Qupas Weekend

7 Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa Ini Bisa Mengubah Pola Pandangmu

17 September 2020, at 08:23
7 Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa Ini Bisa Mengubah Pola Pandangmu

Beberapa hari terakhir, film dokumenter terbaru berjudul “The Social Dilemma” ramai dibicarakan. Pasalnya, garapan Jeff Orlowski tersebut menunjukkan bagaimana algoritma media sosial memanipulasi penggunanya. Hal tersebut juga didukung oleh penuturan langsung dari para kreatornya sendiri.

“The Social Dilemma” tayang perdana di Sundance Film Festival sekitar bulan Januari 2020 lalu. Namun, Netflix baru merilisnya secara global pada tanggal 9 September lalu. Kamu sudah nonton?

Selain “The Social Dilemma”, berikut ini beberapa film dokumenter terbaik dunia versi Qupas yang bisa mengubah pola pandangmu terhadap dunia. Kira-kira apa saja sih?

1. Minimalism: A Documentary About the Important Things (2015)

Rekomendasi Film Dokumenter Terbaik (Foto: imdb.com)
imdb.com

“Minimalism: A Documentary About the Important Things” jadi salah satu film dokumenter terbaik yang wajib kamu tonton. Seperti judulnya, film yang diarahkan oleh Matt D’Avella ini menggambarkan bagaimana gaya hidup minimalis dapat berdampak pada berbagai aspek kehidupan, termasuk kebahagiaan.

Selama 1 jam 19 menit, penonton akan diajak untuk mengikuti perjalanan dua pendiri gerakan The Minimalist, Joshua Fields Millburn dan Ryan Nicodemus, dalam tur buku mereka di seluruh Amerika Serikat. Keduanya menunjukkan bahwa minimalisme adalah gaya hidup yang keren.

Minimalisme mendorong seseorang untuk mengurangi konsumsi sehingga segala sesuatu yang ada di kehidupan menjadi lebih jelas dan sederhana.

2. The True Cost (2015)

Rekomendasi Film Dokumenter (Foto: imdb.com)
imdb.com

Meskipun nggak secara langsung, sebenarnya “The True Cost” juga mendorong seseorang untuk hidup dengan minimalis lho! Film keren ini mengulas segala sesuatu tentang fast-fashion.

“The True Cost” mengisahkan nasib buruk para buruh yang bekerja di balik industri fast-fashion. Nggak hanya mengekspos upah minim para pekerja, film ini juga menunjukkan bagaimana produksi baju-baju yang umumnya dibanderol murah tersebut berdampak negatif bagi kesehatan dan lingkungan.

Film karya Andrew Morgan ini diharapkan bisa membuatmu berpikir ulang saat ingin membeli pakaian.

3. Blackfish (2013)

Film Dokumenter Tentang Alam (Foto: imdb.com)
imdb.com

“Blackfish” bercerita tentang seekor paus Orca bernama Tilikum yang menjadi “tahanan” di taman hiburan SeaWorld Orlando. Ia menjadi sangat terkenal karena pernah menewaskan tiga orang, termasuk sang pelatih pada tahun 2010.

Film ini mempertanyakan kebijakan SeaWorld yang mengeksploitasi Tilikum untuk melakukan atraksi. Padahal, para ahli mengatakan bahwa paus Orca tersebut mengalami stres karena nggak hidup di alam bebas sehingga membunuh orang-orang di sekitarnya.

Kalau sudah nonton salah satu film dokumenter terbaik tentang hewan ini, mungkin kamu nggak akan mau lagi menginjakkan kaki di tempat hiburan yang menggunakan hewan sebagai daya tariknya.

Baca juga: Selain 'The Great Hack', ini 5 Film Dokumenter Netflix Terbaru yang Wajib Ditonton

4. The Act of Killing (2012)

Film Dokumenter Indonesia (Foto: imdb.com)
imdb.com

Joshua Oppenheimer menggambarkan kisah pilu tentang pembantaian massal yang terjadi di Medan pada tahun 1965. Film dokumenter Indonesia ini berhasil meraih berbagai penghargaan dan bahkan masuk dalam nominasi Oscar 2014 lho!

“The Act of Killing” atau “Jagal” bercerita tentang kehidupan preman bernama Anwar Congo yang menjadi pemimpin pembunuh saat pemerintahan Soekarno diambil alih oleh militer. Anwar dan teman-temannya membantu militer untuk membasmi lebih dari satu juta orang yang diduga komunis, etnis Cina, atau kaum intelek.

Sebuah kisah sejarah yang masih sulit diakui dan ditonton oleh masyarakat Indonesia sendiri!

5. Man on Wire (2008)

Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa (Foto: imdb.com)
imdb.com

Menggabungkan video asli dan reka ulang dari peristiwa bersejarah, “Man on Wire” dianggap sebagai salah satu film dokumenter terbaik sepanjang masa. Sayang banget deh kalau kamu nggak nonton!

Karya sutradara James Marsh ini menunjukkan aksi gila Philippe Petit pada tahun 1974 ketika ia menyeberangi gedung kembar World Trade Center hanya dengan seutas kawat. Film ini mengupas tuntas tentang bagaimana sang seniman Prancis melakukan tindakan kriminal yang menghebohkan itu.

6. Earthlings (2005)

Rekomendasi Film Dokumenter Tentang di Dunia (Foto: imdb.com)
imdb.com

“Earthlings” merupakan film dokumenter terbaik yang menunjukkan eksploitasi hewan dan tumbuhan di balik perusahaan-perusahaan besar.

Karya Shaun Monson yang dinarasikan oleh aktor Joaquin Phoenix ini menampilkan gambar-gambar mengenaskan yang menunjukkan penderitaan makhluk hidup. Footage tersebut didapatkan dari kamera tersembunyi di perusahaan produsen makanan, pakaian, atau bahkan ilmu pengetahuan.

Baca juga: 5 Film Dokumenter Netflix Tentang Kesehatan yang Wajib Kamu Tonton Saat Pandemi

8. Paris Is Burning (1990)

Rekomendasi Film Dokumenter Sejarah (Foto: imdb.com)
imdb.com

Dibuat pada akhir tahun 1980-an, “Paris Is Burning” karya Jennie Livingston mengangkat kisah tentang ball culture di New York serta komunitas Afrika-Amerika, Latino, dan LGBTQ yang terlibat di dalamnya.

Mengupas budaya yang sudah lama dirahasiakan, film ini menjadi salah satufilm dokumenter tersukses secara komersial pada tahun 1990-an lho!

Selain judul-judul di atas, beberapa film dokumenter terbaik seperti “Amy” (2015), “Icarus” (2017), “Catfish” (2010), “Inside Job” (2010), dan masih banyak lagi juga nggak boleh kamu lewatkan.