7 Makanan Penyebab Sembelit yang Sebaiknya Kamu Hindari dari Sekarang!

09 October 2018, pada 02:31
0
0
7 Makanan Penyebab Sembelit yang Sebaiknya Kamu Hindari dari Sekarang!

Pernahkah kamu mengalami sembelit? Kalau pernah, tentunya kamu tahu kan gimana menyiksanya masalah yang satu ini?

Yap, sembelit adalah sebuah gangguan pencernaan yang membuat seseorang menjadi sulit mengeluarkan tinja. Seringkali sembelit menimbulkan rasa sakit yang luar biasa sehingga kebanyakan orang merasa takut jika mengalami gangguan ini.

sembelit
sickchirpse.com

Sembelit sendiri tidak boleh disepelekan begitu saja. Sebab, sembelit kronis bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang dampaknya cukup fatal bagi tubuh. Salah satu dampak serius dari sembelit adalah kanker usus.

Untuk itu, sebaiknya kamu mencegah sembelit dengan cara menjaga pola makan yang baik dan benar. Sebab, ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan sembelit. Apa saja makanan tersebut? Berikut diantaranya.

1. Gorengan

makanan gorengan
burberryoutletry

Terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak atau digoreng bisa membuat sistem cerna menjadi terganggu. Sebab, minyak dapat menghancurkan serat dalam makanan. Akibatnya gerak usus akan terhambat sehingga kamu akan lebih rentan sembelit.

2. Kue Kering

kue kering
blibli.com

Kue kering merupakan makanan yang rendah cairan dan serat. Jadi, ketika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan ini sepanjang hari, risiko sembelit tidak bisa dihindari. Apalagi biasanya di dalam kue kering terdapat soda yang bisa mengacaukan sistem cerna dalam tubuhmu.

Baca juga : Kenapa Sering Sakit Perut Sebelah Kiri?

3. Minuman Bersoda

minuman soda
tribunnews.com

Bagi kamu yang hobi minum soda, sebaiknya kurangi dari sekarang. Sebab, soda bisa mengancam kesehatan usus dan organ di dalam perut. Dalam level serius, soda bisa membuat peradandangan usus dan kanker anus.

4. Daging Merah

daging merah
ytimg.com

Sampai saat ini, daging merah disebut-sebut sebagai penyebab sembelit yang paling umum. Hal tersebut dikarenakan daging merah sangat minim serat dan tinggi lemak. Jadi, ketika kamu merasa pencernaan terganggu, kurangilah mengonsumsi daging merah sementara waktu.

5. Pisang Mentah

pisang mentah
hellosehat.com

Ketika kamu hendak mengonsumsi pisang, pastikan pisang itu sudah matang alias layak makan. Sebab, pisang yang masih mentah mengandung rantai glukosa panjang yang sangat sulit dicerna. Selain itu, pisang mentah juga mengandung tanin yang akan menghambat laju makanan pada usus.

6. Makanan Asin

makanan asin
detik.net.id

Perlu diketahui, makanan yang mengandung garam bisa menarik serat dan kadar air dalam tubuh. Akibatnya, kamu menjadi lebih mudah haus dan pencernaan tidak lancar. Kalau kamu suka makanan asin, imbangilah dengan perbanyak minum air putih.

7. Makanan Mengandung Gluten

gluten
medicalnewstoday.com

Gluten adalah protein yang biasa dijumpai pada tepung dan gandum. Protein yang satu ini memang bagus untuk kebugaran tubuh. Tapi kalau terlalu banyak bisa mengacaukan sistem cerna, termasuk penyakit lambung. Jadi, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan gluten.

Itulah beberapa makanan penyebab sembelit. Sebisa mungkin, dihidari ya!

0 Komentar