7 Film Indonesia Bertema Wanita Inspiratif yang Pas Ditonton di Hari Kartini

21 April 2019, at 20:00
0
0
7 Film Indonesia Bertema Wanita Inspiratif yang Pas Ditonton di Hari Kartini

Berkat jasa Raden Ajeng Kartini sejak 140 tahun lalu, wanita Indonesia masa kini bisa menjadi apa saja dan nggak lagi menghadapi persoalan dikotomi.

Nah, bertepatan dengan Hari Kartini yang jatuh pada hari ini, Qupas sudah merangkum deretan film Indonesia terbaik yang menceritakan tentang kisah wanita yang menginspirasi. Seperti berikut!

1. Nyai Ahmad Dahlan (2017)

Nyai Ahmad Dahlan (2017)
blogspot.com

Film ini mengisahkan tentang Siti Walidah, atau lebih dikenal dengan Nyai Ahmad Dahlan. Istri dari pendiri Muhammadiyah ini juga termasuk tokoh emansipasi wanita yang tentunya sangat menginspirasi.

Sebagai salah satu tokoh pergerakan wanita, Nyai Ahmad Dahlan diketahui membentuk Aisyiyah. Yang difungsikan untuk berbagi pengetahuan agama untuk para wanita.

2. Kartini (2017)

 Kartini (2017)
imdb.com

Seperti judulnya, film garapan Hanung Bramantyo ini mengangkat kisah inspiratif R.A. Kartini. Khususnya saat beliau masih muda.

Kamu bisa menyaksikan bagaimana perannya saat menjadi penggerak usaha para pengrajin mebel di kota asalnya, Jepara, hingga perjuangan Kartini lainnya yang masih relevan dengan kemajuan wanita Indonesia saat ini.

3. Surat Cinta untuk Kartini (2016)

Surat Cinta untuk Kartini (2016)
wikimedia.org

Sebelum film 'Kartini' ada 'Surat Cinta untuk Kartini' yang dirilis tahun 2016. Di dalamnya menceritakan kisah tokoh emansipasi wanita ini dengan sudut pandang yang berbeda.

Salah satunya, film ini juga menyoroti tentang seorang tukang pos yang jatuh hati pada sosok Kartini karena kepeduliannya pada rakyat kecil khususnya di bidang pendidikan.

4. Athirah (2016)

Athirah (2016)
blogspot.com

Diadaptasi dari novel biografi karangan Alberthiene Endah, 'Athirah' atau juga dikenal dengan judul 'Emma: Mother' adalah film bersadarkan kisah nyata ibunda Wakil Presiden Indonesia saat ini, Jusuf Kalla.

Potret perjuangan wanita Bugis di tengah berbagai konflik yang disajikan bahkan berhasil mengantarkan film ini memborong penghargaan baik di dalam negeri maupun di kancah internasional.

Baca juga: Keren! Deretan Film Indonesia Terbaik Ini Pernah Borong Penghargaan Internasional

5. 3 Srikandi (2016)

3 Srikandi (2016)
impawards.com

Dibintangi oleh Bunga Citra Lestari, Chelsea Islan, dan Tara Basro, '3 Srikandi' menceritakan kisah tiga atlet panahan tanah air ketika mengikuti ajang Olimpiade Seoul 1988.

Dengan dukungan pelatihnya, Donald Pandiangan (Reza Rahardian) perjuangan ketiga srikandi ini akhirnya membuahkan hasil dan sukses membawa pulang medali pertama untuk Indonesia.

6. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2014)

Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2014)
eruvierda.wordpress.com

Menggandeng Chelsea Islan sebagai pemeran utamanya, film yang diadaptasi dari buku berjudul sama ini menceritakan kisah inspiratif sang motivator nomor satu di Asia, Merry Riana.

'Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar' memperlihatkan bagaimana drama yang harus dilalui Merry sejak kerusuhan tahun 98 silam hingga akhirnya sukses dan mendapatkan satu juta dolar pertamanya.

7. Perempuan Berkalung Sorban (2009)

Perempuan Berkalung Sorban (2009)
imdb.com

Yang terakhir ada salah satu film Indonesia terbaik, 'Perempuan Berkalung Sorban'. Karya Hanung Bramantyo ini memperlihatkan perjalanan wanita yang ingin memperjuangkan haknya.

Khususnya sebagai seorang wanita juga muslim di lingkungan pesantren yang seringkali masih membedakan hak laki-laki dengan perempuan.

Nah, itulah 7 film Indonesia yang mengangkat kisah wanita inspiratif dan cocok ditonton di momen Hari Kartini. Kalau kamu punya rekomendasi yang lain apa nggak?

0 Comment