7 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Ini Dijamin Bikin Kamu Takjub

11 May 2019, at 18:00
1
0
7 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Ini Dijamin Bikin Kamu Takjub

Kamu suka merawat kecantikan dengan bahan alami? Kalau iya, ada satu bumbu dapur yang nggak boleh dilewatkan untuk dicoba.

Yaitu kunyit, yang ternyata punya segudang manfaat bagi kecantikan. Bahkan rempah berwarna kuning ini bisa dipakai untuk perawatan dari ujung kaki sampai ujung kepala lho.

Penasaran dengan manfaat kunyit untuk kecantikan sekaligus cara memakainya? Yuk simak ulasan dari Qupas berikut ini!

1. Mengobati dan menyamarkan bekas jerawat

manfaat kunyit untuk jerawat
stylecraze.com

Kandungan kurkumin yang dimiliki kunyit bisa berfungsi sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Itulah mengapa, rempah ini sangat ampuh untuk membasmi jerawat membandel sekaligus bekasnya.

Selain itu, penggunaan masker kunyit secara teratur bisa membatasi produksi minyak berlebih pada wajah yang seringkali jadi cikal bakal tumbuhnya jerawat.

2. Memutihkan kulit

manfaat kunyit untuk memutihkan wajah
getwellclinichyderabad.org

Meski berwarna kuning, kunyit adalah rempah yang bisa mencerahkan kulit. Ini karena kandungan kurkumin di dalamnya cukup efektif untuk mengurangi produksi melanin dan mencegah perubahan warna kulit menjadi gelap.

Cara paling mudah untuk memutihkan kulit dengan kunyit adalah dengan membuatnya jadi masker wajah atau lulur tubuh.

Kamu cukup oleskan kunyit yang telah dihaluskan ke area yang diinginkan. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

3. Mengatasi wajah kering

manfaat kunyit untuk wajah kering
beautyinsider.com.au

Kunyit sangat bersahabat dengan pemilik kulit kering karena mengandung banyak minyak atsiri yang ampuh untuk melembabkan wajah sekaligus berfungsi sebagai anti-oksidan.

Cara penggunaannya sama dengan poin sebelumnya. Yakni kamu bisa memakai kunyit sebagai masker atau lulur di kulit yang kering.

Baca juga: Ampuh! 8 Bahan Alami Ini Bisa Mengatasi Wajah Kering dan Bersisik

4. Memerahkan bibir

manfaat kunyit untuk memerahkan bibir
stylecraze.com

Bibir yang menghitam tentu saja bakalan mengganggu penampilan. Tapi tenang, kamu bisa mengatasinya dengan kunyit.

Kandungan mineral dan minyak astiri yang dimiliki kunyit bisa membantu regenerasi sel kulit mati, jadi sangat bagus untuk memerahkan bibir secara alami.

Caranya, cukup tumbuk kunyit segar hingga halus lalu oleskan pada bibir. Tunggu selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

5. Mengusir komedo

manfaat kunyit untuk menghilangkan komedo
medicalnewstoday.com

Manfaat kunyit untuk wajah selanjutnya adalah bisa dipakai untuk mengusir komedo membandel. Hal ini karena sifat antimikrobanya mampu menghilangkan bakteri yang melekat di pori-pori kulit.

Caranya, campur satu sendok makan bubuk kunyit dengan dua sendok makan jus mint segar hingga merata. Selanjutnya, oleskan pasta tersebut pada bagian yang berkomedo dan biarkan selama 10-15 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat dan lihat hasilnya yang menakjubkan.

6. Menghilangkan bulu ketiak

manfaat kunyit untuk menghilangkan bulu ketiak
stylecraze.com

Selain bercukur, ternyata ada cara menghilangkan bulu ketiak secara alami dengan hasil yang lebih permanen lho. Salah satunya dengan kunyit.

Kamu bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan air atau susu untuk hasil yang lebih maksimal. Aplikasikan ramuan yang telah dibuat pada ketiak dan diamkan selama 30 menit.

Setelah itu, bersihkan dengan air hangat. Dengan melakukan perawatan ini secara rutin, bulu ketiakmu bakalan menipis dengan sendirinya dan nggak perlu repot-repot untuk bercukur lagi.

7. Mewarnai rambut

kunyit untuk mewarnai rambut
instagram.com/revlon

Ingin mengubah warna rambut menjadi blonde? Nggak usah jauh-jauh dan keluar banyak uang buat ke salon, manfaatkan saja kunyit yang ada di dapurmu.

Caranya, parut kunyit yang sudah dibersihkan dan tambahkan sedikit air hangat. Setelah itu, balurkan ke setiap helai rambut dan iringi dengan pijatan agar formulanya meresap dengan sempurna.

Baca juga: Nggak Perlu ke Salon, Bahan Alami Ini Bisa Kamu Pakai untuk Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah

Diamkan ramuan kunyit ini selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas hingga bersih. Kamu bisa lakukan pewarnaan rambut sendiri ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu sampai dapatkan tampilan blonde hair sesuai dengan keinginan.

Nah, itulah sederet manfaat kunyit untuk kecantikan yang mungkin nggak pernah kamu duga sebelumnya. Gimana, tertarik untuk mencoba perawatan alami dengan bahan dapur yang satu ini?

0 Comment