7 Tata Krama yang Harus Diajarkan Kepada Anak Sejak Usia Dini

26 September 2019, at 17:00
0
0
7 Tata Krama yang Harus Diajarkan Kepada Anak Sejak Usia Dini

Melihat anak tumbuh dengan baik merupakan impian semua orang tua. Bukan hanya dalam hal kesehatan dan kecerdasan intelektual saja, namun juga menyangkut tata krama.

Akan tetapi, si kecil bisa saja tumbuh menjadi pribadi yang kasar dan nggak sopan. Kondisi tersebut mungkin terjadi bukan karena kesengajaan, hanya saja buah hati nggak mendapatkan dasar tata krama yang seharusnya dipelajari sejak dini.

Oleh sebab itu, berikut ini 7 tata krama dasar yang perlu orang tua ajarkan kepada buah hati.

1. Menghormati Orang yang Lebih Tua

menghormati orang tua
prica.team

Tata krama pertama yang perlu diajarkan kepada anak adalah menghormati orang yang lebih tua. Bukan hanya kepada Ayah dan Bunda, namun juga kepada orang-orang lainnya seperti guru, kakak, paman, bibi, nenek, kakek, dan setiap orang dewasa yang ditemui.

Salah satu cara paling mudah untuk menunjukkan rasa hormat kepada orang yang lebih tua adalah dengan mengucapkan salam atau menunduk setiap kali bertemu.

2. Mengucapkan “Tolong”, “Maaf”, “Terima Kasih”, dan “Permisi”

mengucapkan terima kasih
hotworldreport.com

Selain menghormati orang yang lebih tua, si kecil juga harus dibiasakan mengucapkan empat kata ajaib yaitu “tolong”, “maaf”, “terima kasih”, dan “permisi” sejak dini.

Bisa dibilang, hal ini merupakan tata krama paling dasar yang harus dipelajari oleh si kecil. Orang tua juga perlu menjadi teladan pada kehidupan sehari-hari agar hal tersebut tertanam dalam diri anak sampai dewasa.

3. Mengetuk Pintu

mengetuk pintu
flipboard.com

Tata krama dasar lainnya yang perlu diajarkan kepada anak sejak usia dini adalah mengetuk pintu atau meminta izin saat akan masuk.

Si kecil harus diberikan pemahaman tentang privasi orang lain dan apa yang harus dilakukan untuk menghormati hal tersebut.

Baca Juga: Tanda-tanda Anak Jadi Korban Bullying di Sekolah, Orang Tua Perlu Tahu!

4. Nggak Mengomentari Fisik atau Mengolok-olok Orang Lain

bullying
springvilletelephone.com

Saat melihat sesuatu yang nggak biasa, anak-anak cenderung lebih jujur. Akan tetapi keterusterangan si kecil bisa jadi menyinggung perasaan orang lain.

Oleh sebab itu, penting untuk mengajarkan anak tentang tata krama untuk nggak mengomentari kondisi fisik atau mengolok-olok keadaan orang lain.

5. Menutup Mulut Saat Batuk dan Bersin

anak bersin
doctormums.com

Hal lain yang perlu orang tua ajarkan pada anak sejak dini yaitu menutup mulut saat batuk atau bersin.

Pasalnya, hal tersebut nggak hanya jorok namun juga bisa membuat orang lain tertular masalah kesehatan yang sedang dialami.

6. Nggak Mengganggu Percakapan Orang Lain

nggak mengganggu percakapan orang lain
istockphoto.com

Tata krama lainnya yang harus diajarkan kepada anak sedini mungkin adalah nggak mengganggu percapakan orang lain.

Si kecil yang baru belajar berkomunikasi mungkin sangat ingin didengarkan. Maka dari itu, bimbinglah buah hati untuk menunggu percakapan orang lain selesai dan mengungkapkan apa yang ingin ia katakan setelah mendapatkan kesempatan.

7. Menghindari Bahasa Kotor

anak berkata kotor
danoah.com

Selain enam hal di atas, sangat penting juga untuk mengajak anak menghindari bahasa kotor atau nggak sopan.

Buah hati mungkin meniru kata-kata yang nggak sepantasnya diucapkan dari Tv atau lingkungan sekitar. Oleh sebab itu, orang tua perlu membimbing si kecil sebelum hal tersebut menjadi kebiasaan.

Nah, itu dia Sobat Qupas 7 tata krama dasar yang perlu kamu ajarkan kepada buah hati sejak usia dini karena hal tersebut akan membentuk karakternya sampai dewasa.

0 Comment