8 Bahan Masakan Ini Ternyata Beracun kalau Dipanaskan Kembali, Waduh!

30 January 2019, at 05:00
0
0
8 Bahan Masakan Ini Ternyata Beracun kalau Dipanaskan Kembali, Waduh!

Kebanyakan orang akan terasa nikmat saat menyantap menu masakan dalam keadaan yang masih hangat. Itu karena tekstur masakan yang masih enak disantap dan aroanya yang masih khas.

Tidak heran kalau kebanyakan orang juga rela menunggu sebentar untuk memanaskan hidangan supaya lebih nikmat.

Nah, tapi tahukan sobat Qupas kalau sederet bahan masakan ini menjadi racun saat dipanakan kembali. Simak deh, bisa jadi salah satunya menu masakan favoritmu.

1. Ayam

bahan masakan ayam
marthastewart.com

Pecinta ayam mana suara? Faktanya, memasak kembali menu olahan ayam yang praktis, akan mengubah kandungan protein di dalamnya.

Dan itu akan membuatnya merasakan gangguan pencernaan. Jadi sebaiknya hindari memasak kembali bahan makanan berikut ya.

2. Jamur

bahan masakan jamur
damndelicious.net

Sama halnya dengan daging ayam, jamur juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

Maka dari itu, dengan memanaskan kembali olahan jamur akan mengubah protein menjadi senyawa jahat. Lebih baik langsung menyantapnya tanpa harus memasaknya ulang.

3. Bahan Masakan Berkuah Santan

bahan masakan berkuah santan
purewow.com

Semua masakan dengan kuah santan tentu sangatlah menggiurkan. Rasanya yang gurih sangatlah menggugah selera.

Nah, ternyata bahan masakan yang dipanaskan akan mengubah lemak baik menjadi lemak jahat yang tentunya bisa memicu kolesterol tinggi dalam tubuh.

4. Nasi

bahan masakan nasi
lifemadesweeter.com

Ternyata, nasi juga bisa menjadi tempat tumbuhnya bakteri. Kalau makanan kaya karbohidrat ini terus disimpan dalam keadaan panas dengan waktu yang cukup lama, akan berakibat buruk dalam tubuh.

Bakteri itu akan menyebabkan diare hingga muntah-muntah. Lebih baiknya simpan nasi di kulkas dengan tempat makan yang kedap udara.

Baca juga : Resep Masakan yang Murah dan Tahan Seharian, Penyelamat di Tanggal tua banget nih!

5. Kentang

bahan masakan kentang
rasamalaysia.com

Bahan masakan yang tidak boleh dipanaskan kembali berikutnya adalah, kentang. Ternyata bahan makanan ini tidak boleh disantap setelah dipanaskan dan dibiarkan hingga dingin begitu saja.

Pasalnya kentang akan mengakibatkan tumbuhnya bakteri bernama C.botulinum yang bisa menyebabkan tubuh terkena penyakit botulism. Duh, ngeri ya.

6. Minyak Kenari

bahan masakan kenari
arborday.org

Siapa disini yang suka sekali menggunakan minyak kenari untuk memasak? Kegunaan minyak yang satu ini memang cukup banyak, bisa juga digunakan untuk perawatan rambut.

Hanya saat, saat digunakan untuk memasak lebih baik hindari untuk memanaskannya kembali. Pasalnya minyak akan terasa tidak sedap atau tengik. Selain minyak kenari, ada minyak biji anggur, minyak kemiri yang juga tak boleh dipanaskan kembali.

7. Bayam

bahan masakan bayam
eatwell101.com

Kalau bahan masakan yang tidak boleh dipanaskan kembali ini, tentu sudah banyak diketahui. Memasak bayam pun tidak boleh terlalu lama.

Pasalnya, kandungan Fe2+ yang akan bermanfaat untuk tubuh akan berubah menjadi Fe3+ yang akan menjadi racun. Nah, lebih baik langsung dihabiskan saja sayur bayam yang sudah diolah menjadi menu makanan.

8. Seledri

bahan masakan seledri
organicauthority.com

Biasanya seledri dikonsumsi dengan cara dijus atau diiris tipis dan ditaburkan di atas masakan. Tapi, tahukah kamu kalau ternyata seledri bisa menjadi sayuran rebus yang enak dan menyehatkan.

Hanya saja, kandungan nitrat pada seledri akan berubah ketika dimasak kembali. Dan kandungan tersebut akan menjadi senyawa berbahaya bagi tubuh.

Nah, gimana nih sobat Qupas? sekarang jadi makin banyak tahu tentang bahan masakan yang tidak boleh dipanaskan kembali karena akan mengubahnya menjadi racun.

Masih ada banyak lagi, artikel tentang masakan yang bisa dibaca di Qupas. Yuk, download App Store atau Play Store.

0 Comment