7 Tips Memilih Sunscreen yang Sesuai dengan Kondisi dan Jenis Kulit

17 April 2019, at 11:00
0
0
7 Tips Memilih Sunscreen yang Sesuai dengan Kondisi dan Jenis Kulit

Ada banyak sekali jenis sunscreen yang beredar di pasaran hingga terkadang membuatmu kewalahan dan bingung harus memilih yang mana. Bahkan satu brand bisa merilis beberapa produk dengan tingkat SPF yang sama.

Nah, kira-kira seperti apa sih kriteria sunscreen yang baik untukmu?

Daripada bingung, yuk langsung simak 7 tips memilih sunscreen yang sesuai dengan kondisi dan jenis kulit berikut ini!

1. Perhatikan tingkat perlidungannya

Apapun jenis kulitmu, hal pertama yang harus diteliti sebelum membeli sunscreen adalah tingkat perlindungannya. Pilihlah produk yang berlabel broad spectrum, agar bisa menjaga wajahmu dari bahaya sinar UVA dan UVB.

Produk sunscreen yang nggak memiliki label ini umumnya hanya bisa melindungi wajah dari sengatan matahari, bukan penuaan ataupun kanker kulit.

2. Kandungan sunscreen yang baik

Seperti skincare lainnya, komposisi sunscreen terdiri dari sederet zat kimia yang terkadang asing di telinga. Nah, supaya lebih mudah, pilihlah produk yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide.

Sebab, dua senyawa ini dinilai lebih lembut dan cukup aman di kulit meskipun dipakai setiap hari.

3. Pilih kadar SPF yang sesuai

Tips memilih sunscreen wajah selanjutnya adalah memperhatikan kadar SPF yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk kebutuhan sehari-hari, produk dengan kandungan SPF 30 dirasa cukup.

Karena penggunaan tabir surya ber-SPF tinggi dalam waktu yang lama justru bisa meningkatkan risiko terkena luka bakar dan kanker kulit.

American Academy of Dermatology (AAD) juga menyarankan baiknya selalu mengaplikasikan ulang sunscreen tiap 2 jam sekali atau setelah berkeringat.

Baca juga: Perbedaan Kadar SPF pada Sunscreen, Apa Sih Artinya?

4. Sunscreen untuk kulit berminyak

Pemilik kulit berminyak biasanya rentan terhadap jerawat dan pori-pori lebar. Untuk itu, pilihlah produk sunscreen dengan tekstur gel dan berbahan dasar air.

Sunscreen jenis ini lebih cepat terserap, nggak akan memyumbat pori dan membuat wajah tambah berminyak.

5. Sunscreen untuk kulit kering

Tips memilih sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit kering adalah perhatikan kandungan pelembab di dalamnya. Bila perlu, pakai produk yang diperkaya dengan kandungan lidah buaya atau minyak jojoba.

Untuk teksturnya, kamu bisa memilih produk sunscreen terbaik yang berbentuk losion atau cream. Karena cukup efektif untuk melembabkan kulit.

6. Sunscreen untuk kulit sensitif

Perawatan untuk kulit sensitif memang harus ekstra hati-hati. Yang pertama, kamu harus memilih produk sunscreen yang bebas dari kandungan PABA, oxybenzone, alkohol, dan pewangi tambahan (fragrance).

Sebab, bahan-bahan ini berisiko menyebabkan kemerahan, gatal-gatal, jerawat, dan iritasi pada kulit sensitifmu.

7. Sunscreen untuk kulit berjerawat

Tips memilih sunscreen untuk wajah berjerawat sebenarnya hampir mirip dengan kulit berminyak. Yang pasti, pakai produk yang kandungannya oil-free atau water-based.

Selain itu, hindari produk dengan SPF tinggi, karena biasanya akan merangsang produksi sebum dan timbulnya jerawat. Jadi lebih baik pilih sunscreen dengan SPF 20 atau 30 dan aplikasikan ulang setiap dua jam sekali.

Nah, itulah beberapa tips memilih sunscreen yang paling aman dan tentunya sesuai dengan kondisi juga jenis kulitmu. Gimana, nggak bingung lagi kan sekarang mau beli yang mana?

0 Comment