Qupas Weekend

7 Film Tentang Orang yang Diremehkan Ini Bikin Kamu Semangat untuk Raih Kesuksesan

11 February 2020, at 12:00
7 Film Tentang Orang yang Diremehkan Ini Bikin Kamu Semangat untuk Raih Kesuksesan

Kesuksesan bisa dimiliki siapapun meski nggak datang secara instan. Kadang untuk meraihnya, nggak jarang kita bakal mengalami kegagalan hingga diremehkan orang-orang sekitar. Semua itu wajar kok dan pasti dialami oleh para calon 'pemenang'.

Nah, untuk membuatmu lebih semangat, berikut deretan film tentang orang yang diremehkan sebelum mereka meraih kesuksesan. Tonton sampai habis ya! Siapa tahu setelah melihat film motivasi ini, kamu bakal dapat inspirasi untuk meraih impianmu.

1. Battle of the Sexes (2017)

Battle of the Sexes (Foto: kinopoisk.ru)
kinopoisk.ru

Sekitar tahun 1973, pria diangkap lebih superior dibandingkan dengan wanita. Terkait hal ini, Billi Jean King yang merupakan petenis terbaik tahun itu mulai protes dan mogok main. Terlebih setelah bonus yang diberikan pada pemain wanita berbeda dengan yang diberikan pada pria.

Karena hal ini, King pun membuat pertandingan khusus wanita hingga berhasil menarik sponsor yang membuatnya menghasilkan uang lebih banyak. Di sisi lain, Bobby Riggs yang karirnya mulai menurun dan kecanduan judi memiliki ide untuk membuat pertandingan intergender dengan King.

Tantangan pun diterima oleh King. Pertandingan kedua pemain tenis itu pun tekenang sepanjang masa. Bahkan karena hal itu pula kini wanita nggak bisa lagi dipandang sebelah mata.

2. Race (2016)

Race (foto: imdb.com)
imdb.com

"Race" adalah salah satu film tentang atlet yang mengajarkan rasisme nggak seharusnya ada. Kisahnya sendiri berpusat pada pria Afrika-Amerika bernama Jesse Owens yang terpilih untuk mengikuti olimpiade di Jerman Barat.

Olimpiade yang diselenggarakan di wilayah kekuasaan Nazi sempat membuat Owens ragu. Terlebih lagi Nazi memandang rendah ras kulit hitam. Tapi setelah diyakinkan berbagai pihak, pria itu pun akhirnya berangkat.

Dari film "Race", kita bisa belajar untuk nggak meremehkan orang hanya karena warna kulitnya. Owens pun sudah membuktikan bahwa siapapun bisa berdiri sejajar dengan caranya sendiri di dunia olahraga.

3. Rudy Habibie (2016)

Rudy Habibie (Foto: twitter.com)
twitter.com

Film tentang orang yang diremehkan selanjutnya datang dari Indonesia. Kisanya berpusat pada masa muda Habibie sebelum ia dikenal sebagai presiden Indonesia ke-3.

Dengan menonton film biopik Indonesia ini, kamu bakal belajar dari semangat seorang Habibie muda yang sedang belajar di Jerman.

Meski selalu diremehkan banyak orang, pada akhirnya Habibie berhasil membuktikan kemampuannya. Bahkan sang presiden ke-3 Indonesia ini berhasil menciptakan pesawat terbang pertama di tanah air.

Baca juga: Selain Habibie & Ainun 3, 6 Film Biopik Indonesia Ini Juga Dibintangi Reza Rahadian

4. The Imitation Game (2014)

The Imitation Game (Foto: themoviedb.org)
themoviedb.org

Film berdasarkan kisah nyata ini menceritakan tentang kehidupan Alan Turing, ilmuwan Inggris terkenal. Dikisahkan saat perang ke-2, Alan ditugaskan untuk memecahkan kode sandi tentara Nazi.

Sejak saat itu, Alan terobsesi untuk menemukan kunci dari mesin Enigma tersebut. Meski begitu, banyak orang yang meragukan dirinya. Bahkan ada pula yang memandang hina pada pria itu lantaran Alan adalah gay.

Tapi, Alan nggak menyerah dan terus berusaha menyelesaikan pekerjaannya dengan baik. Hingga pada akhirnya kode tersebut terpecahkan. Alan pun bisa dibilang banyak membantu tentara Amerika ketika masa peperangan dengan Jerman.

5. Moneyball (2011)

Moneyball (Foto: forbes.com)
forbes.com

Nggak kalah bikin semangat, film motivasi ini juga bisa jadi tontonanmu saat weekend. Ceritanya tentang Billy Beane yang ditunjuk menjadi General Manager tim baseball Oakland Athletic saat keuangan memburuk. Kemudian, ia 'menjual' pemain bintang dan menggantinya dengan mereka yang di atas kertas kualitasnya kurang bagus.

Dibantu Peter Brand, Beane menilai pemain berdasarkan angka. Awalnya metodenya ini sempat diprotes staf kepelatihannya. Namun ia tetap berkeras hati.

Meski sempat disepelekan dan dianggap 'gila', Beane bisa dibilang merupakan salah saru orang yang membuat sport science dalam dunia baseball menjadi populer. Bahkan seiring berjalannya waktu, metodenya ini bisa membawa sekitar 19 kemenangan beruntun.

6. The Billionaire (2011)

The Billionaire (Foto: imdb.com)
imdb.com

Bakal bikin kamu makin termotivasi, film Thailand satu ini menyoroti kisah hidup Top Ittipat, pengusaha muda asal Negeri Gajah Putih. Ia punya brand snack rumput laut bernama Tao Kae Noi.

Namun sebelum menjadi orang sukses, Ittipat mengalami berbagai rintangan. Mulai dipandang sebelah mata hingga berusaha disingkirkan banyak orang sudah pernah dialaminya.

Meski begitu, perjuangannya itu pun membuahkan hasil. Bahkan ia menjadi pengusaha snack rumput laut terlaris di Thailand dengan penghasilan hingga Rp2,4 Triliun per tahun dan memiliki 2.000 karyawan.

7. The Karate Kid (2010)

The Karate Kid Poster (Foto: imdb.com)
imdb.com

"The Karate Kid" adalah film remake dengan judul sama seperti yang dirilis tahun 1984. Karya visual yang dibintangi oleh Jaden Smith, Jackie Chan dan Taraji P. Henson ini menceritakan tentang seorang bocah Amerika, Dre Parker yang terpaksa ikut orang tuanya ke Cina.

Ironis, di tempat barunya itu Parker justru menjadi korban perundungan oleh sekelompok siswa yang lihai kung fu.

Baca juga: 6 Film Mandarin Bergenre Fantasi yang Bakal Mengajakmu Berimajinasi, Keren Semua!

The Karate Kid (Foto: telestar.fr)
telestar.fr

Suatu hari, perkenalannya dengan petugas perawatan tempat tinggalnya, Mr. Han mengubah segalanya. Mr. Han membantu Parker belajar kung fu untuk mengikuti kompetisi yang diikuti siswa-siswa lain, termasuk para pembully-nya dulu.

Itulah sederet film tentang orang yang diremehkan. Melalui karya-karya di atas, semoga kamu bisa lebih semangat untuk mengejar mimpimu. Abaikan segala komentar negatif yang bisa menjatuhkanmu. Karena sejatinya, mereka nggak tahu seperti apa perjuanganmu dalam meraih mimpi.