7 Film Tentang Kisah Penyandang Disabilitas yang Menyentuh dan Menginspirasi

03 December 2019, at 19:00
0
0
7 Film Tentang Kisah Penyandang Disabilitas yang Menyentuh dan Menginspirasi

Sejak tahun 1992, setiap tanggal 3 Desember ditetapkan sebagai Hari Penyandang Disabilitas Internasional. Nah, bertepatan dengan hari spesial ini, Qupas akan memberimu rekomendasi film.

Yaitu film tentang disabilitas yang hadir dengan kisah paling inspiratif. Nggak cuma itu, cerita di dalamnya yang penuh dengan drama dan perjuangan juga bisa menyulut semangatmu.

Nah, buat kamu yang lagi butuh semangat lebih, ini 7 film bertema difabel yang wajib buat ditonton!

1. Wonder (2017)

wonder 2017
imdb.com

Film tentang disabilitas yang pertama ini sukses menguras air mata dan mengundang gelak tawa. Seperti yang diketahui, drama di dalamnya memang diselingi pula dengan adegan komedi.

Untuk ceritanya sendiri, 'Wonder' mengikuti kisah Auggie, seorang bocah yang terlahir dengan kelainan bentuk wajah. Sejak kecil, ia sudah harus menjalani serangkaian operasi agar organ-organ yang dimilikinya bisa berfungsi.

Sentuhan melankolis pada film ini kembali diperlihatkan saat Auggie mulai bersekolah dan harus menghadapi berbagai tekanan dari lingkungan di sekitarnya.

2. A Summer Day, Your Voice (2015)

a summer day, your voice 2015
tmdb.org

Film Jepang romantis yang sedih ini mengikuti kisah Tetsuo, seorang siswa SMA yang harus dirawat di rumah sakit karena terlibat dalam perkelahian. Di situlah ia akhirnya bertemu dengan Maiko.

Maiko sendiri adalah seorang pasien dengan penyakit langka dan memiliki keterbatasan berbicara juga mendengar. Karena sering bertemu, perasaan suka pun tumbuh diantara mereka.

3. The Theory of Everything (2014)

the theory of everything 2014
imdb.com

Selanjutnya ada film biografi terbaik berjudul 'The Theory of Everything'. Kisahnya menceritakan tentang fisikawan terkenal, Stephen Hawking.

Sukses mendapatkan piala Oscar dalam kategori Aktor Terbaik, film ini bukan cuma menyoroti kehidupan Stephen Hawking sebagai seorang fisikawan.

Tapi juga kehidupan pribadinya bersama sang istri hingga saat dirinya divonis terkena ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis) dan harus berada di kursi roda seumur hidupnya.

Baca juga: 7 Film Biografi Terbaik yang Menampilkan Perjuangan Tokoh Ternama Secara Epik

4. Miracle in Cell No. 7 (2013)

miracle in cell no 7 2013
pileofgoodthingsnbadthings.blogspot.com

'Miracle in Cell No.7' termasuk film Korea sedih yang bisa bikin penontonnya nangis bombay. Kisanya menceritakan tentang Lee Yong Goo, seorang ayah yang mengidap keterbelakangan mental yang hidup bersama putri kecil satu-satunya, Ye Sung.

Hingga pada suatu hari Lee Yong Goo dituduh melakukan pembunuhan kepada anak kecil lalu dipenjara. Bagian paling mengharukan akan kamu temukan ketika sang putri yang sudah besar dan menjadi pengacara tetap berusaha untuk 'membersihkan' nama ayahnya.

5. Ayah, Mengapa Aku Berbeda (2011)

ayah, mengapa aku berbeda 2010
keluargadindahauw.blogspot.com

Film tentang ayah dan anak dari Indonesia ini menceritakan tentang pejalanan seorang gadis tunarungu bernama Angel. Sedari lahir, ia sudah kehilangan ibunya.

Karena kekurangannya tersebut, Angel harus menghadapi berbagai rintangan yang datang dari sekitarnya. Tapi untungnya, ia mempunyai ayah yang selalu memberi semangat dan mendukungnya dalam keadaan apapun.

6. Silenced (2011)

silenced 2011
hangukyeonghwa.wordpress.com

'Silenced' atau dikenal juga dengan judul 'The Crucible'bisa dibilang sebagai salah satu film Korea terbaik dengan kisah yang sangat menyentuh. Ceritanya berfokus pada seorang guru di sekolah khusus siswa tunarungu bernama Kang In Ho (Gong Yo).

In Ho yang selalu berusaha dekat dengan semua muridnya justru menemukan fakta mencengangkan. Ternyata, siswanya banyak yang mengalami kekerasan fisik bahkan seksual.

7. The Butterfly Circus (2009)

the butterfly circus 2009
imdb.com

Yang terakhir ada 'The Butterfly Circus', yang mengisahkan tentang perjalanan rombongan sirkus di Amerika. Nggak disangka, mereka justru bertemu sosok seorang pira yang nggak memiliki tangan dan kaki.

Meski begitu, pria penyandang disabilitas tersebut ternyata punya segudang kisah yang sangat menginspirasi.

Baca juga: 5 Film Bagus yang Menyuarakan Anti Kekerasan Terhadap Perempuan

Nah, itulah 7 film tentang disabilitas yang sangat menginspirasi. Wajib ditonton nih, terlebih lagi kalau kamu lagi patah semangat.

0 Comment