7 Wisata Surabaya Utara yang Bikin Liburanmu Nggak Akan Pernah Terlupakan

14 December 2018, at 11:00
2
0
7 Wisata Surabaya Utara yang Bikin Liburanmu Nggak Akan Pernah Terlupakan

Kawasan Surabaya Utara punya cukup banyak wisata sehingga menjadi lokasi yang menarik untuk dikunjungi para wisatawan. Apalagi kamu bisa sambil melepas penat dari hingar bingar perkotaan.

Tapi ada apa saja sih di Surabaya bagian Utara ini? Tentu saja beragam jenis destinasi liburan tersedia di kawasan satu ini.

Mulai dari tempat bersejarah yang memorable, lokasi dengan spot foto cantik hingga taman hiburan untuk liburan bersama orang-orang tercinta. Dijamin nggak akan pernah terlupakan deh!

Nggak percaya? Coba saja buktikan di ulasan Qupas berikut ini!

1. Gedung De Javasche Bank Surabaya

de javashche bank
instagram.com/licaccaa

Suguhan bangunan klasik dengan arsitektur kuno ala Belanda masih berdiri kokoh di Kota Surabaya. Seperti itulah gambaran dari Gedung De Javasche Bank.

Untuk pertama kalinya, gedung ini didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda pada 1828. Sedangkan pada tahun 1829, cabang di Surabaya mulai dibuka.

Bangunan ini ternyata sempat dibangun ulang pada tahun 1904 dengan luas sekitar 1.000 meter persegi dan bergaya neo renaissance empire. Sampai saat ini desain tersebut tetap bertahan.

Menariknya lagi, ternyata gedung ini pernah menjadi kantor Bank Indonesia pada 1 Juli 1953 sampai tahun 1973.

De Javasche Bank pun selesai dikonservasi pada awal 2012. Bahkan bangunan ini menjadi salah satu saksi bisu perbankan di Indonesia dan merupakan cagar budaya milik bank Indonesia (BI).

de javashche bank surabaya
instagram.com/melinanovita_

Pada akhirnya, tempat ini dialihfungsikan menjadi museum dan ruang pameran. Di tempat bersejarah ini pun terbagi menjadi beberapa ruang yang meliputi:

  • Ruang Koleksi Uang
  • Ruang Koleksi Hasil Konservasi
  • Ruang Koleksi Pusaka Budaya

Menarik banget kan? Jadi jangan pernah ragu untuk datang ke sini. Sebab bukan hanya sebagai sarana penghibur, di sini pun kamu bisa mempelajari sejarah. Setuju?

Alamat: Jalan Garuda No.1, Krembangan Sel., Krembangan, Kota Surabaya

Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB

Tiket masuk: Gratis

Jangan lupa review di sini, Gedung De Javasche Bank Surabaya

2. Atlantis Land Kenjeran Surabaya

atlantis land kenjeran
instagram.com/sucinto_asen

Jangan hanya melirik Kota Batu saja untuk menjadi tujuan wisata. Sebab di Surabaya juga punya deswinasi liburan yang nggak kalah menarik.

Sebut saja Atlantis Land yang ada di Kecamatan Bulak, kawasan Surabaya Utara. Luasnya hingga 15 hektar dan didesain oleh arsitektur Australia.

Ketika berkunjung ke sana, kamu pasti akan dibuat takjub dan nggak tahan untuk hunting foto. Apalagi lokasinya instagenik banget.

Wisata yang baru dibuka pada 23 Desember 2017 lalu ini pun cukup menarik bagi para pengunjung. Bukan hanya karena desain bangunannya saja. Tapi karena ada beberapa wahana seru yang bisa dicoba, seperti:

  • Museum Atlantis Land
  • Dancing fountain
  • Futsal indoor
  • Fitness center
  • Kolam Bandeng
  • Kolam Renang Waterpark
  • Sanggar Agung
  • Kia-Kia, dan lain sebagainya

atlantis land kenjeran surabaya
instagram.com/kaaaikaak

Ingin kulineran di sini? Tentu saja bisa karena ada menu khas Surabaya dan western yang sangat menggoda.

Yuk langsung liburan ke wisata baru di Surabaya ini! Biar nggak nyesel kalau sudah datang jauh-jauh ke Kota Pahlawan.

Alamat: Jalan Sukolilo Larangan No.100, Bulak, Kota Surabaya

Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 10.00-18.00 WIB

Tiket masuk: 100 ribu rupiah (anak-anak); 125 ribu rupiah (dewasa)

Jangan lupa review di sini, Atlantis Land Kenjeran Surabaya

3. Surabaya North Quay

surabaya north quay
instagram.com/elmymude

Surabaya memang menyediakan beragam wisata khas kota yang sangat banyak, misalnya saja pusat perbelanjaan. Tapi kalau kamu bosan dengan destinasi liburan itu, boleh banget mmapir ke Surabaya North Quay.

