8 Bahan Kosmetik Ini Bisa Bikin Jerawatmu Makin Parah, Harus Dihindari!

18 January 2019, pada 02:00
0
0
8 Bahan Kosmetik Ini Bisa Bikin Jerawatmu Makin Parah, Harus Dihindari!

Kosmetik sudah jadi teman akrab yang dimanfaatkan untuk mempercantik keseharian para wanita. Namun di saat yang sama, bahan-bahan penyusunnya terkadang juga berpotensi membuat jerawat makin parah.

Ironis memang, tapi bukan berarti pemilik kulit berjerawat tak diizinkan untuk memakai makeup.  Hanya saja, harus lebih selektif dan hati-hati dalam mencermati kandungan dalam produk kosmetik.

Nah, supaya jerawatmu tak bertambah parah, ini bahan-bahan dalam kosmetik yang wajib kamu hindari.

1. Alkohol

kosmetik yang mengandung alkohol
amazingy.com

Alkohol dikenal mampu menyerap kelebihan minyak pada wajah. Sayangnya, kebolehannya ini juga berpotensi membuat kulit terlalu kering.

Akibatnya, kulit akan berusaha untuk melembabkan wajah dengan memproduksi minyak lebih banyak. Inilah yang akan mengundang bakteri penyebab jerawat untuk datang.

Jadi, lebih baik hindari produk pembersih wajah, toner, atau skincare lainnya yang mengandung alhokol.

2. Paraben

paraben dalam produk kosmetik
squarespace.com

Paraben beserta turunannya memang telah dianggap sebagai bahan pengawet produk kecantikan yang cukup aman. Asalkan digunakan dalam dosis tertentu.

Tapi, kecenderungannya untuk mempengaruhi hormon tetap tak bisa dihilangkan. Dan salah satu efek buruk yang timbul dari hal ini adalah munculnya jerawat hormonal.

3. Silikon

silikon dalam primer dan foundation
thebeautylookbook.com

Tahukah kamu, dari mana efek lembut yang dihasilkan oleh produk foundation dan primer? Jawabannya adalah silikon.

Dalam komposisi produk kecantikan, silikon biasanya disebutkan sebagai dimethicone. Meski mampu membuat hasil riasan semakin flawless, tapi bahan ini juga bisa menyumbat pori-pori.

Akhirnya wajah jadi lebih mudah timbul jerawat.

4. Minyak Kelapa

minyak kelapa
theearthelement.com

Minyak esensial ada beragam jenisnya dan dikenal baik dalam melembabkan sekaligus menutrisi kulit. Tapi ada satu yang perlu dihindari oleh pemilik kulit berjerawat.

Yakni minyak kelapa. Bahan ini ternyata punya sifat komedogenik dan bisa menyumbat pori-pori di wajah.

Bila ingin memanfaatkan minyak kelapa, sebaiknya hindari mengaplikasikannya pada wajah dan oleskan di bagian tubuh lain atau rambut yang kering saja.

Baca juga: Jerawat Pasir Sering Muncul? Yuk Kenali Penyebab dan Cara Tepat untuk Menghilangkannya

5. Benzoil Peroxide

benzoil peroxide dalam produk anti jerawat
lionesse.us

Sering digunakan dalam produk anti acne, Benzoil Peroxide memang ampuh untuk mengempeskan dan membasmi bakteri penyebab jerawat.

Namun bahan ini terbilang cukup keras dan memiliki efek samping yang menakutkan. Misalnya saja bisa menimbulkan rasa gatal, iritasi, peradangan, bahkan kulit mengelupas.

Itulah mengapa, lebih baik hindari produk yang mengandung Benzoil Peroxide. Atau supaya lebih aman, konsultasikan dosisnya yang tepat dengan dokter kulit.

6. Asam Salisilat

asam salisilat dalam produk anti jerawat
superfacialist.co.uk

Selain Benzoil Peroxide, Asam Salisilat juga sering ditemukan pada produk perawatan khusus kulit berminyak dan berjerawat. Bahan ini sangat efektif dalam memberantas bakteri yang tersumbat di dalam pori.

Tapi di sisi lain, seorang dermatologid asal New Yok, Kerri Daniels mengatakan bahwa asam salisilat dalam kadar tertentu bisa mengakibatkan kemerahan, iritasi, dan membuat wajah jadi terlalu kering.

Sebaiknya, jangan aplikasikan produk anti acne yang mengandung asam salisilat terlalu sering. Beri jeda waktu atau gunakan dalam dosis yang sangat rendah.

7. Parfum

pewangi buatan dalam produk kosmetik
styleunderpressure.wordpress.com

Parfum atau pewangi buatan memang sering ditambahkan pada produk kosmetik. Tapi bahan ini kurang bersahabat dengan kulit sensitif dan berjerawat.

Skincare dan makeup yang mengandung parfum kemungkinan besar bisa mengakibatkan iritasi dan memperparah kondisi kulit yang berjerawat.

8. Retinol

retinol dalam produk anti aging
beautyholicsanonymous.com

Retinol punya kelebihan bisa merangsang regenerasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Bahan ini biasanya mudah ditemukan pada produk anti-aging karena ampuh untuk menyamarkan noda bekas jerawat, meratakan warna kulit, dan mencegah tanda-tanda penuaan.

Namun, senyawa ini bisa menyebabkan kemerahan dan iritasi bagi sebagian orang. Bahkan, retinol termasuk dalam bahan yang wajib dihindari ibu hamil karena meningkatkan risiko cacat pada janin.

Nah, itulah sederet bahan kosmetik yang bisa menyebabkan kondisi jerawat semakin parah. Pastikan untuk selalu hati-hati dan lebih selektif lagi dalam memilih produk perawatan kulit ya.

Jangan lupa juga untuk selalu update beragam informasi dari Qupas. Caranya dengan download aplikasinya Google Playstore atau Apple Appstore, sekarang juga!

0 Komentar