7 Film Perang Indonesia dengan Kisah Penuh Makna, Nggak Melulu Soal Bertarung!

14 August 2019, at 20:00
0
0
7 Film Perang Indonesia dengan Kisah Penuh Makna, Nggak Melulu Soal Bertarung!

Mendengar tentang film perang, kadang sebagian orang bakal berpikir kalau karya visual ini pasti berisi soal pertarungan, saling baku tempak atau menghunuskan pedang, dan bla bla bla.

Padahal kadang ada beberapa yang juga dibumbui dengan kisah heroik, adegan komedi, atau bahkan drama yang bikin nyesek. Seperti beberapa film perang Indonesia berikut ini. Apa saja sih judulnya?

1. Gending Sriwijaya

gending sriwijaya
instagram.com/koko.jatmiko

Selain pertarungan, "Gending Sriwijaya" juga mengisahkan tentang perebutan kekuasaan pada abad ke-16. Film perang dengan jenis kolosal yang rilis pada tahun 2013 ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo.

Menariknya lagi, ternyata sang sutradara bekerja sama dengan pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam menggarap "Gending Sriwijaya". Soalnya memang film yang terinspirasi dari lagu dan tarian tradisional Palembang ini mengangkat kisah nusantara, terutama pasca runtuhnya kerajaan Sriwijaya di Palembang.

Dengan kisah-kisah heroik yang tersusun apik, para pemain yang mumpuni termasuk ada mendiang Julia Perez, film satu ini recommended buat kamu tonton.

2. Pendekar Tongkat Emas

film pendekar tongkat emas
instagram.com/pendekartktemas

Garapan Ifa Ifansyah ini juga masih dibumbui tema kolosal. Film Indonesia yang rilis pada tahun 2014 ini pun dipenuhi oleh aktor serta aktris populer, seperti Christine Hakim, Nicholas Saputra, Reza Rahadian, Slamet Rahardjo, Eva Celia, dan Tara Basro. Kisahnya pun mengangkat tema persilatan yang juga dipadukan dengan kisah pengkhianatan, kesetiaan, dan ambisi.

Suatu hari, Cempaka (Christine Hakim) yang merupakan seorang Pendekar Tongkat Emas populer di dunia di dunia persilatan ingin mewariskan jurus tongkat emas pada salah satu anak dari keempat muridnya, yaitu Biru (Reza Rahadian), Gerhana (Tara Basro), Dara (Eva Celia), dan Angin (Aria Kusumah).

Tahu akan sikap keempat muridnya, Cempaka pun berniat memberikan warisan pada Dara. Dari sini perpecahan terjadi, Biru dan Gerhana yang merasa lebih berhak mendapat tongkat emasa merasa cemburu dan berniat membunuh guru serta adiknya sendiri. Berhasilkah rencana jahat itu?

3. Jenderal Soedirman

jenderal soedirman
imdb.com

Kalau film perang Indonesia garapan Viva Westi satu ini sudah jelas mengangkat tema seorang pahlawan Tanah Air, Jenderal Soedirman. Dalam karya visualnya, sang tokoh utama diperankan oleh Adipati Dolken.

Kisahnya mengisahkan tentang Jenderal Soedirman merancang dan melakukan serangan gerilya terhadap Belanda. Perjuangan pun dilakukan meski beliau sakit paru-paru dan ditandu. Ketika Belanda menyatakan Indonesia sudah tiada, sang jenderal justru menyiarkan hal sebaliknya dan kokoh berdiri bersama Tentara Nasionalnya.

Saat itu, Jenderal Soedirman pun menjadikan Jawa menjadi medan perang gerilya yang luas dan membuat Belanda kehabisan logistik serta waktu. Bagaimana cerita lengkap heroik dari sang pahlawan nasional?

Baca juga: 5 Fakta Film Bumi Manusia yang Kini Trending di YouTube, Sempat Tuai Kontroversi!

