Qupas Travel

7 Museum di Surabaya yang Bikin Kamu Tambah Pintar

18 February 2020, at 08:00
7 Museum di Surabaya yang Bikin Kamu Tambah Pintar

Surabaya yang kita kenal sebagai Kota Pahlawan memiliki sejarah panjang setelah Jakarta. Terbukti dari banyaknya cagar budaya yang berada di wilayah ini.

Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih banyak dari semua hal tentang kota ini sejak zaman dulu, wajib banget untuk mampir ke museum di Surabaya yang tersebar di beberapa lokasi.

Dimana saja sih lokasinya? Intip yuk daftar museum di Surabaya yang sudah Qupas rangkum!

1. House of Sampoerna

House of Sampoerna (Foto: instagram.com/dimaxxs)
instagram.com/dimaxxs

Berada di kawasan kota lama, gedung megah bergaya kolonial ini dibangun pada tahun 1858. Kini bangunan tersebut menjadi situs bersejarah di Surabaya yang dilestarikan.

Auditorium sentral bangunan ini berfungsi sebagai museum. Bagian timurnya untuk cafe, kios merchandise, dan galeri seni. Sementara di sisi barat bangunan tetap menjadi rumah tinggal keluarga pemilik.

Berkunjung ke Museum House of Sampoerna (HOS), kamu bakal dibekali berbagai hal. Seperti cerita tentang keluarga pendiri hingga melihat dari dekat proses pembuatan rokok linting yang masih dilakukan secara manual.

Lokasi House of Sampoerna : Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya

Tiket masuk House of Sampoerna : 09.00-18.00 WIB

Jam buka : Gratis

2. De Javasche Bank

De Javasche Bank (Foto: instagram.com/sashy507)
instagram.com/sashy507

Sejak tahun 1910, kondisi bangunan De Javasche Bank masih sama. Pun demikian dengan koleksinya seperti pintu dorong dari baja yang masih tetap terjaga. Hanya saja ada penambahan fasilitas seperti AC, alat keamanan, serta pintu di basement.

Selain mesin uang zaman dulu, koleksi yang bisa dibilang paling spesial di museum di Surabaya satu ini adalah CCTV masa lampau berbentuk kaca datar. Benda tersebut fungsinya sebagai alat keamanan untuk memantau teller yang bertugas di brankas.

Lokasi De Javasche Bank : Jl. Garuda No.1, Krembangan Selatan, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya

Tiket masuk De Javasche Bank : Gratis, cuma isi buki tamu

Jam buka : 08.00-16.00 WIB

3. Museum Pendidikan Surabaya

Museum Pendidikan Surabaya (Foto: instagram.com/anggimytha)
instagram.com/anggimytha

Berada di dikat Taman Ekspresi, membuat suasana Museum Pendidikan Surabaya menjadi sejuk dan asri. Warna bangunan destinasi yang merupakan bekas Sekolah Taman Siswa ini serba putih. Sehingga cukup mencolok di antara hijaunya tanaman di sekitar gedung.

Bangunan bersejarah seluas 1.452 meter persegi ini didirikan supaya anak-anak, khususnya di Surabaya bisa lebih menghargai dan mengambil pelajaran dari sejarah masa lampau.

Berbagai koleksi seperti historika, filologika, heraldika, etnografikia, keramologika, hingga technologika bisa kamu saksikan di wisata Surabaya ini.

Lokasi Museum Pendidikan Surabaya : Jl. Genteng Kali No.10, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya

Tiket masuk Museum Pendidikan Surabaya : Gratis

Jam buka : 08.00-16.00 WIB (Selasa-Minggu)

4. Museum 10 Nopember

Museum 10 Nopember (Foto: instagram.com/kartu_halo)
instagram.com/kartu_halo

Museum di Surabaya satu ini berdiri di atas lahan seluas 2,4 hektar dan masuk kompleks Tugu Pahlawan. Diresmikan pada 19 Februari 2000 oleh Presiden Indonesia ke-4. KH. Abdurrahman Wahid, arsitektur museum ini cukup unik. Dimana dari luar bentuk bangunan ini seperti piramida.

