8 Aturan yang Harus Dipahami Jika Ingin Berteman dengan Mantan Pacar

20 March 2019, at 08:00
0
0
8 Aturan yang Harus Dipahami Jika Ingin Berteman dengan Mantan Pacar

Kebanyakan orang tidak percaya bahwa mantan pasangan bisa menjadi sahabat dan berteman dekat tanpa adanya perasaan aneh di antara keduanya.

Namun, ternyata beberapa orang bisa melakukan hal tersebut lho. Tentunya ada banyak juga yang ingin hubungannya tetap berjalan baik meskipun sudah putus dengan mantan.

Meskipun demikian, berteman dengan mantan memang bukanlah hal yang mudah. Beberapa aturan ini harus kamu penuhi apabila ingin melakukannya.

Baca Juga: Menghadapi Pasangan yang Masih Dihantui Bayang-Bayang Mantan

1. Berikan Jeda

berikan jeda
pexels.com/@jeswin-thomas-84469

Perpisahan pasti akan menyisakan sakit hati, meskipun kamu dan ia putus secara baik-baik. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya tidak langsung mengajaknya keluar setelah berstatus tidak pacaran.

Berilah waktu untunya dan dirimu sendiri untuk melepaskan amarah, saling memaafkan, dan menenangkan diri. Lakukan hal tersebut agar pertemanan yang terjalin dengan mantan tulus adanya.

2. Lupakanlah Masa Lalu

lupakanlah masa lalu
pexels.com/@d-ng-nhan-324384

Berteman dengan mantan memang tidak mudah. Jika kamu masih sering membahas tentang permasalahan yang terjadi diantara kalian saat masih pacaran, itu akan membuat hubungan menjadi tidak nyaman.

Maka dari itu sebaiknya kamu memastikan bahwa telah memaafkannya dan melupakan masa lalu sebelum memutuskan untuk menjalin hubungan petemanan.

3. Jangan Menggodanya

jangan menggodanya
pexels.com/@pixabay

Aturan lainnya yang harus diperhatikan apabila ingin berteman dengan mantan pacar adalah jangan pernah menggodanya, baik sungguh-sungguh ataupun hanya bercanda.

Kata-kata manis atau romantis yang kamu lontarkan padanya sebagai candaan mungkin saja membuat mantan kembali mengingat masa lalu dan menjadikan hubungan kalian canggung.

Ketahuilah bahwa kamu dan ia sekarang sudah memiliki batas yang jelas yaitu pertemanan.

4. Jangan Menjelek-Jelekkannya di Belakang

jangan menjelek-jelekkannya di belakang
pexels.com/@elevate

Ketika menjalin hubungan cinta, wajar apabila ada kesalahan dan sesuatu yang membuatmu kesal padanya. Namun, hal tersebut tidak perlu lagi kamu bahas.

Kamu sebaiknya tidak perlu membicarakan sisi buruk mantan kepada orang lain apabila kamu sudah menganggapnya sebagai teman. Jika ada hal yang mengganggu, kamu bisa menyampaikan langsung kepadanya sebagai seorang sahabat.

Baca Juga: Salahkah Bila Jatuh Cinta pada Mantannya Teman?

5. Pergilah Bersama-Sama

pergilah bersama-sama
pexels.com/@daria

Meskipun sudah menegaskan hubungan di awal, pastikan kamu tidak keluar atau nongkrong hanya berdua dengannya. Ajaklah teman-teman sepermainan yang lain agar tidak menjadi canggung.

Bertemulah dengan mantan bersama teman-teman yang lain dan lakukan aktivitas seru agar kamu atau ia tidak kembali diliputi perasaan ingin bersama.

6. Jangan Pamer Pacar Baru

jangan pamer pacar baru
pexels.com/@jibarofoto

Memperkenalkan kekasih baru kepada mantan yang kini berteman denganmu bukanlah masalah yang besar. Akan tetapi jangan pernah secara sengaja memperlihatkan kebahagiaanmu hanya untuk membuatnya cemburu.

Tentu saja hal tersebut akan membuat mantan tidak nyaman, bahkan apabila sudah tidak memiliki perasaan sekalipun.

7. Jangan Ikut Campur

jangan ikut campur
pexels.com/@freestocks

Tidak ikut campur merupakan aturan lain ketika kamu ingin menjalin hubungan petemanan dengan mantan pacar. Kamu harus ingat bahwa status kalian saat ini bukan lagi sepasang kekasih.

Ikut campur dalam setiap urusan pribadinya bukanlah pilihan yang tepat. Kalian harus saling menghormati dan menghargai masing-masing.

8. Jujurlah pada Diri Sendiri

jujurlah pada diri sendiri
pexels.com/@ivan-obolensky-49889

Berteman dengan mantan memang mungkin saja terjadi, namun hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan.

Bisa saja kalian berdua lebih cocok berteman dan akhirnya menjadi sahabat dekat. Atau mungkin salah satu dari kalian kemudian menyadari bahwa perasaannya tidak dapat dihilangkan.

Baca Juga: 8 Hal Ini Buktikan Kekasihmu Belum Move On dari Mantannya

Cobalah untuk jujur kepada diri sendiri dan apabila kamu ternyata memang tidak bisa move on, sebaiknya segera memberikan jarak dengan mantan.

Beberapa hal di atas merupakan peraturan yang harus dipenuhi apabila ingin menjalin hubungan pertemanan secara tulus dengan mantan. Kamu pilih berteman atau musuhan dengan mantan?

0 Comment