4. Merah Putih Memanggil

merah putih memanggil
instagram.com/merahputihmemanggil

Film Indonesi yang rilis pada tahun 2017 ini ternyata adalah karya seorang purnawirawan TNI AD, lho. Sebut saja Tiopan Bernhard Silalahi atau TB Silalahi, pria yang pernah bertugas ke Timur Tengah sebagai pasukan PBB pada perang Oktober 1973 antara Israel dan Mesir.

"Merah Putih Memanggil" bercerita tentang operasi pembebasan WNI di kapal pesiar yang disandera oleh sekelompok teroris. Dalam proses pembuatannya, film perang yang diproduseri oleh Josie Karjadi ini melibatkan pasukan Kopassus TNI AD, Marinir, Kopaska, Penerbal, KRI Diponegoro, kapal selam KRI Nanggala, dan Skadron pesawat tempur Sukhoi SU-30 dari TNI AU.

Menariknya lagi, banyak juga aktor dan aktris papan atas terlibat dalam film ini, seperti Maruli Tampubolon, Mentari De Marelle, Verdy Bhawanta, Aryo Wahab, Restu Sinaga, dan Prisia Nasution.

5. Maipa Deapati & Datu' Museng

maipa deapati dan datu museng
joypixel.id

Baru rilis pada Januari 2018 lalu, "Maipa Deapati dan Datu' Museng" bukan cuma soal peperangan. Kisahnya juga dibumbui dengan cerita cinta melegenda dari tanah Mangkasara (Makassar) yang tragis.

Suatu hari, Datu' Museng (Shaheer Sheikh), lelaki pemberani asal Makassar diminta kembali ke kampung halamannya untuk merebut tanah kelahirannya dari VOC, Belanda. Ia pun mengajak sang istri, Maipa Deapati (putri cantik kelahiran Sumbawa). Nggak disangka, keputusannya untuk membawa istri cantiknya malah membawa petaka setelah terdengar oleh salah satu pimpinan VOC, Tamolompoa (Hans de Kraker).

Tamolompoa terpikat pada kecantikan Maipa dan bertekad menghabisi Datu' Museng. Saat perang terjadi, pasukan Datu' Museng pun dalam kondisi terdesak. Nggak ingin jatuh ke tangan musuh, Maipa pun meminta sang suami membunuhnya.

6. Sultan Agung: Tahta, Perjuangan dan Cinta

sultan agung
instagram.com/sultanagung.themovie

Bukan sekadar perang, film bersejarah dari Indonesia ini juga mengandung slogan 'Tahta, Perjuangan, dan Cinta'. Garapan Hanung Bramantyo ini menceritakan sepak terjang Sultan Agung untuk menyatukan adipati-adipati di tanah Jawa yang tercerai berai karena politik VOC di bawah perjanjian Mataram.

Film yang baru rilis pada Agustus 2018 lalu ini dibintangi oleh Ario Bayu, Adinia Wirasti, Putri Marino, Christine Hakim, Marthino Lio, Lukman Sardi, serta deretan aktor dan aktris ternama Indonesia lainnya.

Menariknya lagi, ternyata film "Sultan Agung" juga pernah diputar di The George Washington DC (GWU) Washington, Amerika Serikat pada Desember 2018 lalu, lho.

7. Wiro Sableng

wiro sableng
instagram.com/wirosablengofficial

Siapa yang belum nonton film Indonesia fenomenal ini? Dari tayang awal tahun 90-an sampai Agustus 2018 lalu, "Wiro Sableng" memang sellau memikat. Apalagi banyak bintang terkenal yang ikut terlibat di sini, myulai dari Vino Bastian, Happy Salma, Lukman Sardi, sampai Sherina Munaf.

Baca juga: Film Indonesia yang Inspiratif, Cocok Ditonton Para Ladies!

Secara keseluruhan, film perang dengan nuansa kolosal ini menceritakan tentang petualangan Wiro Sableng, Bujang Gila, dan Anggini dalam menghadapi sekelompok bandit yang dipimpin oleh Mahesa Birawa dan Kalingundil.

Setelah tahu ulasan singkat di atas, film perang Indonesia mana nih yang bikin kamu nggak sabar nonton? Atau kamu punya rekomendasi lainnya?

0 Comment