7 Padang Savana di Indonesia, Jangan Sampai Terbakar seperti Gili Lawa ya!

08 August 2018, at 09:09
0
0
7 Padang Savana di Indonesia, Jangan Sampai Terbakar seperti Gili Lawa ya!

Terbakarnya Gili Lawa di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur membuat berbagai pihak mungkin miris dan sedih. Kebakaran yang terjadi selama 9jam telah membumi hanguskan hampir 10hektar padang savana yang ada di sana. Sungguh disayangkan memang, padahal tempat itu menjadi spot terbaik untuk menikmati sunset dan sunrise di NTT.

Namun, kita tinggalkan kesedihan atas kejadian miris tersebut. Sekarang sudah saatnya, kita harus bersama-sama menjaga indahnya bumi pertiwi. Seperti tujuh padang savana di Indonesia lainnya yang bisa kamu kunjungi ini. Eits, tapi ingat ya harus tetap jaga berilaku dengan tidak membuang apapun di alam terbuka agar tidak kejadian kembali hal itu.

Padang savana gunung guntur, melihat ribuan kunang-kunang di malam hari 

ranti_yulianti97 & sigitwardaya

Nah, warga Garut pasti tahu keindahan gunung Guntur yang menawan. Sebelum mencapai puncak gunung dengan ketinggian 2.249 mdpl, para pendaki pasti akan melewati hamparan rumput hijau. Tumbuh juga beberapa pohon pinus yang hidup berjauhan membuat padang savana ini cerah di pagi hari dan merona di sore hari. Saat menjelang matahari terbenam adalah waktu yang tepat karena panorama gunung yang kemerah-merahan menambah kesan dramatis dalam foto. Kamu cukup membayar 12.500 rupiah per malamnya.

Padang rumput gunung sindoro, kebun teh di tengah hamparan savana

sugabiba & theuntitle

Kalau lagi pendakian ke puncak Gunung Merbabu, jangan lupa mampir juga ke padang savana Sigedang. Letak antara gunung merbabu dan sindoro yang berdekatan jadi kamu pasti akan melihat panorama indah yang sama. Pendakian melalui jalur Sigedang ini lah yang nantinya akan menemui hamparan rumput yang menguning. Paling cocok mengunjunginya waktu pagi hari disaat masih sejuknya udara. Pencahayaan untuk dilakukan pemotretan pun akan lebih naturan dan alamiah. Biaya retribusi masuk ke gunung Sindoro hanya 15ribu rupiah saja.

Padang savana oro-oro ombo, hamparan pohon cemara dan bunga edelweis

annisatiani & raedihermawan

Ada yang sudah pernah ke Gunung Semeru? Pasti pernah ke padang savana yang ada disana. Oro-Oro Ombo ini ditumbuhi bunga lavender indah bewarna ungu. Usahakan jika ingin datang ke sini, jangan di musim kemarau. Pasalnya banyak warga yang memang sengaja membakar rumput-rumput, agar tidak tumbuh tinggi. Bau abu sisa pembakaran rumput dirasa cukup mengganggu. Tiket masuk ke sini, hanya sekitar 22.500 rupiah.

Pulau Kenawa, padang rumput yang menguning di ujung perbukitan

gypsyandthepostcard & fakirpiknik

Kalau warga Jatim sering mendengar keindahan eksistensi Taman Nasional Baluran, di NTB juga ada padang savana mirip seperti di Afrika. Padang savana di Indonesia ini cukup banyak dikunjungi wisatawan asing karena kesohoran pulau kecil yang mirip Gili Lawa. Wah, bisa jadi alternatif lain saat berada di Subawa. Spot paling kece ada di puncak bukit Pulau Kenawa yang langsung membentengi laut-laut luas. Harga untuk bisa menikmati indahnya padang di pulau kenawa hanya sebesar 50ribu rupiah saja.

Pulau Diyonumo, pulau tak berpenghuni yang sayang untuk tak disinggahi di Gorontalo Utara

stuartcollin & neng_ully

Pulau Diyonumo ini ada di Gorontalo Utara. Untuk bisa mencapai ke sana, kamu wajib menempuh jalur laut sekitar 15 menit saja dari daratan Gorontalo Utara. Mungkin, saat sesampainya kamu di sana pemandangan yang didapat sangatlah biasa. eits, jangan langsung kecewa dulu ya. Semua harus butuh usaha dan waktu, sobat Qupas. Jadi, kamu masih harus berjalan menyusuri perbukitan untuk bisa mencapai titik puncak dengan padang rumput setinggi lengan orang dewasa yang indah nan mengagumkan. Kamu tidak perlu membayar tiket masuk pulau, cukup membayar perahu kayu yang kamu sewa sebesar 20ribu pulang pergi. Murah kan?

Kawah Ilalang, bisa jadi tempat foto preweding keren yang masih sepi pengunjung

sivafauziahafidz & aminwahyudi13

Untuk menuju ke Kawah Ilalang, kamu wajib melewati desa Curah Macan. Dari desa tersebut kamu bisa berjalan kaki selama 30 menit menuju sisi utara Kawah Ilalang. Barulah kamu akan menikmati indahnya ilalang yang tumbuh bebas dan luas. Walau tempat ini masih belum dikelola oleh dinas terkait namun, bukan berarti kamu bisa memetik ilalang itu sembarangan ya. Tetap harus dijaga dan dilestarikan. Tiket masuk kesini gratis, hanya saja kamu perlu membayar uang titipan kendaraan di warga sekitar.

Padang Savana di Gunung Buthak, hampir dekat dengan puncak gunung

yudhasptwn_ & fanywahyun

Padang savana di Indonesia kali ini berada di kota Malang. Tepatnya berada di Gunung Buthak. Untuk bisa menemukan padang sabana ini, kamu harus mendaki gunung itu melalui jalur panderman. Biasanya para pendaki menjadikan lokasi savana sebagai tempat menginap karena tempatnya yang dekat dengan sumber air dan puncak. Harga tiket masuk Gunung Buthak sebesar 7ribu per orang dengan tarif parkir 5ribu saja.

Jadi, gimana mengunjungi padang savana yang mana dulu nih? Ajak-ajak ya!

Topics:

0 Comment