Sebab di sini kamu bisa menyaksikan sisi lain dari Kota Surabaya. Keindahan panorama di sekitar Pelabuhan Tanjung Perak pun dapat kamu nikmati.

Menariknya lagi, wisata yang dikelola oleh PT Pelindo III (Persero) ini juga dijadikan sebagai tempat bersandarnya kapal pesiar (cruise) internasional, lho.

surabaya north quay pabean cantikan
instagram.com/sucinto_asen

Selain itu, di Surabaya North Quay, kamu juga bisa menyaksikan hiburan berupa live music, atraksi seni, pameran produk komunitas lokal hingga pasar kuliner.

Tertarik untuk berkunjung? Yuk langsung datang ke lokasinya saja supaya nggak semakin penasaran.

Alamat: Perak Utara, Pabean Cantikan, Kota Surabaya

Jam operasional: Selasa-Minggu (11.00-20.00 WIB); Senin (tutup)

Tiket masuk: Gratis, tapi sediakan budget untuk parkir motor (lima ribu rupiah) dan mobil (tujuh ribu lima ratus rupiah)

Jangan lupa review di sini, Surabaya North Quay

4. Kenpark Kenjeran Baru

kenpark kenjeran baru
instagram.com/megarismanita

Wisata Surabaya Utara satu ini dulu hanya dipandang sebelah mata. Namun dengan seiring berjalannya waktu, banyak pembenahan dan kini tempat ini mulai dilirik kembali.

Apalagi sekarang Ken Park punya banyak spot foto yang cukup menarik. Untuk kamu yang hobi selfie, tempat satu ini recommended banget untuk kamu.

Pertama kali memasuki Ken Park, mungkin kamu nggak menyangka kalau kawasan ini begitu spesial. Tapi coba saja telusuri tempat ini hingga kamu sampai di Klenteng Sanggar Agung yang terletak di tepi Pantai Ria.

Tepat di belakang klenteng tersebut, ada patung Dewi Kwan Im dan sepasang naga yang menarik. Di lokasi inilah para wisatawan biasa melakukan hunting foto.

kenpark kenjeran baru surabaya
instagram.com/rerefirmansyah

Tapi ingat! kamu yang nggak beribadah bisa melewati pintu di samping klenteng yang telah tersedia. Tujuannya agar nggak mengganggu mereka yang sedang melakukan kewajibannya pada Sang Pencipta.

Selain kedua patung tersebut, masih ada banyak lokasi foto yang menarik di lokasi satu ini. Kamu pun nggak akan menyesal ketika berkunjung.

Terlebih lagi kamu juga bisa menikmati beragam kuliner khas Surabaya di kawasan ini, seperti lontong balap, sate kerang, kupang lontong dan masih banyak lainnya.

Sudah tertarik untuk berkunjung? Yuk langsung berangkat!

Alamat: Jalan Pantai Ria Kenjeran, Sukolilo Baru, Bulak, Kota Surabaya

Jam operasional: Setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: Lima ribu rupiah per orang

Jangan lupa review di sini, Ken Park Kenjeran Baru

Baca juga: 5 Guest House di Surabaya yang Murah dan Bikin Betah, Harga Mulai 100 Ribuan

5. Monumen Jalesveva Jayamahe

monumen jalesveva jayamahe
instagram.com/idacreative

Nggak heran kalau Surabaya dijuluki sebagai Kota Pahlawan. Apalagi di sini ada banyak tempat bersejarah. Salah satunya Monumen Jalesveva Jayamahe yang terletak di kawasan Surabaya Utara.

Monumen ini sendiri melambangkan kekuatan dan kejayaan laut Indonesia. Bahkan area ini juga dapat menjadi pengingat bahwa sejak dulu Tanah Air cukup berjaya di bidang kemaritiman.

Monumen Jalesveva Jayamahe memiliki bentuk seorang perwista TNI Angkatan Laut dengan seragam lengkap. Bahkan ia berdiri tegak sambil menatap lautan.

Menariknya lagi, monumen tersebut juga seolah menatap Jembatan Suramadu. Tangan kanannya berada di pinggang. Sedangkan tangan kiri memegang pedang yang bertumpu di lantai.

Tingginya sendiri adalah 30,6 meter dan dibangun atas prakaras dari Laksamana TNI bernama Muhammad Arifin pada tahun 1990-an.

monumen jalesveva jayamahe surabaya
instagram.com/nilaemily

Perlu kamu ketahui, pembangunan tempat ini memerlukan waktu 6 tahun dan mulai diresmikan pada 5 Desember 1996 oleh presiden kedua Indonesia, Soeharto.

