Qupas Healthy

7 Gejala Fisik Depresi yang Jarang Diketahui, Ada Padamu Nggak?

23 December 2019, at 06:00
7 Gejala Fisik Depresi yang Jarang Diketahui, Ada Padamu Nggak?

Depresi merupakan salah satu jenis penyakit mental yang mulai banyak mendapatkan perhatian. Bagaimana nggak, data dari World Health Organization (WHO) pada tahun 2017 saja menunjukkan bahwa terdapat 300 juta orang yang mengalami masalah tersebut.

Saat berbicara tentang depresi, kebanyakan orang akan fokus pada gejala psikologis seperti perubahan perilaku, kecenderungan untuk bunuh diri, menjauh dari lingkungan sekitar, dan lain sebagainya.

Padahal, depresi juga bisa diidentifikasi dari gejala fisik lho. Apa saja ya? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini.

1. Jantung Berdegup Kencang

jantung berdegup kencang
hellosehat.com

Gejala fisik depresi yang pertama adalah jantung berdegup kencang. Kondisi tersebut memang nggak selalu berkaitan dengan masalah kesehatan mental, namun bisa menjadi salah satu gejala depresi lho.

Pada kasus depresi, jantung akan berdegup kencang saat menghadapi situasi cemas sampai membuatmu lemas.

2. Nyeri Lambung dan Kembung

nyeri lambung
geothermalminerals.com

Selain jantung yang berdegup kencang, sering mengalami nyeri lambung dan kembung juga bisa menjadi gejala fisik depresi. Pasalnya, lambung dan otak saling terkait sehingga stres dan tertekan akan berdampak buruk pada pencernaan seperti meningkatkan produksi asam lambung.

Cobalah untuk mengidentifikasi diri sendiri. Apabila nyeri lambung dan kembung hanya datang saat kamu merasa cemas dan stres, kemungkinan hal tersebut merupakan gejala depresi.

3. Nyeri di Leher dan Bahu

nyeri leher
depositphotos.com

Sering merasa nyeri di leher atau bahu nggak? Kalau kamu merupakan orang kantoran yang setiap hari harus duduk berjam-jam di depan komputer, kondisi tersebut mungkin wajar terjadi.

Akan tetapi apabila nyeri di leher dan bahu sering kamu rasakan dan bekelanjutan, hal tersebut mungkin saja terjadi karena kamu stres, cemas, dan depresi.

Baca Juga: Tanda-tanda Metalmu Nggak Sehat, Segera Periksa ke Dokter Sekarang!

4. Nyeri di Dada

nyeri dada
positivehealthwellness.com

Umumnya, orang akan mengaitkan nyeri dada dengan berbagai penyakit seperti jantung hingga paru-paru. Padahal, kondisi tersebut juga bisa saja merupakan gejala fisik depresi lho.

Biasanya, orang yang menderita depresi akan merasa nyeri dada saat memikirkan masalah atau kejadian yang membuatnya trauma atau tertekan.

5. Gemetaran, Pusing, atau Sempoyongan

pusing
shutterstock.com

Tanpa kamu ketahui, depresi bisa mempengaruhi fisik di luar kendalimu lho. Badanmu bisa saja tiba-tiba gemetaran, pusing, dan sempoyongan.

Hormon stres yang berlebihan dapat mempercepat detak jantung, menganggu pernapasan, bahkan meningkatkan tekanan darah yang menyebabkan perasaan-perasaan di atas muncul.

6. Kelelahan Tanpa Alasan

kelelahan
theodysseyonline.com

Merasa kurang bertenaga atau kelelahan tanpa alasan juga merupakan salah satu gejala fisik dari depresi. Maka dari itu, kamu perlu wasapada apabila sering merasa lelah meskipun sudah cukup istirahat, nggak banyak aktivitas, dan sudah mengonsumsi makanan bergizi.

Kelelahan ini pun bisa menyebabkan masalah lain seperti menganggu konsentrasi dan membuatmu lebih sensitif sehingga mudah marah.

7. Suara Berdengung di Telinga

telinga berdengung
1health.id

Pernah nggak sih kamu merasa ada suara yang tiba-tiba muncul atau bedengung di telingamu? Kondisi tersebut memang wajar terjadi, terutama di tempat yang bising.

Akan tetapi, hal tersebut juga bisa menjadi salah satu gejala fisik depresi apabila sering terjadi tanpa alasan yang jelas.

Nah, itu dia Sobat Qupas 7 gejala fisik depresi yang sepertinya masih jarang diketahui. Meskipun demikian, nggak lantas kamu boleh melakukan self diagnosis ya. Konsultasikan kepada psikolog supaya bisa mendapatkan diagnosis dan penanganan yang lebih tepat.