7 Fakta Tahu Sumedang, Camilan Tradisional yang Siap Go Internasional

29 June 2019, at 05:00
0
0
7 Fakta Tahu Sumedang, Camilan Tradisional yang Siap Go Internasional

Tahu Sumedang nggak asing lagi di telinga kita ya, sobat Qupas. Biasanya dijual di pinggir jalan dengan anyaman bambu dan kertas cokelat sebagai alas. Lebih enak disajikan saat masih hangat, apalagi ditambah cabai rawit hijau.

Terkait soal itu, tahu nggak sih kalau tahu Sumedang sudah ada sejak 2000 tahun lalu? Selain itu, beberapa fakta tentang camilan tradisional ini pasti bikin kamu kaget!

1. Asal Usul Tahu Sumedang

tahu sumedang
resepkoki.id

Camilan tradisional ini sudah ada sejak 2000 tahun yang lalu lho. Tahu berasal dari bahasa Hokkian yang berarti kedelai yang sudah difermentasi.

Yang menemukan makanan ini adalah cucu Kaisar Han Gaozu sekitar 2200 tahun lalu. Lalu, tahu Sumedang dikenalkan oleh imigran China melalui pelabuhan Cirebon awal tahun 1990-an.

2. Pabrik Tahu Ong Kino

fakta tahu sumedang
instagram.com/imaginebybem

Awalnya, tahu Sumedang dibuat di sebuah pabrik tahu Ong Kino yang kemudian diturunkan dan dikelolah oleh sang anak, Ong Bungkeng saat tahun 1917.

Diolah dengan campuran air cuka yang asam dan digoreng gurih dan garing dipinggirnya. Paling enak kalau dimakan saat masih panas.

3. Seorang Pangeran Pernah Makan Tahu Sumedang

fakta tahu sumedang
picdeer.com/tahusmdrenyah.lampung

Eksistensi tahu Sumedang karena rasanya yang enak dan gurih sudah nggak perlu lagi diragukan. Kenikmatan inilah yang kemudian terdengar hingga ke telinga Pangeran Mekkah, Bupati di masa Pemerintahan Belanda yang memerintah dari tahun 1882 sampai 1919 Masehi.

Saat perjalanannya menuju daerah Situraya, Pangeran mampir ke kedai Ong Bungkeng dan mengatakan bahwa rasa dari tahu ini memang enak sekali.

Baca juga : 6 Resep Tahu Istimewa biar Hemat di Akhir Bulan

4. Dimulai dengan Mempekerjakan 3 Pegawai

tahu sumedang enak
zomato.com

Awalnya, kedai tahu Bungkeng hanya mempekerjakan tiga orang pegawai saja lho. Seiring dengan berjalannya waktu, kedai tahu semakin berkebang dan meluas ke daerah lainnya.

Hingga kini, tahu Sumedang menjadi oleh-oleh khas Jawa Barat yang sering kali dicari orang. Itu pasti karena rasanya yang enak ya!

5. Kandungan Nutrisi yang Banyak

fakta enak tahu sumedang
zomato.com

Bukan hanya rasanya yang enak, tapi tahu Sumedang memiliki kandungan gizi yang cukup dibutuhkn oleh tubuh lho.

Seperti kandungan protein dan kalsium pada olahan kedelai yang digunakan untuk bahan dasar pembuatan tahu. Cocok banget buat jadi camilan sehat bareng keluarga.

6. Kebutuhan Tahu di Indonesia

tahu enak di indonesia
gramha.net/profile/badriahyankie

Menurut data sensus Badan Pusat Statistik pada tahun 2002, tingkat konsumsi tahu masyarakat Indonesia cukup tinggi lho.

Untuk masyarakat yang hidup di perkotaan jumlah konsumsi tahu mencapai 18,6 kg per kapita per tahun. Kalau masyarakat pedesaan mencapai 13,9 kg per kapita per tahun.

7. Tahu Sumedang Siap Mendunia

tahu sumedang enak
pictame.com/seleramode

Seperti yang dilansir dari Jawapos pada 25 April 2017 yang lalu, Ketua MPR, Zulkifli Hasan siap mendorong tahu Sumedang menjadi kuliner dunia.

Hal itu bisa saja terjadi, karena tahu Sumedang sudah bisa bertahan hampir 100 tahun lamanya di Indonesia dan juga perlunya dukungan penuh untuk menumbuhkan kembali usaha tahu di Indonesia.

Gimana sobat Qupas sekarang tahu kan, fakta tahu Sumedang apa saja yang kamu ketahui? Nah yuk sekarang beli tahu Sumedangnya, biar nggak ngiler terus.

0 Comment