7 Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Bisa Atasi Stres Lho!

31 October 2019, at 10:00
0
0
7 Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Bisa Atasi Stres Lho!

Kapula merupakan salah satu jenis rempah serba guna yang sudah nggak asing lagi di telinga. Rempah yang satu ini memang sudah banyak dimanfaatkan, baik untuk bumbu dapur maupun obat-obatan.

Sejak berabad-abad lalu, masyarakat sudah menyakini bahwa minyak, biji, dan ekstrak kapulaga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Untuk lebih jelasnya, tim Qupas telah merangkum dari berbagai sumber tentang 7 manfaat kapula yang perlu kamu ketahui berikut ini.

1. Obati Asam Lambung

asam lambung
starnewsonline.com

Salah satu manfaat kapulaga yang jarang diketahui adalah dapat mengobati asam lambung. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh kandungan vitamin penting seperti riboflavin, niasin, dan vitamin c di dalamnya.

Selain itu, kandungan serat di dalam kapulaga juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengontrol asam lambung.

2. Mengatasi Stres

stres
gettyimages.com

Manfaat kapulaga lainnya adalah untuk mengatasi stres dan memperbaiki mood atau suasana hati. Rempah ini dipercaya ampuh sebagai obat tradisional yang memiliki sifat antidepresan.

Mengonsumsi atau menghirup aroma kapulaga akan memberikan efek yang menenangkan. Bahkan, beberapa orang percaya bahwa rempah ini bisa mengatasi depresi.

3. Mengontrol Tekanan Darah

tekana darah
honestdocs.id

Tahukah kamu, mengonsumsi kapulaga secara rutin juga dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan lho. Sebuah penelitian yang dilakukan secara 12 minggu terhadap pasien tekanan darah tinggi telah membuktikan hal tersebut.

Para peneliti melihat bahwa kadar antioksidan yang tinggi dan efek diuretik dalam kapula berhasil menurunkan tekanan darah.

4. Memiliki Komponen Antikanker

kapulaga
nuisonk.com

Pada beberapa penelitian, ditemukan bahwa bubuk kapulaga dapat meningkatak aktivitas beberapa enzim yang dapat membantu melawan sel kanker.

Selain itu, rempah ini juga dapat meningkatkan kemampuan sel-sel dalam tubuh untuk melawan atau mencegah pertumbuhan tumor.

Baca Juga: Manfaat Ajaib Bawang Putih, dari Mengobati Sakit Gigi Hingga Mencegah Kanker

5. Menjaga Kesehatan Ginjal dan Saluran Kencing

ginjal sehat
healthprep.com

Selain memiliki komponen anti kanker, kapulaga ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal dan saluran kencing yang disebabkan oleh sifat diuretiknya.

Selain itu, kapulaga juga dipercaya mampu mencegah beberapa penyakit seperti infeksi saluran kemih dan peradangan pada ginjal.

6. Menyehatkan Paru-Paru

paru paru sehat
klikdokter.com

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Nitte, India, menemukan bahwa sumber minyak atsiri dalam kapulaga sangat efektif untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Maka dari itu, sejak lama rempah ini telah dimanfaatkan untuk berbagai terapi tradisional terkait pengobatan asma dan bronkitis.

7. Mengatasi Masalah Gigi dan Mulut

gigi sehat
aplusdental.org

Kapulaga merupakan rempah yang sejak lama dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi bau mulut. Selain itu, kapulaga juga memiliki kandungan yang dapat melawan bakteri penyebab gigi berlubang.

Kandungan antioksidan di dalamnya terbukti ampuh mengobati sakit gigi, menyegarkan napas, meredakan sariawan, dan radang tenggorokan.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa manfaat kapulaga bagi kesehatan yang mungkin belum kamu ketahui. Banyak juga ya?

0 Comment