7 Tempat Bersejarah di Surabaya yang Bangkitkan Kenangan Masa Lalu

17 June 2019, at 11:00
0
0
7 Tempat Bersejarah di Surabaya yang Bangkitkan Kenangan Masa Lalu

Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Dengan penduduk hampir mencapai 3 juta, Kota Pahlawan tersebut berhasil menjadi wilayah metropolis dan menjadi pusat perdagangan, bisnis, industri, bahkan pendidikan.

Sebelum menjadi ibu kota Jawa Timur yang terkenal sebagai wilayah maju, Surabaya memiliki masa lalu atau sejarah yang luar biasa.

Terdapat banyak tempat yang merupakan saksi bisu atas perlawanan arek-arek Suroboyo di masa penjajahan Indonesia dan masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Baca Juga: Tempat Bersejarah di Klungkung Bali untuk Liburan yang Bermakna

Apabila sedang berada di Surabaya dan memiliki waktu senggang, kamu bisa menyusuri tempat-tempat bersejarah berikut ini yang sekaligus akan mempercantik feed instagrammu.

1. Tugu Pahlawan

tugu pahlawan
instagram.com/tjioivan

Selain Patung Sura dan Baya, Surabaya nggak bisa dilepaskan dari monumen ikonik Tugu Pahlawan. Bangunan yang diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1952 tersebut memiliki beragam koleksi sejarah di dalamnya, khususnya peristiwa 10 November 1945.

Dengan angel yang tepat, kamu bisa mendapatkan foto memukau dengan latar Tugu Pahlawan, lho. Kamu bisa bisa mengikuti kegiatan seperti senam pagi yang biasanya diadakan setiap akhir pekan.

Lokasi Tugu Pahlawan: Jl. Bubutan, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan

Jam Buka: Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 07.00-15.00 WIB

Tiket Tugu Pahlawan: Gratis

2. Museum Surabaya

museum surabaya
instagram.com/stefanigabriela

Sebagian orang mungkin lebih mengenal Museum Surabaya dengan nama Gedung Siola. Pada sejarahnya, bangunan ini pernah menjadi tempat pertahanan saat melawan sekutu.

Setelah kemerdekaan, gedung yang awalnya bernama White Laidlaw ini berubah menjadi pusat perbelanjaan modern di Surabaya. Saat ini, kamu bisa menyusuri perjalanan Kota Pahlawan yang mengesankan di sana.

Lokasi Museum Surabaya: Jl. Tunjungan No.1, Genteng, Kec. Genteng

Jam Buka: Senin-Sabtu mulai pukul 09.00-21.00 WIB

Tiket Museum Surabaya: Gratis

3. House of Sampoerna

hos
instagram.com/it444

Kalau yang satu ini, pasti kamu sudah nggak asing lagi kan? House of Sampoerna memang merupakan salah satu tempat bersejarah banyak dikenal, bahkan oleh orang-orang dari luar Surabaya.

Di tempat ini kamu nggak hanya akan menemukan sejarah perusahaan rokok terbesar di Indonesia, melainkan juga menyaksikan langsung pembuatannya. Selain itu, bangunan yang masih otentik membuatmu bisa menemukan spot foto instagramable dengan mudah.

Lokasi House of Sampoerna: Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Kec. Pabean Cantian

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 09.00-18.00 WIB

Tiket House of Sampoerna: Gratis

Baca Juga: Museum-Museum Paling Unik dan Aneh di Indonesia, Pernah Ke Sini?

4. Penjara Kalisosok

penjara kalisosok
instagram.com/willmarnataga21

Apa yang terlintas dibenakmu saat mendengar kata “penjara”? Pasti tempat gelap menyeramkan yang penuh dengan penjahat. Kesan yang sama ditunjukkan oleh Penjara Kalisosok yang dulunya pernah menjadi tempat dipenjaranya KH Mas Mansyur, WR Supratman dan HOS Tjokroaminoto.

Tenang saja, penjara ini sudah ditutup sejak tahun 2000 dan justru menjadi objek foto instagramable sejak tembok luarnya dicat warna-warni.

Lokasi Penjara Kalisosok: Jl. Kasuari No.5, Krembangan Sel., Kec. Krembangan

Jam Buka: 24 jam

Tiket Penjara Kalisosok: Gratis

5. Makam Peneleh

makam peneleh
instagram.com/mazbay007

Aneh memang, akan tetapi di Surabaya kamu bisa berwisata di kuburan lho. Makam Peneleh merupakan salah satu tempat bersejarah yang sudah ada sejak tahun 1814.

Kamu akan merasakan gaya gothic seperti yang ada di film horor luar negeri apabila memasuki kawasan ini. Meskipun kurang terawat, namun arsitektur romawi pada makam akan membuatmu mendapatkan foto yang keren lho di tempat ini.

Lokasi Makam Peneleh: Jl. Makam Peneleh No.35A, Peneleh, Kec. Genteng

Jam Buka: 24 jam

Tiket Makam Peneleh: Gratis

6. Hotel Majapahit

hotel majapahit
instagram.com/cutsyifaa

Hotel Majapahit merupakan tempat perobekan bendera Belanda menjadi merah-putih pada 9 September 1945, salah satu momen penting yang memicu peristiwa 10 November 1945.

Bangunan yang dulunya bernama Hotel Yamato ini masih mempertahankan bentuk awalnya yang sangat instagramable, lho!

Lokasi Hotel Majapahit: Jl. Tunjungan No.65, Genteng, Kec. Genteng

Jam Buka: 24 jam

Tiket Hotel Majapahit: Rp85.000,00 (hotel tour)

7. Jalan Karet

jalan karet
instagram.com/anas_assyathiri

Buat kamu yang suka berburu spot vintage di Surabaya, Jalan Karet dan sekitarnya ini nggak boleh sampai terlewatkan!

Merupakan pusat pabrik tembakau milik Belanda pada zaman dahulu kala, kamu akan merasa seperti ada di lorong waktu saat menyusurinya.

Lokasi Jalan Karet: Jalan Karet, Bongkaran, Pabean Cantikan

Jam Buka: 24 jam

Tiket Jalan Karet: Gratis

Nah, itu dia Sobat Qupas tempat-tempat bersejarah di kota Surabaya yang memiliki arsitektur menarik buat kamu yang suka foto-foto. Menarik, kan?

0 Comment