8 Bahan Alami ini Hasilkan Warna Hitam pada Makanan, Ide Memulai Bisnis Kuliner Nih

21 February 2019, at 12:00
0
0
8 Bahan Alami ini Hasilkan Warna Hitam pada Makanan, Ide Memulai Bisnis Kuliner Nih

Saat ini menu makanan berwarna hitam memang sedang digandrungi oleh banyak pecinta kuliner. Mulai dari roti pizza berwarna hitam, nasi goreng hitam, hingga Jajangmyeon ala Korea.

Ternyata pewarna hitam pada masakan bisa didapatkan dari bahan alami ini loh. Biar nggak terus-terusan penasaran bahan apa saja yang bisa digunakan untuk pewarna hitam pada makanan.

Simak yuk, daftar bahan alami berikut ini. Bisa jadi ide untuk memulai bisnis kuliner baru nih.

1. Arang Bambu

bahan alami arang bambu
https://www.popsugar.com.au

Ternyata arang bambu menjadi bahan alami makanan. Ada kandungan zat karbon yang didapatkan saat tahap pemurnian.

Kandungan arang bambu sangat baik untuk menghindarkan tubuh dari racun. Dan juga, tidak mengubah cita rasa pada makanan. Apapun rasanya, mulai dari gurih, asin, danmanis tidak akan berubah walau dicampur dengan bahan alami ini.

2. Blackcurrant

bahan alami blackcurrant pewarna makanan
sarahraven.com

Buah Blackcurrant ini mungkin sering kali kamu jumpai saat memakan permen. Pewarna makanan alami ini memang sering digunakan untuk warna permen dan kue.

Warnanya yang biru kehitam-hitaman ini juga cantik jika dijadikan selai pada roti bakar. Ide bekal ke sekolah atau kerja yang cukup unik nih.

3. Daun Klaras (Daun Pisang Kering)

bahan alami daun klaras untuk pewarna makanan
bukalapak.com

Warna hitam alami juga bisa didapatkan dari daun pisang yang sudah kering dan ditambahkan dengan batang padi. Pewarna makanan ini biasa digunakan saat membuat kue lapis atau minuman cendol hitam.

Caranya cukup mudah bakar daun pisang kering dan batang padi lalu haluskan. Setelah itu larutnya dalam air dan saring. Campurkan dengan adonan makanan.

4. Daun Cincau Hitam

bahan alami daun cincau hitam
tokobibit.id

Mungkin kamu sudah pernah menikmati segelas es cincau hitam yang menyegarkan. Ternyata warna hitam pada cincau terbuat dari daun cincau yang sudah dikeringkan lalu di haluskan hingga menjadi abu.

Setelah itu dilarukan dalam air dan dibuat menjadi agar-agar. Bahan alami pada pewarna makanan ini bisa kamu jadikan inovasi dalam membuat minuman hits masa kini.

Baca juga : 4 Resep Masakan Hitam yang Unik dengan Rasa Menggigit

5. Keluwak

keluwak untuk pewarna makanan
timeout.com

Kalau bahan makanan yang satu ini, tentu saja sering kamu temui. Bahkan di dapur rumahmu sekalipun pasti menyimpannya.

Sebagai pewarna kuah pada makanan rawon dan sup konro yang enak disantap saat musim hujan tiba. Agar tak keliru dengan rasa hitamnya yang pahit, pilih keluak yang isiannya berwarna hitam pekat.

6. Cokelat Bubuk Hitam

cocoa powder
savorysimple.net

Pewarna hitam pada makanan yang alami ini bisa ditemui di dapur toko roti. Menambah nilai manis pada kue, biskuit, dan roti kukus yang menjadikan bahan alami favorit untuk digunakan.

Di toko bahan pembuat kue juga tersedia varian cocoa powder yang hitam pekat atau cocoa powder yang cokelat. Semua tersedia dalam bentuk bubuk yang halus.

7. Tinta Cumi

bahan alami tinta cumi
belajarmemasak19.blogspot.com

Tinta cumi juga bisa menjadi bahan untuk membuat nasi goreng dan mi hitam yang enak. Menambahkan tinta cumi pada masakan justru akan menambah aroma masakan jadi semakin lezat.

Bahan alami pada pewarna makanan ini juga cocok untuk mewarnai roti pada burger, jadi makanan kekinian anak muda banget. Untuk membelinya tak perlu kebingungan, karena di toko online juga banyak yang menjualnya.

8. Tepung Ketan Hitam

tepung ketan hitam
tepungketan.org

Buat ibu-ibu yang sering kali membuat kue untuk camilan rumahan yang enak, bahan tepung ketan hitam tentu sudah tidak asing lagi.

Seperti saat membuat roti kukus hitam, bahan pewarna alami ini bisa dicampurkan menjadi satu dengan adonan. Warnanya yang tidak terlalu pekat juga cocok buat kamu yang enggan membuat camilan yang punya warna hitam legam.

Itulah delapan bahan alami untuk pewarna hitam pada makanan yang bisa digunakan. Tentunya tidak membuat cita rasa pada masakan berubah dan aman untuk dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

0 Comment