7 Wisata Hits di Jakarta Buat Kamu yang Nggak Mudik, Biar Lebaran Tetap Berkesan

03 June 2019, at 11:00
1
0
7 Wisata Hits di Jakarta Buat Kamu yang Nggak Mudik, Biar Lebaran Tetap Berkesan

Musim mudik sudah tiba. Tapi gimana buat yang nggak pulang ke kampung halaman dan harus tetap di ibu kota karena berbagai hal? Solusinya liburan saja, Sobat!

Seperti ke beberapa tempat wisata di Jakarta berikut ini. Mulai dari yang berbayar sampai gratis juga ada. Kamu pun bisa puas hunting foto atau sekedar melepas penat karena kemungkinan besar ibu kota nggak sepadat biasanya.

Baca juga: Dikenal Sebagai Kota Metropolitan, Ternyata Jakarta Punya 8 Wisata Alam Ini

Penasaran dimana saja lokasinya? Yuk simak info singkat dari Qupas berikut ini!

1. Museum Macan

museum macan
instagram.com/lydiawirawan

Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara alias Museum Macan bisa jadi pilihan pertamamu untuk liburan saat lebaran nanti. Tempat ini memang hits banget. Ada banyak karya seni modern dan kontemporer yang bisa kamu saksikan atau bahkan dijadikan latar fotomu.

Tempat wisata di Jakarta ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 18.00 WIB saja. Khusus hari Senin tutup. Jadi datangnya di hari Minggu sampai Sabtu saja ya!

Untuk tiket masuknya, kamu bisa memesan secara online maupun langsung beli. Harganya cuma Rp100.000,00 per orang kok. Nah, setelah masuk ke area museum ini, ada larangan yang harus kamu patuhi, yaitu nggak boleh bawa kamera selain dari handphone, makanan, maupun minuman.

Lokasi Museum Macan : AKR Tower Level M, Jalan Perjuangan No.5, Kebon Jeruk, Jakarta

2. Bianglala J-Sky, AEON Mall

bianglala j sky aeon mall
instagram.com/monty_triprasetyo

Wahana bianglala tertinggi di Indonesia ini terletak di atap AEON MALL, Cakung, Jakarta Timur. Tingginya sekitar 69 meter dengan diameter 50 meter. Gondolannya pun berjumlah 32 buah.

Dari sini, kamu bisa menikmati kecantikan Kota Jakarta dari ketinggian. Soal tiket masuk, kamu perlu menyediakan budget mulai dari Rp55.000,00 (weekday) dan Rp65.000,00 (weekend) per orangnya.

Lokasi J-Sky AEON Mall : Cakung Timur, Kecatan Cakung, Kota Jakarta Timur

3. Kepulauan Seribu

kepulauan seribu
instagram.com/lebbytha

Beda dari imej Jakarta yang selalu identik dengan hutan beton, kali ini coba melipir di kawasan pesisirnya. Sebut saja Kepulauan Seribu.

Wisata alam di Jakarta ini bisa ditembuh sekitar 1 jam dari Kota Jakarta dengan cara menyeberang pakai speedboat. Di sini, kamu bisa menikmati jernihnya air, angin sepoi-sepoi, dan pasir putih lembut.

Lokasi Kepulauan Seribu : Daerah Khusus Ibukota Jakarta

4. Kota Tua

kota tua jakarta
instagram.com/melodyamadeas

Tempat wisata di Jakarta ini juga recommended banget untuk kamu kunjungi. Apalagi salah satu kawasan paling populer di ibu kota ini terdapat banyak gedung serta museum yang bikin liburanmu makin bermakna.

Mulai dari Museum Fatahilah, Museum Bank Indonesia, Toko Merah, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bahari, Pelabuhan Sunda Kelapa, sampai Petak Sembilan Pecinan ada di kompleks Kota Tua.

Lokasi Kota Tua : Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Taman Sari, Kota Jakarta Barat

Baca juga: Museum di Jakarta untuk Para Pecinta Sejarah

5. Taman Wisata Alam Mangrove

taman wisata alam mangrove
instagram.com/septariacyndiaputri

Destinasi di Jakarta Utara ini seakan menjadi oase di tengah panasnya ibu kota. Soalnya di sini banyak pohon bakau tumbuh. Beberapa spot berbentuk rumah-rumah kayu ada di sini. Kamu bisa berselfie ria di sini.

Pengen keliling hutan mangrove dengan cara beda? Kamu bisa sewa perahu dengan tarif sekitar Rp250.000,00 sampai Rp350.000,00 untuk kapasitas 6 hingga 8 orang. Bisa juga sewa kano dengan biaya Rp100.000,00.

Lokasi Taman Wisata Alam Mangrove : Jalan Garden House, Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Kota Jakarta Utara

6. Kalijodo Park

kalijodo park
instagram.com/buddy.trisatyo

Pengen liburan di lebaran nanti tapi nggak perlu bayar tiket? Mampir saja ke Kalijodo Park alias Taman Kalijodo. Area yang dulu identik dengan kegiatan kriminalitas sejak tahun 1970-an ini sekarang sudah jadi kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Bukan cuma bisa menikmati suasana asri di tengah-tengah lingkungan perkotaan. Kamu pun bisa dapat melakukan beragam aktivitas menarik di sini, seperti:

  • Wisata kuliner di siang maupun malam hari
  • Mengunjungi perpustakaan umum Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA)
  • Area BMX track dan skate park
  • Lokasi wisata lintas generasi
  • Aneka penyewaan mainan anak

Lokasi Kalijodo Park : Jalan Bidara Raya No. 18, Pejagalan, Penjaringan, Angke, Tambora, Kota Jakarta Utara

7. Taman Impian Jaya Ancol

taman impian jaya ancol
instagram.com/habby.jr

Kalau tempat ini pastinya sudah nggak asing lagi buat kamu. Wisata di Jakarta Utara ini punya sejumlah kawasan wisata dengan tema berbeda dan letaknya pun berdekatan, yaitu Dunia Fantasi atau Dufan, Atlantis Water Adventure, Seaworld, Ocean Dream Samudra, dan lain sebagainya.

Baik di hari biasa maupun akhir pekan, tiket masuknya sekitar Rp25.000,00 per orang. Bawa motor? Maka kamu perlu menyediakan budget senilai Rp15.000,00. Sedangkan untuk kamu yang mengendarai mobil, perlu menyediakan budget lagi senilai Rp25.000,00.

Lokasi Taman Impian Jaya Ancol : Jalan Lodan Timur No.7, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara

Nah, itu dia tempat wisata di Jakarta untuk alternatif libur lebaran buat kamu yang nggak mudik ke kampung halaman. Jadi pengen mampir ke mana dulu nih? Wisata berbayar atau yang gratisan?

0 Comment