Lebih mengejutkan lagi, biaya pembangunan monumen tersebut mencapai hingga 27 miliar rupiah, lho. Hmm, nggak heran kalau bangunannya sangat keren!

Coba deh lihat hasil desain dari seniman patung terkenal bernama I Nyoman Nuarta ini. Sangat menakjubkan ya? Jadi jangan ragu lagi untuk mampir ke tempat ini.

Selain bisa belajar sejarah, kamu juga bisa hunting foto kok.

Alamat: Armada Timur Ujung, Ujung, Semampir, Kota Surabaya

Jam operasional: Senin-Jumat (07.00-15.00 WIB); Sabtu-Minggu (tutup)

Tiket masuk: -

Jangan lupa review di sini, Monumen Jalesveva Jayamahe

6. House Of Sampoerna Surabaya

house of sampoerna
instagram.com/tryanawahono

Begitu mendengar namanya, pasti kamu secara refleks akan mengingat salah satu merek rokok terkenal di Indonesia dan dunia.

Yap! Tempat ini memang merupakan bangunan milik pendiri perusahaan rokok tersebut, Liem Seeng Tee. Tapi sebenarnya dulu gedung bergaya kolonial Belanda ini dibeli olehnya pada 1932.

Dibangun pada tahun 1858, gedung ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 2003. Tepat di auditorium sentral di dalamnya terdapat museum.

Bagian timur telah diubah menjadi ruangan untuk kafe, kios merchandise dan galeri seni. Sedangkan di sisi barat tetap menjadi rumah tinggal keluarga Liem Seeng Tee.

Museum satu ini menawarkan pengalaman unik bagi para pengunjung. Mulai dari cerita keluarga pendiri hingga melihat dari dekat proses penggulungan rokok yang masih dilakukan secara manual.

house of sampoerna surabaya
instagram.com/dianiayun

Tepat di museum kafe, pengunjung dapat membeli beragam suvenir yang berkaitan dengan gedung cantik satu ini. Contohnya saja seperti:

  • Miniatur peralatan tongkat rokok tradisional
  • Cengkeh
  • Buku
  • Kemeja

Jangankan museum dengan beragam cerita sejarahnya. Di halaman gedung juga terdapat taman yang tertata rapi dan begitu memanjakan mata.

Kamu pun bisa sekalian hunting foto di area satu ini. Bisa dipastikan hasilnya nggak akan mengecewakan. Coba saja lihat beberapa postingan di sosial media.

Alamat: Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Pabean Cantikan, Kota Surabaya

Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 09.00-18.00 WIB

Tiket masuk: Dua ribu rupiah per orang

Jangan lupa review di sini, House Of Sampoerna Surabaya

7. Pantai Kenjeran Lama

pantai kenjeran lama
instagram.com/amelianaafidah

Tepat di sisi utara, Surabaya punya wisata pantai yang cocok untuk liburan keluarga. Di sini kamu pun bisa menyaksikan pemandangan cantik lautan.

Nggak seperti dulu, kini kawasan pantai ini dibangun fly over untuk membantu para pengunjung menikmati panorama alam di sekitar wisata. Bahkan di sini kamu juga bisa sekalian hunting foto.

Tepat di samping pintu jembatan sebelah utara, dibangun wahana yang cukup fenomenal, yakni air mancur yang dapat bergoyang dan menyuguhkan beragam warna. Lebih cantik lagi ketika dinikmati saat malam hari.

Beragam fasilitas yang dapat digunakan anak-anak bermain, mulai dari luncuran, ayunan dan lain sebagainya. Di sini juga ada lapangan futsal pasir bagi pengunjung yang ingin bermain bola.

pantai kenjeran lama surabaya
instagram.com/dhista69

Menariknya lagi, kamu juga bisa menemukan banyak kios yang menjajakan suvenir khas Surabaya. Tempat makan dengan beragam hidangan laut pun ada kok.

Jadi tunggu apa lagi? Segera ajak keluaga liburan ke Pantai Kenjeran Lama yuk!

Alamat: Jalan Raya Pantai Lama No.12, Kenjeran, Bulak, Kota Surabaya

Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 WIB

Tiket masuk: Sepuluh ribu rupiah per orang

Jangan lupa review di sini, Pantai Kenjeran Lama

Nah, itulah beberapa wisata di Surabaya Utara yang menyuguhkan sisi lain dari Kota Pahlawan. Mulai dari tempat besejarah hingga pantai pun ada di sini.

Kamu butuh liburan yang benar-benar berbeda saat mampir ke Surabaya? Yuk langsung kunjungi tempat-tempat yang sudah Qupas rekomendasikan di atas!

0 Comment