7 Masjid Unik di Indonesia, Pilihan Wisata Religi Sekaligus Ibadah Selama Bulan Puasa

08 May 2019, at 11:00
0
0
7 Masjid Unik di Indonesia, Pilihan Wisata Religi Sekaligus Ibadah Selama Bulan Puasa

Bulan puasa ini bukan berarti kegiatan traveling juga terhenti. Ada banyak kok wisata religi di Indonesia yang bisa membuat kegiatan ibadah sekaligus liburanmu terpenuhi.

Seperti beberapa masjid unik yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air berikut ini. Selain mengagumi bangunannya, kamu pun bisa sekaligus melakukan ibadah.

Well, mau tahu dimana saja masjid unik yang Qupas maksud? Yuk simak infonya di bawah ini!

Baca juga: Yuk Intip Megahnya Masjid Kubah Emas di Depok yang Berkilauan!

1. Masjid Raya Sumatera Barat

masjid raya sumatera barat
instagram.com/gafraliali

Masjid megah di Sumatera Barat ini memang beda dari lainnya. Kamu nggak akan menemukan kubah pada bangunan ini. Tapi atap khas rumah Minangkabau siap memanjakan matamu.

Menariknya lagi, biaya pembangunan Masjid Raya Sumatera Barat ini mencapai Rp325 miliar sampai Rp330 miliar, lho. Hal ini pun sesuai dengan kemegahan yang tersaji.

Selain atap, bagian bangunan yang menarik perhatian ada pada mihrabnya yang dibuat menyerupai bentuk batu Hajar Aswad, dimana bagian atapnya terdapat ukiran nama Asmaul Husna berwarna emas dan berlatar putih. Sementara karpet permadani yang digunakan untuk sajadah adalah kiriman dari pemerintah Turki.

Lokasi Masjid Raya Sumatera Barat : Jalan Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat

2. Masjid 99 Kubah

masjid 99 kubah makassar
instagram.com/masjid99kubahmakassar

Masjid yang menghadap langsung ke Pantai Losari Makassar ini akan jadi ikon baru untuk Sulawesi Selatan. Rencananya memang ada 99 kubah. Tapi sekarang masih sisa 17 kubah yang belum terpasang, sehingga belum bisa digunakan saat Ramadan.

Masjid yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) senilai Rp176 miliar ini juga belum bisa digunakan karena masih ada kegiatan audit yang dilakukan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulsel.

Meski belum bisa digunakan, beberapa traveler bisa mengambil foto dengan latar Masjid 99 Kubah Makassar. Hasilnya? Cantik banget!

Lokasi Masjid 99 Kubah : Kawasan Centre Poin Of Indonesia (CPI) Makassar

3. Masjid Kapal Semarang

masjid kapal semarang
instagram.com/sandy_apr

Bangunan yang juga disebut sebagai Masjid As Safinatun Najah atau bahkan Bahtera Nabi Nuh ini arsitekturnya memang unik.

Bangunan yang berdiri di lahan seluas kurang lebih 7.200 meter persegi ini terdiri dari tiga lantai. Lantai dasar kamu akan menemukan tempat wudhu, toilet, dan aula serba guna. Bagian kedua ada tempat salat. Sedangkan di lantai tiga ada perpustakaan.

Selain itu, ada pula bagian rooftop yang jadi favorit para pengunjung. Di sini kamu akan menemukan kubah berwarna hijau. Pemandangan sawah dan hutan pun bisa dilihat dari sini.

Masjid Kapal Semarang : Jalan Kyai Padak, Desa Padaan, Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Semarang

4. Masjid Tiban Turen

masjid tiban turen malang
instagram.com/adi_mrizal

Masjid unik di Indonesia selanjutnya adalah Masjid Tiban Turen. Warga lokal memberi nama bangunan indah ini dengan sebutan Masjid Jin. Menurut warga lokal, konon masjid tersebut ada secara tiba-tiba tanpa diketahui gimana kisah pembangunannya.

Tapi pihak pengelola masjid membantahnya. Mereka mengatakan bahwa bangunan tersebut sebenarnya adalah kompleks pondok pesantren, yakni Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri. Pembangunannya sendiri disebut dilakukan oleh santri dan jamaah.

Lokasi Masjid Tiban Turen : Jalan Anggur, Sananrejo, Turen, Malang, Jawa Timur

Baca juga: Sederet Wisata Religi di Jawa timur, Yuk Mampir!

5. Masjid Agung An-Nur Pekanbaru

masjid agung an nur pekanbaru
instagram.com/mdwiputraaa_

Nah, kalau bangunan ini sering mendapat julukan sebagai "Taj Mahal"-nya Riau. Masjid Agung An-Nur ternyata mengadopsi gaya arsitektur Melayu, turki, Arab, dan Italia.

Masjid seluas kurang lebih 12,6 hektar ini terdiri dari tiga lantai dan tiga buah tangga. Tepat di bagian atasnya, ada 13 pintu. Sedangkan di bagian bawahnya ada 4 pintu.

Lokasi Masjid Agung An-Nur Pekanbaru : Jalan Hangtuah, Sumahilang, Pekanbaru Kota, Sumahilang, Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau

6. Masjid Perut Bumi

masjid perut bumi tuban
instagram.com/bendottetapsemangat

Seunik namanya, bentuk dari masjid dengna nama lengkap Aschabul Kahfi Perut Bumi Al-Maghribi ini memang menarik. Letaknya pun memang ada di bawah tanah, tepat di dalam Pesantren Perut Bumi.

Begitu masuk bangunannya, kamu akan melihat ornamen Arab di atap bebatuan yang dipagukan dengan aksara ornamen Jawa kuno.

Menariknya lagi, masjid cantik di Tuban ini dulunya adalah tempat pembuangan sambah. Kemudian diubah oleh Kyai Subchan Mubarok sehingga menjadi bangunan yang megah.

Lokasi Masjid Perut Bumi : Wire, Gedongombo, Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

7. Masjid Al-Irsyad Satya Bandung

masjid al irsyad satya bandung
instagram.com/infomosque

Keunikan Masjid Al-Irsyad Satya Bandung terletak pada bentuk bangunannya yang menyerupai kubus. Ornamen yang dimiliki pun sederhana, tapi punya nilai filosofis tinggi. Ternyata lanskap berbentuk garis-garis melingkar yang mengelilingi masjid tersebut adalah representasi dari tawaf yang mengelilingi kakbah.

Bangunan yang pernah terpilih sebagai 5 besar Bulding of The Year 2010 oleh National Frame Building Association ini pun punya dinding yang bertuliskan dua kalimat syahadat berbentuk kaligrafi 3 dimensi. Mewah banget deh pokoknya!

Lokasi Masjid Al-Irsyad Satya : Jalan Parahyangan KM. 2,7, Kota Baru Parahyangan, Cipeundeuy, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Gimana, tertarik untuk mampir ke deretan masjid unik di Indonesia tersebut? Selagi fokus ibadah, nggak ada salahnya untuk sekedar refreshing dengan melihat arsitektur bangunan megah di atas kan?

0 Comment