7 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil Muda

27 September 2018, pada 02:28
0
0
7 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil Muda

Bagi setiap ibu hamil muda, tentu saja memiliki berbagai pantangan dalam urusan makanan. Ada makanan yang boleh dikonsumsi dan ada pula makanan yang tidak boleh, bahkan harus dihindari.

Hal itu dimaksudkan agar kondisi ibu hamil dan bayinya tetap sehat. Seperti diketahui, saat sedang mengandung, seorang ibu akan mengalami penurunan kondisi tubuh sehingga sangat mudah sekali terkena gangguan kesehatan.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, menjaga pola makan adalah salah satu solusinya. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa makanan sehat yang wajib dikonsumsi ibu hamil muda.

1. Telur

7 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil Muda
pexels.com

Telur adalah sumber protein yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu, telur juga akan menyumbang kolin, yaitu nutrisi yang akan meningkatkan kesehatan otak dan tubuh bayi.

Asupan kolin ini sangat penting. Semakin rendah kolin yang diterima oleh ibu hamil, maka ada risiko yang membahayakan janin seperti cacat tabung saraf dan menurunnya fungsi otak.

Oleh karenanya, ibu hamil muda dianjurkan untuk mengonsumsi telur secara rutin setiap hari, minimal satu butir sebagai salah satu makanan sehat andalan.

2. Sayuran Hijau

7 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil Muda
doktersehat.com

Sayuran hijau adalah jenis makanan yang memiliki banyak manfaat untuk semua orang, tidak hanya bagi ibu hamil saja.

Ada berbagai jenis sayuran hijau yang bisa dipilih, seperti brokoli, bayam, sawi, dan masih banyak lagi. Semua jenis sayuran hijau itu baik dikonsumsi pada pagi hari untuk sarapan agar tubuh ternutrisi sepanjang hari.

Nutrisinya sendiri cukup banyak, mulai dari serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, zat besi, folat, kalsium, dan sebagainya.

Baca juga : Awas, Inilah 8 Penyebab Keguguran yang Wajib Kamu Ketahui

3. Produk Olahan Susu

7 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil Muda
pexels.com

Ibu haml juga membutuhkan asupan kalsium yang baik, terutama pada trisemester pertama dan kedua. Hal ini bertujuan agar pertumbuhan tulang rawan pada bayi tetap terjaga dan sehat.

Ada banyak jenis makanan yang bisa dikonsumsi dari susu ataupun olahannya. Misalnya keju dan yoghurt.

Tapi ingat, mengonsumsinya jangan terlalu banyak diberi gula atau pemanis lainnya. Kalau ingin rasanya manis, lebih baik diberi gula secukupnya saja.

4. Ubi

7 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil Muda
dokter.in

Makanan tradisional yang satu ini memang memiliki banyak nutrisi baik. Oleh karenanya ubi sangat direkomendasikan untuk ibu hamil muda.

Adapun kandungannya seperti vitamin C, vitamin A, asam folat, dan serat. Selain itu, ubi juga makanan alami yang aman dikonsumsi karena tanpa bahan kimia.

5. Ikan Salmon

7 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil Muda
pexels.com

Banyak yang menyebutkan kalau ibu hamil disarankan untuk mengurangi konsumsi ikan laut. Sebab, banyak yang menganggap kalau ikan laut mengandung merkuri yang cukup tinggi.

Tapi, ibu hamil masih bisa mengonsumsi ikan salmon. Hal itu karena ikan salmon rendah merkuri. Selain rendah merkuri, ikan salmon juga kaya akan omega 3 yang baik untuk perkembangan otak bayi. Cocok juga disantap bersama dengan jus alpukat yang kaya dengan lemak bermanfaat.

6. Daging Ayam

7 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil Muda
orami.co.id

Ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi daging ayam secara rutin. Hal tersebut dikarenakan daging ayam kaya akan zat besi yang nantinya akan membantu pembentukan sel darah merah pada tubuh.

Tapi ingat, mengonsumsinya lebih baik direbus atau dibuat sop. Sebab, kalau dicampur bumbu-bumbu terlalu banyak, bisa membuat kadar zat besi itu menurun.

7. Buah-Buahan

7 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil Muda
saudaraku.net

Dan jangan lupa juga kalau ibu hamil memerlukan asupan nutrisi dari buah-buahan. Ada banyak jenis buah yang aman dikonsumsi, seperti apel, pisang, semangka, melon.

Jangan mengonsumsi buah yang terlalu keras bagi lambung dan perut karena bisa menyebabkan kontraksi yang berbahaya bagi janin.

Baca Juga: Ladies, Inilah yang Akan Kamu Alami dalam 48 Jam Setelah Melahirkan

Sebaiknya, konsumsi buah-buahan setelah makan nasi. Sebab, ketika makan buah saat perut kosong bisa membuat gangguan pencernaan.

Nah, itulah beberapa makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil muda. Selamat mencoba, ya!

0 Komentar