orang tua. Selain itu, konsekuensi yang didapatkan oleh si sulung juga biasanya lebih berat dibandingkan adiknya.

5. Lebih Mandiri

Anak Pertama Lebih Mandiri (Foto: 123rf.com)
123rf.com

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Child Development menemukan bahwa anak pertama biasanya lebih bisa menyesuaikan diri karena memiliki sifat yang lebih berani.

Selain itu, memiliki adik membuat orang tua biasanya membuat si sulung mau nggak mau harus belajar untuk melakukan berbagai hal sendiri. Hal tersebutlah yang membuatnya menjadi pribadi yang mandiri.

6. Mendapatkan Waktu Berkualitas dengan Orang Tua Lebih Lama

​​​​​​​Sifat Anak Pertama (Foto: 123rf.com)
123rf.com

Meskipun lebih mandiri, bukan berarti anak pertama nggak mendapatkan banyak kasih sayang dari orang tuanya. Faktanya, si sulung justru memiliki waktu berkualitas yang lebih lama lho.

Para peneliti dari Cornell University menemukan bahwa anak pertama menerima 20 sampai 30 menit waktu berkualitas lebih lama dibandingkan anak kedua (dibandingkan dengan usia anak dan keluarga yang sama).

Baca juga: Anak Kedua Lebih Sulit Diatur Dibandingkan Anak Pertama, Mitos atau Fakta ya Bunda?

7. Lebih Berisiko Kurus Atau Terkena Diabetes

Kepribadian Anak Pertama (Foto: pixabay.com)
pixabay.com

Kamu mungkin belum tahu, anak pertama ternyata memiliki kecenderungan untuk menjadi lebih kurus atau terkena diabetes lho.

Studi yang diterbitkan dalam Endocrine Society’s Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menemukan bahwa anak yang lahir pertama lebih sulit menyerap gula ke dalam tubuh dan memiliki tekanan darah lebih tinggi dibandingkan adik-adiknya.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa fakta ilmiah anak pertama yang perlu kamu ketahui. Si sulung begitu juga nggak?