7 Mitos Tanda Ibu Hamil Anak Perempuan, Kamu Percaya Nggak?

08 October 2018, pada 04:48
2
0
7 Mitos Tanda Ibu Hamil Anak Perempuan, Kamu Percaya Nggak?
Berbagai mitos yang merupakan warisan nenek moyang kita, masih terus ada hingga sekarang, termasuk soal kehamilan. 
Meskipun sudah memasuki era teknologi yang canggih, namun tidak sedikit masyarakat Indonesia yang mencoba menebak jenis kelamin anak yang dikandung ibu hamil melalui tanda-tanda yang nggak relevan.
Padahal, saat ini teknologi sudah berkembang di mana ibu hamil dapat lebih mudah mengetahui jenis kelamin anaknya. Nggak jarang, karena terlalu percaya dengan mitos ini namun ternyata bayi yang lahir tak sesuai ekspektasi, banyak pasangan yang menjadi kecewa.
Nah, kali ini Qupas sudah merangkum tujuh mitos tanda-tanda kehamilan anak perempuan. Apa saja, ya?

1. Wajah ibu hamil tampak lebih cantik

7 Mitos Tanda Ibu Hamil Anak Perempuan, Kamu Percaya Nggak?
tesco-baby.com
Ini dia mitos yang paling sering dipercaya, yakni apabila si ibu wajahnya jadi makin cantik, itu artinya dia sedang hamil anak perempuan. Alasannya, karena ibu yang sedang hamil anak perempuan jadi lebih sering berdandan yang membuatnya tambah cantik.
Berbeda halnya ketika yang dikandung adalah laki-laki, si ibu malah malas berdandan dan wajahnya jadi makin kusam. Kamu sudah pernah membuktikan mitos ini?

2. Timbulnya jerawat

7 Mitos Tanda Ibu Hamil Anak Perempuan, Kamu Percaya Nggak?
popsugar.com

Nah, anehnya, walaupun tambah cantik, si ibu yang dipercaya akan melahirkan anak perempuan malah akan berjerawat. Bahkan ini terjadi pada perempuan yang sebelum menikah nggak pernah berjerawat sama sekali.

Tapi, bukan sekadar mitos tanda tanda kehamilan saja, tanda ini ada penjelasan medisnya lho! Karena memang saat sedang hamil anak perempuan, hormon estrogen semakin meningkat yang menyebabkannya jadi berjerawat. Hmm, cukup masuk akal nggak nih?

3. Sering mual dan muntah

7 Mitos Tanda Ibu Hamil Anak Perempuan, Kamu Percaya Nggak?
youtube.com
Walaupun semua ibu hamil, apapun jenis kelamin bayinya sudah pasti akan mual dan muntah, tapi menurut mitos, ibu yang hamil bayi perempuan lebih sering frekuensinya.
Selain itu, si ibu juga akan tetap merasa mual-mual ini hingga lebih dari lima bulan masa kehamilannya. Padahal, morning sickness biasanya berakhir sebelum memasuki bulan kelima. Bener nggak, sih?

4. Jadi lebih cerewet

7 Mitos Tanda Ibu Hamil Anak Perempuan, Kamu Percaya Nggak?
medlife.com
Stereotype perempuan yang lebih suka ngomong daripada lelaki, ternyata juga menginspirasi adanya mitos ini. Katanya, ibu yang sedang hamil anak perempuan, biasanya akan lebih cerewet daripada sebelum menikah.
Ia akan lebih sering mengomentari dan memberikan pendapat apa saja, bahkan untuk hal-hal terkecil. Sebagai orang terdekat yang ketemu hampir setiap hari, sang suami akan menjadi korban kebawelannya.

5. Lebih sensitif dan cepat marah

7 Mitos Tanda Ibu Hamil Anak Perempuan, Kamu Percaya Nggak?
todaysparent.com
Menjadi sensitif terhadap hal apapun sebenarnya merupakan hal yang lumrah dialami semua ibu hamil.
Tapi, kalau menurut mitos, ibu yang sedang hamil anak perempuan akan berkali lipat lebih sensitif daripada mereka yang sedang hamil laki-laki.
Masih berhubungan dengan stereotype, ini karena perempuan biasanya lebih menggunakan hati saat sedang menghadapi masalah, nggak seperti laki-laki yang mengedepankan akal. Mood si ibu juga cenderung nggak stabil, seperti perubahan dari perasaan senang ke sedih secara cepat.

6. Suka makanan manis

7 Mitos Tanda Ibu Hamil Anak Perempuan, Kamu Percaya Nggak?
mumsnet.com
Ada juga nih yang bilang kalau seorang ibu hamil anak perempuan, tiba-tiba akan senang sekali makan makanan manis.
Kalau tanda yang ini sebenarnya bisa dijelaskan secara medis, bahwa perubahan hormon pada ibu hamil akan mempengaruhi indera pengecapnya sehingga lebih suka makanan dengan rasa-rasa yang kuat.

7. Suka mendandani anak perempuan

7 Mitos Tanda Ibu Hamil Anak Perempuan, Kamu Percaya Nggak?
shutterstock.com
Mitos yang terakhir ini mengatakan bahwa tanda kehamilan anak perempuan bisa dilihat dari perilaku sang ibu yang suka mendandani anak perempuan.
Kalau dia punya keponakan perempuan atau tetangga yang memiliki anak perempuan, si ibu bisa jadi sangat lengket dan sering memakaikan aksesoris-aksesoris pada mereka.
Hal ini, katanya, didasari oleh insting ibu hamil yang sedang bersiap-siap untuk menyambut bayi perempuannya. Apa benar demikian?
Itulah tujuh mitos tanda-tanda seorang ibu sedang hamil anak perempuan. Meskipun jarang bisa dibuktikan dengan teori medis, tapi nyatanya mitos-mitos kayak gini seringkali jadi pembicaraan santai di kalangan masyarakat kita.
Tapi sebaiknya, kalau kamu pengen banget tau jenis kelamin bayimu dan nggak mau kecewa, lebih baik langsung menggunakan tes USG. Selain nggak perlu menebak-nebak, kamu juga akan mendapatkan hasil yang lebih akurat!
0 Komentar