7 Jenis Buah yang Wajib Dikonsumsi Bumil, Manfaatnya Luar Biasa!

20 October 2018, at 13:00
0
0
7 Jenis Buah yang Wajib Dikonsumsi Bumil, Manfaatnya Luar Biasa!

Bicara tentang kehamilan, tentu kamu setuju kan kalau setiap ibu hamil harus menjaga pola makan? Sebab sering terjadi ibu hamil yang tidak memerhatikan pola makan sehingga berdampak buruk bagi dirinya sendiri serta bayi yang sedang dikandung.

Ada banyak alasan mereka untuk tidak menjaga pola makan, salah satunya adalah tidak mengetahui dengan pasti, mana makanan yang sehat dikonsumsi saat hamil dengan makanan yang membahayakan bagi janin.

Nah, buat kamu yang sedang bingung memilih makanan sehat saat hamil, sebenarnya ada banyak sekali. Salah satunya adalah buah-buahan.

Sebab ada beberapa jenis buah yang sangat sehat dan dianjurkan bagi ibu hamil. Apa saja jenis buah tersebut? Berikut diantaranya.

1. Apel

apel
naturallyhealthylife.co.uk

Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi buah apel sebelum tidur. Hal ini dikarenakan apel kaya akan vitamin, mulai dari vitamin C, vitamin A, vitamin E, dan vitamin D. Semakin sering mengonsumsi apel, maka risiko eksim pun akan berkurang sehingga buah ini cocok dikonsumsi bagi ibu hamil muda.

2. Pisang

pisang
mioskincare.co.uk

Selanjutnya, ibu hamil juga direkomendasikan untuk mengonsumsi pisang. Sebab pisang bisa menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Maka dari itu, pisang bisa mengurangi pegal ataupun rasa lelah yang akan dialami oleh ibu hamil.

Baca juga: Tambah Peluang Persalinan Normal dengan 7 Tips Berikut ini Yuk!

3. Apokat

apokat
videoblocks.com

Bagi ibu hamil muda, dianjurkan untuk mengonsumsi apokat secara rutin. Sebab ada banyak gizi yang dikandung oleh buah ini, mulai dari magnesium, flat, kolin, serat, kalium, dan multivitamin. Manfaatnya bisa meningkatkan perkembangan otak dan saraf pada bayi yang sedang dikandung.

4. Semangka

semangka untuk bumil
poleznenko.ru

Semangka adalah salah satu buah yang kaya akan air sehingga bisa membantu dalam mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Seperti diketahui, ibu hamil lebih rentan lelah akibat kekurangan cairan. Maka dari itu semangka adalah salah satu buah yang bisa dikonsumsi setiap hari.

5. Pepaya

papaya
osenseis.com

Mungkin kamu pernah dengar kalau pepaya berbahaya bagi janin. Tapi jangan salah, yang berbahaya itu pepaya muda. Kalau pepaya matang, sama sekali tidak berbahaya justru bermanfaat bagi kesehatan ibu dan bayi. Salah satu manfaatnya adalah melancarkan pencernaan karena ibu hamil rentan mengalami sembelit.

6. Jeruk

jeruk bumil
scimex.org

Dan yang tidak ketinggalan juga adalah buah jeruk. Ibu hamil cukup direkomendasikan mengonsumsi buah ini karena kandungan folat, serat, air, serta folat di dalam jeruk bisa mencegah kecacatan otak bagi janin. Namun konsumsilah jeruk yang benar-benar matang, jangan yang mentah atau terlalu kecut.

Nah, itulah beberapa buah yang baik dikonsumsi ibu hamil agar kondisi tubuh dan bayi tetap terjaga.

0 Comment