Uniknya lagi, bangunan utama museum dibenamkan di dalam tanah, sehingga hanya atapnya yang terlihat. Hal ini bertujuan supaya pemandangan Tugu Pahlawan nggak terhalang.

Berada di museum yang dibangun guna mengenang aksi heroik arek-arek Suroboyo pada 10 November, kamu bisa melihat sejumlah koleksi seperti foto pahlawan, senjata, kendaraan, perpustakaan, tuang auditorium, hingga diorama audio-visual.

Lokasi Museum 10 Nopember : Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Kota Surabaya

Tiket masuk Museum 10 Nopember : Rp2 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Jam buka : 08.00-16.00 WIB (Selasa-Jumat); 07.00-15.00 (Sabtu-Minggu)

Baca juga: Taman Mozaik, Wisata Baru di Surabaya yang Instagenik

5. Museum WR Soepratman

Museum WR Soepratman (Foto: instagram.com/museum.wrsoepratman)
instagram.com/museum.wrsoepratman

Siapa nggka kenal W.R Soepratman? Pahlawan Nasional pencipta lagu "Indonesia Raya" ini dimakamkan di Surabaya, meski pada kenyatannya beliau lahir di Jakarta.

Untuk mengenang segala jasanya, kamu bisa mengunjungi Museum W.R Soepratman yang berada di Tambaksari. Di sini, semua kisah sejarah serta profilnya bisa kamu lihat.

Lokasi Museum WR Soepratman : Jl. Mangga No.21, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya

Tiket masuk Museum WR Soepratman : Gratis

Jam buka : 09.00-17.00 WIB (Selasa-Minggu)

6. Museum Surabaya

Museum Surabaya (Foto: instagram.com/cindah.s)
instagram.com/cindah.s

Wisata sejarah di Surabaya ini ada di Gedung Siola yang sudah didirikan sejak tahun 1877. Menyimpan sejarah Kota Pahlawan, berbagai koleksi yang tersimpan di sini.

Mulai dari replika biola W.R Soepratman, angkutan becak antik, mobil-mobil antik zaman kemerdekaan, wayang kulit kuno, hingga sejumlah dokumen tua bersejarah tersimpan di Museum Surabaya.

Lokasi Museum Surabaya : Jl. Tunjungan No.1, Genteng, Kota Surabaya

Tiket masuk Museum Surabaya : Gratis

Jam buka : 09.00-21.00 WIB (Selasa-Minggu)

7. Museum Loka Jala Crana

Museum Loka Jala Crana (Foto: instagram.com/finsk___)
instagram.com/finsk___

Beda dari yang lain, museum di Surabaya ini didedikasikan untuk kadet angkatan laut dan sebagai pembelajaran dalam hal sejarah. Awalnya, destinasi ini dibangun pada 19 September 1969 dengan nama Museum Angkatan Laut.

Kemudian namanya sempat berubah, yaitu pada 10 Juli 1973 menjadi Museum TNI-AL. Sampai akhirnya kembali diperbarui menjadi Museum Angkatan Laut Loka Jala Crana pada tanggal 6 Oktober 1979.

Baca juga: Menikmati Wahana Seru di Atlantis Land, Disneyland-nya Surabaya yang Bikin Malas Pulang

Berbagai koleksi yang bisa kamu lihat di sini, seperti kapal perang dengan meriam, pesawat, helikopter, Tank Amfibi PT 76, bidang artileri dan pertahanan udara, hingga pistol kuno laras panjang sampai otomatis yang mungkin nggak bisa ditemukan di tempat lain.

Lokasi Museum Loka Jala Crana : Akademi TNI Angkatan Laut, Jl. Moro Krembangan, Bumimoro, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya

Tiket masuk Museum Loka Jala Crana : Rp2 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Jam buka : 08.00-14.00 WIB (Senin-Kamis); 08.00-15.00 WIB (Jumat); Sabtu dan Minggu tutup

Wah, museum di Surabaya ternyata nggak sedikit. Dari tempat-tempat bersejarah di Surabaya tersebut, kamu bukan hanya bisa sekadar foto-foto saja. Berbagai wawasan, khususnya tentang sejarah pun bakal kamu dapat.