8 Bahan Alami Ini Bisa Turunkan Kadar Gula Darah Secara Ajaib

15 February 2019, at 16:00
1
0
8 Bahan Alami Ini Bisa Turunkan Kadar Gula Darah Secara Ajaib

Penyakit gula darah atau diabetes merupakan gangguan kesehatan yang tidak dapat disembuhkan. Selain itu, masalah kesehatan ini juga bisa menyebabkan munculnya penyakit kronis pada tubuh penderita.

Maka dari itu, penyakit yang juga biasa disebut sebagai kencing manis ini pasti dihindari oleh banyak orang. Selain penderita, ada juga orang-orang yang mengalami kondisi prediabetes.

Ini ditandai dengan tingginya kadar gula darah seseorang yang melebihi normal. Namun, belum terlalu tinggi sehingga tidak dapat dikategorikan sebagai diabetes tipe 2.

shutterstock.com

Prediabetes bisa menjadi penyakit diabetes tipe dua dalam waktu 10 tahun atau kurang jika tidak ada pencegahan lebih lanjut.

Baik orang yang sudah menderita diabetes maupun yang masih dalam kondisi prediabetes, akan sulit untuk menurunkan kadar gula darah. Tidak ada makanan atau minuman yang bisa secara instan mengobati hal tersebut dengan cepat.

Baca Juga: Anak Muda Juga Bisa Terserang Diabetes, Lho. Waspadai Gejalanya!

Hanya pola hidup sehat, menjaga pola makan, dan olahragalah yang bisa menyeimbangkan kadar gula darah agar tidak naik lagi.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Ternyata ada beberapa bahan alami yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah secara ajaib.

Rajin mengonsumsi 8 bahan alami berikut ini akan membuat kadar gula darahmu perlahan-lahan turun.

1. Alpukat

pexels.com/@mali

Siapa sangka, buah alpukat ternyata dapat menurunkan kadar gula darahmu secara ajaib. Hal ini karena lemak tak jenuh yang ada di dalamnya dinilai dapat mengendalikan glukosa dalam tubuh.

Mengonsumsi alpukat dapat memaksimalkan kinerja hormon insulin yang bisa membantumu memiliki kandar gula darah normal kembali. Kondisi ini terjadi setelah buah yang menghasilkan rasa kenyang tersebut masuk ke dalam tubuh.

Tidak hanya itu, buah alpukat juga bisa menurunkan risiko sindrom metabolik yang merupakan penyebab utama penyakit diabetes.

2. Bawang Putih

pexels.com/@skitterphoto

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bawang putih memiliki efek positif apabila dihubungkan dengan kadar gula darah dalm tubuh. Penderita diabetes sebaiknya rutin mengonsumsi bahan alami ini, terutama sebelum makan.

Bawang putih yang dikonsumsi sebelum makan besar dapat membantu membuat kadar gula darah normal kembali. Selain itu, bumbu masak satu ini juga baik untuk kesehatan karena tidak memiliki kandungan karbohidrat.

3. Kakao

belize-cacao.com

Kakao merupakan buah yang menjadi bahan utama pembuatan cokelat. Meskipun jarang diketahui, bahan ini ternyata dapat membantu menurunkan kadar gula darah seseorang.

Benih kakao (yang belum diolah menjadi cokelat) memiliki kandungan antioksidan, falvanol, dan protein yang baik bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsinya dapat membantu membuat seseorang memiliki kadar gula darah normal.

 Berbeda dari coklat yang sudah ditambah pemanis, kakao memiliki rasa yang cenderung pahit.

4. Telur

pexels.com/@dialnutrition

Telur dikenal sebagai makanan yang memiliki kandungan kolesterol tinggi. Di sisi lain, ternyata protein di dalamnya dapat membantu menyesuaikan dan mengatur gula darah dalm tubuh agar tetap seimbang.

Mengonsumsi telur dengan cara direbus merupakan pilihan yang tepat karena dapat meminimalisir kadar kolesterol di dalamnya. Meskipun baik, kamu juga tetap harus menyeimbangkan porsinya agar tidak menimbulkan penyakit lain.

Baca Juga: Konsumsi Kopi Bisa Kurangi Risiko Diabetes, Begini Penjelasannya

5. Pare

vitagene.com

Pare merupakan bahan alami yang sering diolah menjadi lauk oleh sebagian orang. Rasanya yang sangat pahit membuat beberapa orang enggan untuk mengonsumsi sayur tersebut.

Padahal, bahan ini memiliki banyak sekali manfaat termasuk menurunkan kadar gula darah.

Tanaman ini ternyata sudah lama digunakan sebagai obat herbal untuk berbagai penyakit. Penderita diabetes memanfaatkannya sebagai obat penurun gula darah.

6. Jintan Hitam

pengobatantradisional.com

Obat alami diabetes lainnya yaitu jintan hitam. Sejak awal, bahan alami ini memang sudah dimanfaatkan sebagai obat berbagai penyakit termasuk untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Kemampuannya untuk melawan peradangan, menurunkan kadar lemak darah dan menjaga kesehatan jantung, serta menyeimbangkan gula darah membuatnya dipilih sebagai obat diabetes.

7. Lidah Buaya

enzborn.de

Kamu bisa membuat jus lidah buaya sebagai penurun kadar gula darah yang sehat dan enak. Bahan alami yang satu ini dinilai dapat menurunkan lemak darah pada penderita diabetes dengan tingkat molekul abnormal.

Selain itu, lidah buaya juga ampuh untuk mengobati luka dan mengurangi pembengkakan.

8. Ikan dengan Omega 3

pexels.com/@dana-tentis-118658

Kadar gula darah berlebih ternyata juga bisa turun secara perlahan apabila kamu rajin mengonsumsi ikan yang mengandung protein dan omega 3.

Meskipun dinilai tidak dapat memengaruhi gula darah dalam tubuh (tidak mengurangi ataupun menambah, namun bahan alami ini akan efektif dikonsumsi karena menimbulkan rasa kenyang yang sehat.

Hal tersebut akan mengurangi risiko bertembahnya gula darah melalui makanan lain karena kamu masih lapar.

Baca Juga: Perut Lapar Meskipun Sudah Makan? Ini Penyebabnya

Nah, itu dia 8 bahan alami yang bisa kamu manfaatkan sebagai penurun kadar gula darah dalam tubuh. Konsumsilah dengan rutin dan sesuai porsi agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Jangan lupa untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu agar lebih mengerti dan memahami bahan alami mana yang sesuatu dengan kondisi tubuhmu, ya!

0 Comment