7 Pantangan Penderita Tipes Ini Nggak Boleh Kamu Lakukan, Akibatnya Bisa Fatal!

24 September 2019, at 10:00
0
0
7 Pantangan Penderita Tipes Ini Nggak Boleh Kamu Lakukan, Akibatnya Bisa Fatal!

Tipes atau demam tifoid merupakan masalah kesehatan yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhii ini memang bisa menyerang siapa saja.

Bakteri penyebab tipes bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Selain itu, kamu juga bisa tertular apabila melakukan kontak langsung dengan penderita.

sakit tipes
gettyimages.com

Pada umumnya, gejala tipes dapat sembuh seiring waktu dengan mengonsumsi obat pereda nyeri dari dokter dan beristirahat. Akan tetapi, itu saja nggak cukup untuk membuat bakteri mati dan membuatmu sembuh total.

Maka dari itu, sebaiknya hindari beberapa pantangan yang berisiko membuat tipes kambuh lagi berikut ini.

1. Makan Makanan Mentah

makanan mentah
pexels.com/@chevanon

Makan makanan mentah atau kurang matang merupakan salah satu pantangan yang harus dihindari oleh pasien tipes. Hal tersebut karena bakteri salmonellla, e.coli. dan listeria yang biasanya terdapat pada makanan mentah dapat memperparah infeksi.

Pastikan makanan seperti daging dan seafood benar-benar matang sebelum dikonsumsi. Untuk buah, kamu harus mencucinya terlebih dahulu hingga bersih ya!

2. Jajan Sembarangan

jajan sembarangan
pexels.com/@pragyanbezbo

Saat sedang sakit, kamu mungkin nggak berselera mengonsumsi makanan dari rumah sakit sehingga memiliki keinginan untuk jajan sembarangan di pedagang kaki lima. Padahal, hal tersebut merupakan pantangan utama bagi penderita tipes lho.

Jajan sembarangan berisiko membuat masalah kesehatan yang sedang kamu alami menjadi semakin parah karena proses pembuatan yang kurang higienis.

3. Konsumsi Kafein

kafein
pexels.com/@burst

Selain mengonsumsi makanan mentah dan jajan sembarangan, kamu yang sedang sakit tipes juga nggak boleh minum kafein lho.

Minuman seperti kopi, teh, dan coklat yang mengandung kafein bersifat diuretik sehingga dapat meningkatkan risiko dehidrasi. Padahal, sakit tipes saja pasti sudah membuatmu banyak mengeluarkan cairan karena diare dan muntah-muntah.

Baca Juga: Hobi Jajan Kopi? Ini Tanda Tubuhmu Sudah Overdosis Kafein

4. Terlalu Lelah

kelelahan
hellosehat.com

Penderita tipes juga nggak dianjurkan untuk beraktivitas terlalu berat atau melelahkan. Hal tersebut karena tubuh membutuhkan waktu dan energi yang cukup besar untuk melawan bakteri Salmonella thypii yang menyerang.

Selain itu, tidur dan istirahat total akan membantu memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak akibat ifeksi virus serta mempercepat proses pemulihan.

5. Nggak Menjaga Kebersihan

cuci tangan pakai sabun
depositphotos.com

Sebagai pasien tipes, nggak menjaga kebersihan adalah sebuah pantangan yang nggak boleh kamu langgar.

Pastikan untuk mencuci tangan pakai sabun setelah dan sebelum ke toilet selama sakit tipes karena bakteri bisa menyebar dan membuat orang lain tertular.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang jadi pantangan bagi penderita tipes. Jangan coba-coba melanggar kalau nggak mau penyakit ini jadi lebih parah dan menyebar ya!

0 Comment